Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Anak Hilang di Tempat Umum

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 23 Oktober 2020 07:37
Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Anak Hilang di Tempat Umum
Jangan panik, ikuti cara ini Moms!

Sebagai orang tua, kita nggak mungkin selamanya menyimpan anak di dalam rumah dan melarang mereka keluar. Meski dengan alasan agar anak terhindar dari bahaya, namun mengajak mereka keluar rumah juga sangat penting.

Kita harus mengenalkan anak dengan dunia luar. Jika dimulai sejak dini, anak akan terbiasa dengan banyak tempat-tempat baru di luar.

Kembali bicara soal ketakutan orang tua, beberapa di antara kita mungkin memang takut terjadi hal buruk pada anak saat membawa mereka keluar. Apalagi jika anak tiba-tiba menghilang di tempat umum dan membuat kita menjadi panik.

Meski hal buruk ini jangan sampai terjadi, namun nggak ada salahnya untuk berhati-hati dan mengetahui cara menghadapinya. Hal ini akan membuat kita lebih siap jika anak benar-benar hilang di tempat umum suatu hari nanti.

1 dari 4 halaman

Tips keamanan

ilustrasi ibu dan anak © Diadona


Dilansir dari Moms.com, tindakan pencegahan terbaik adalah dengan mengantisipasinya sebelum bahaya dayang. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan beberapa tips keselamatan.

Pastikan anak selalu berada di jangkauan kita saat berada di luar rumah. Bahkan kalau bisa kita harus membuat anak selalu berdekatan dengan kita.

2 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Selain itu, ajari anak untuk tetap dekat dengan kita. Hal ini bisa dilatih sebelum kita mengajak anak ke luar rumah.

Selalu ingatkan anak bahwa meskipun mereka melihat sesuatu yang benar-benar menarik, lebih baik tetap dekat dengan orang tua. Jika benar-benar ingin melihat hal itu, minta anak untuk mengajak orang tua.

3 dari 4 halaman

Yang harus dilakukan saat anak tersesat

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Pada situasi itu, mungkin sangat sulit bagi kita untuk nggak langsung panik. Namun ingatlah bahwa kepanikan kita nggak akan membantu menemukan anak dengan segera.

Sebaiknya mulai mencari dengan parameter singkat. Periksa area mana pun yang ada dalam penglihatan kita dan punya kemungkinan besar didatangi oleh anak.

4 dari 4 halaman

Kita bisa memanggil nama anak saat melakukan pencarian dan memastikan lokasi kita tetap dekat dengan saat pertama kali anak hilang. Dalam kebanyakan kasus, anak-anak nggak akan pergi terlalu jauh dari orangtuanya.

Jika hal ini masih nggak berhasil, sebaiknya kita segera meminta bantuan. Hubungi penjaga keamanan terdekat untuk membantu kita menemukan anak.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar