Penting Diketahui, Ini 3 Tanda Anak Akan Mulai Alami Menstruasi Pertama

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 21 Oktober 2020 10:37
Penting Diketahui, Ini 3 Tanda Anak Akan Mulai Alami Menstruasi Pertama
Tanda-tanda yang menunjukkan anak akan mulai mengalami menstruasi pertama.

Menjadi orang tua adalah sebuah tanggung jawab yang besar bagi setiap orang. Terkadang saat menjalani peran itu, kita sampai nggak menyadari bahwa anak telah tumbuh semakin besar dan beranjak remaja.

Salah satu hal yang harus dirasakan anak-anak saat beranjak remaja adalah masa pubertas. Di masa ini, mereka akan mengalami banyak perubahan secara fisik maupun emosional.

Sementara itu, masa pubertas anak perempuan biasanya ditandai dengan menstruasi. Momen pertama kali merasakan menstruasi bisa terasa sangat mengejutkan bagi anak-anak.

Untuk itu, kita harus mempersiapkan mereka sebelum masa itu tiba. Kita juga bisa melihat tanda-tanda jika anak akan mengalami menstruasi sebelum memulai obrolan dengan mereka.

Dilansir dari Moms.com, berikut beberapa tanda anak akan mulai mengalami menstruasi.

1 dari 4 halaman

Pertumbuhan payudara

ilustrasi anak belajar © Diadona

Menstruasi biasanya memang dikaitkan dengan masa pubertas. Namun banyak juga anak-anak yang mengalami pubertas beberapa tahun sebelum mereka mengalami menstruasi.

Pada beberapa anak, pubertas bahkan terjadi sejak mereka berusia 8 tahu. Tanda pubertas fisik pertama yang bisa kita perhatikan adalah pertumbuhan payudara mereka.

Hal ini menjadi salah satu tanda bahwa anak semakin dekat dengan masa menstruasi. Secara umum, banyak anak yang mengalami menstruasi pertama sekitar dua tahun setelah payudara tumbuh.

2 dari 4 halaman

Rambut tubuh

ilustrasi anak belajar © Diadona

Nggak lama setelah payudara tumbuh, anak mungkin akan mulai mengalami pertumbuhan rambut di area-area tertentu. Rambut kasar akan mulai tumbuh di kaki, ketiak, hingga area kemaluan mereka.

Tumbuhnya rambut kemaluan bisa menjadi tanda bahwa anak akan mulai mengalami menstruasi. Selain itu hal ini juga biasanya memberikan dampak langsung pada anak.

Mereka akan mulai nggak percaya diri dengan perubahan yang terjadi. Untuk itu, penting untuk memberikan dukungan pada mereka di fase ini.

3 dari 4 halaman

Keputihan

Ilustrasi Remaja Bermain Ponsel © Diadona

Keputihan bisa menjadi tanda yang sangat jelas bahwa anak akan mengalami menstruasi dalam waktu dekat. Tanda ini merupakan tanda terakhir sebelum anak benar-benar mengalami menstruasi.

Jika anak sudah mengalaminya, maka ini adalah waktu yang tepat untuk semakin mempersiapkan anak untuk menghadapi menstruasi. Bicaralah dengannya bahwa dalam beberapa bulan ke depan mungkin dia akan mulai mengalami menstruasi.

4 dari 4 halaman

Banyak anak mengalami keputihan dalam jumlah kecil hingga sedang sekitar 6-12 bulan sebelum menstruasi pertama mereka. Warnanya mungkin bening, putih, atau kekuningan, dan merupakan tanda bahwa tubuh mereka memproduksi lebih banyak estrogen.

Meskipun terasa sedikit mengejutkan, tapi nggak ada yang perlu dikhawatirkan. Kita bisa membantu mereka dengan memberikan panty liner untuk digunakan.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

 

Beri Komentar