Boleh Nggak sih Ngajak Anak Nonton Film Horor?

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 21 Oktober 2020 07:37
Boleh Nggak sih Ngajak Anak Nonton Film Horor?
Nonton horor bisa menyebabkan beberapa hal ini pada anak.

Banyak orang yang menganggap bahwa punya anak membuat kita jadi nggak bisa menghabiskan waktu untuk hobi. Padahal dengan mengatur waktu secara baik, kita bisa tetap bertanggung jawab merawat anak serta meluangkan waktu untuk hobi kita.

Menonton film menjadi salah satu hobi yang sepertinya dimiliki oleh banyak orang. Bahkan ada juga beberapa orang yang menggemari film dengan genre horor.

Film horor biasanya berisi adegan-adegan yang dapat membuat kita terkejut. Kemunculan hantu di dalamnya juga sering membuat kita merasa ketakutan.

Lantas apakah aman jika kita mengajak anak yang masih kecil untuk nonton film horor?

1 dari 3 halaman

ilustrasi anak nonton tv © Diadona

Dilansir dari Parents, sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggemar film horor ternyata bernasib lebih baik secara psikologis selama pandemi ini. Coltan Scrivner , Ph.D., dari University of Chicago, mengungkapkan bahwa film horor membuat penonton berlatih dan bergulat dengan emosi negatif di tempat yang aman.

Meski begitu, penelitian Scrivner dilakukan pada orang dewasa. Jadi belum jelas apakah anak-anak yang menoton film horor bisa merasakan manfaat psikologis yang sama.

2 dari 3 halaman

ilustrasi anak nonton tv © Diadona

Tapi dari sudut pandang perkembangan, Shelli Dry yang dikenal sebagai direktur operasi klinis di Enable My Child, mengungkapkan bahwa belajar mengatasi rasa takut memang membantu anak-anak membangun ketahanan. Menonton film horor merupakan kesempatan lain bagi mereka untuk merasakan ketakutan dan belajar pulih dari perasaan tersebut.

Hal ini juga memungkinkan anak-anak untuk melatih rasa empati dan mengambil sudut pandang lain. Saat anak-anak menonton bagaimana karakter fiksi mengatasi situasi menakutkan, mereka bisa belajar menumbuhkan sikap bertahan hidup dalam diri sendiri.

3 dari 3 halaman

ilustrasi anak nonton tv © Diadona

Meski begitu, keputusan untuk mengizinkan anak nonton film horor harus dibuat dengan mempertimbangkan anak. Pertama-tama kita harus mempertimbangkan kesiapan anak untuk menonton film tersebut.

Shelli Dry mengakui bahwa belum ada batasan umur tentang kapan seharusnya anak diperbolehkan nonton film horor. Namun sebaiknya kita nggak memperkenalkan hal itu pada anak di usia yang sangat kecil.

Tontonan horor dapat berpotensi menciptakan kecemasan jangka panjang dalam diri anak yang masih terlalu muda. Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan kepribadian dan minat anak sebelum memutuskan.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar