Tips Jitu Atasi Anak Tantrum di Tempat Umum

Reporter : Riza Umami
Rabu, 21 Oktober 2020 13:17
Tips Jitu Atasi Anak Tantrum di Tempat Umum
Bagaimana cara mengatasi anak yang tantrum saat di tempat umum seperti mall?

Kalau anak lagi tantrum pas di tempat umum seperti mall, pasti bingung ya Mom nenanginnya gimana. Akhirnya, mau nggak mau ibu pun terpaksa menuruti keinginan anak misalnya membelikan dia mainan kalau emang anak penginnya mainan.

Namun, sebenarnya cara seperti akan kurang baik untuk anak ke depannya. Jika tiap kali ia rewel atau tantrum, harus dituruti kemauannya seperti ini, anak jadi terbiasa melakukannya untuk mendapatkan keinginannya.

1 dari 3 halaman

Lantas, bagaimana ya mengatasi anak yang lagi tantrum saat di tempat umum seperti ini? Rensia Sanvira, konselor anak dan founder @mamalyfe.id memberikan tips jitu menghadapi anak yang tantrum di tempat umum melalui akun TikTok miliknya yaitu @rensiasanvira.

Tips Atasi Anak Tantrum © Diadona

Cara pertama yang harus dilakukan adalah menahan emosi ibu terlebih dahulu. Jangan sampai memarahi anak yang sedang tantrum apalagi di tempat umum seperti mall, taman bermain dan lain sebagainya.

2 dari 3 halaman

Berikutnya, jangan hiraukan orang di sekitar ibu dan anak. Karena bila ibu terlalu memperhatikan orang-orang yang sedang melihat kalian, ini akan menggangu fokus ibu ke anak. Malah mungkin ibu akan langsung menuruti maunya anak daripada malas dilihatin kayak gitu. Oleh sebab itu, hiraukan orang lain dulu.

Selanjutnya, bawa anak ke tempat yang tenang seperti parkiran atau dekat toilet. Kalau di rumah, ibu bisa membiarkan anak yang lagi tantrum, tetapi kalau di tempat umum, tentu tak bisa dibiarkan karena bisa mengganggu pengunjung yang lain dan anak jadi kebiasaan tantrum di tempat umum seperti itu.

Tips Atasi Anak Tantrum © Diadona

3 dari 3 halaman

Misalnya ibu membawa anak ke parkiran, biarkan anak menangis sampai selesai. Bila ia sudah tenang, kasih tahu kalau itu nggak baik kemudian ibu pun bisa membawa anak masuk ke dalam tempat itu kembali. Anak pun udah tenang dan nggak tantrum lagi.

Untuk anak di atas dua tahun yang sudah bisa mengerti perkataan ibu dengan mudah, sebelum berangkat ke luar, sebaiknya tegaskan dulu kalau ibu dan anak hanya pergi misalnya ke mall untuk beli perlengkapan rumah dan nggak akan beli mainan saat di sana.

@rensiasanvira

anak tantrum di tempat umum? lakukan ini ya, semoga bermanfaat!? | IG : @rensia_sanvira ##samasamabelajar ##tiktokpintar ##berbagiilmu ##fyp

? Classical Music - Classical Music

Wah, ternyata gitu ya Mom cara jitu mengatasi anak yang lagi tantrum di tempat umum. Jadi, nggak perlu khawatir lagi deh kalau anak minta ini itu pas pergi ke mall misalnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Beri Komentar