Perlu Gak sih Pakaikan Hand Sanitizer ke Bayi untuk Cegah Corona?

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 10 Juni 2020 15:37
Perlu Gak sih Pakaikan Hand Sanitizer ke Bayi untuk Cegah Corona?
Aman nggak ya kira-kira?

Wabah corona yang menyerang kita membuat hampir semua keluarga di dunia menghadapi kekhawatiran yang sama. Banyak dari kita tentunya takut tertular virus tersebut yang parahnya juga dapat menular pada anak-anak.

Penggunaan hand sanitizer menjadi salah satu cara yang disebut-sebut bisa membantu menghindari penularan virus tersebut. Hand sanitizer sendiri merupakan cairan pembersih tangan yang biasa digunakan saat kita nggak bisa mencuci tangan secara langsung. Tapi apakah cairan ini aman untuk bayi kita?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Cuci Tangan © Diadona

Dilansir dari Times of India, meningkatnya jumlah kasus COVID-19 membuat kita harus meningkatkan tindakan pencegahan untuk menjaga keluarga dari penularan virus berbahaya ini. Mencuci tangan dengan sabun secara teratur selama 20 detik hingga saat ini masih menjadi cara paling efektif yang bisa dilakukan untuk menghindari virus corona.

Sementara penggunaan hand sanitizer merupakan cara alternatif kedua untuk mengurangi risiko penularan. Namun yang menjadi perhatian kita adalah apakah aman membersihkan tangan anak dengan hand sanitizer berbahan dasar alkohol?

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Hand Sanitizer © Diadona

Kekhawatiran ini tentu sangat wajar kita rasakan karena beberapa kasus menunjukkan bahwa anak-anak bisa mengalami iritasi mata, muntah, sakit perut, dan batuk setelah menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol. Dari semua kasus yang telah terjadi, 90% dialami oleh anak berusia di bawah lima tahun.

Lantas apakah hal ini berarti kita nggak boleh membersihkan tangan anak yang kotor dengan hand sanitizer?

3 dari 4 halaman

ilustrasi cuci tangan © Diadona

Ternyata para ahli nggak melarang penggunaan hand sanitizer untuk membersihka tangan anak. Meski begitu, pilihan pertama tetap harus membersihkan tangan menggunakan sabun dan air. Tapi di kondisi mendesak saat nggak ada pilihan lagi, maka kita bisa menggunakan hand sanitizer.

Sebagai orang tua, kita harus mengawasi anak saat menggunakan hand sanitizer. Cairan itu harus digunakan dengan hati-hati oleh anak dalam pengawasan orang tua. Gunakan secukupnya sesuai dengan anjuran penggunaannya.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Hand Sanitizer © Diadona

Hand sanitizer biasanya mengandung 60% alkohol di dalamnya. Nggak sengaja menyentuh mata setelah menggunakannya atau bahkan menelannya bisa memberikan efek samping yang cukup parah.

Untuk itu selalu awasi anak-anak saat menggunakan hand sanitizer. Selain itu usahakan untuk menjauhkan hand sanitizer dari jangkauan anak-anak agar mereka nggak memainkannya secara sembarangan.

Semoga tulisan ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar