Anak Tunggal Ternyata Lebih Mudah Obesitas daripada yang Punya Saudara lho!

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 11 Juni 2020 12:37
Anak Tunggal Ternyata Lebih Mudah Obesitas daripada yang Punya Saudara lho!
Kok bisa gitu sih?

Banyak orang yang mengatakan bahwa punya anak tunggal membuat orang tua bisa lebih fokus dalam mendidik anak. Hal itu karena mereka hanya punya satu anak untuk diawasi sehingga fokus mereka nggak akan terbagi.

Selain itu punya anak tunggal juga disebut-sebut bisa membuat orang tua lebih panjang umur lho. Katanya sih orang tua bisa lebih bahagia dan menikmati waktu mereka kalau cuma punya satu anak.

Tapi sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak tunggal ternyata lebih mudah berisiko mengalami obesitas daripada anak yang punya saudara kandung. Waduh, kok bisa begitu ya?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Dilansir dari Sciencedaily, keluarga dengan banyak anak cenderung membuat pilihan makanan yang lebih sehat daripada keluarga dengan satu anak. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition Education and Behavior, menemukan bahwa anak tunggal kebanyakan memiliki pola makan yang kurang sehat.

Menurut Chelsea L. Kracht, PhD, selaku peneliti, mengungkapkan bahwa ahli gizi harus mempertimbangkan pengaruh keluarga dan saudara kandung untuk memberikan pendidikan gizi yang sesuai bagi keluarga dan anak-anak. Dia juga mengatakan bahwa penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu semua anak dan keluarga dalam membangun kebiasaan makan yang sehat.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Penelitian ini kemudian menemukan bahwa waktu yang dihabiskan anak di luar rumah, seperti sekolah atau tempat penitipan nggak mempengaruhi pola makan anak-anak. Hal ini menunjukkan perbedaan yang berasal dari rumah mereka, termasuk perbedaan seberapa sering keluarga makan di depan TV dan konsumsi minuman manis.

Chelsea L. Kracht, PhD, menjelaskan perilaku dan pola makan yang lebih sehat mungkin dihasilkan dari perubahan tingkat dalam rumah daripada pengaruh teman sebaya. Dia dan rekan-rekannya akan melanjutkan penelitian mereka dan melihat secara khusus dinamika dalam rumah dan keluarga yang mempengaruhi pola makan anak, aktivitas fisik, tidur, dan faktor lain yang bisa menyebabkan obesitas.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Meski penelitian ini menunjukkan hasil tersebut, tentu perlu kita ingat bahwa nggak semua anak tunggal akan mengalami obesitas. Yang paling penting, sebagai orang tua, kita harus selalu menjaga pola makan anak agar terhindar dari kondisi tersebut.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya!

Beri Komentar