Mengasuh Cucu Bikin Kakek Nenek Cenderung Lebih Sehat dan Panjang Umur, Kok Bisa ya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 10 Juni 2020 10:15
Mengasuh Cucu Bikin Kakek Nenek Cenderung Lebih Sehat dan Panjang Umur, Kok Bisa ya?
Ternyata mengasuh cucu banyak manfaatnya..

Dengan kemajuan zaman, seringkali sepasang suami istri sama-sama bekerja. Hal tersebut kadangkala membuat mereka 'terpaksa' menitipkan sang buah hati pada kakek dan neneknya.

Meski kelihatan merepotkan, mengasuh cucu ternyata banyak manfaatnya lho. Merangkum dari Reader's Digest, kakek dan nenek yang mengasuh cucu ternyata bisa lebih sehat dan panjang umur. Kok bisa ya?

1 dari 4 halaman

1. Pikiran tetap Terasah

Ilustrasi Kakek-Nenek dan Cucu © Diadona

Menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan cucu, ternyata bisa merangsang saraf-saraf yang baik untuk otak. Meski terlihat bisa meningkatkan kemampuan otak, kakek dan nenek sebaiknya tetap menyeimbangkannya dengan waktu istirahat ya.

2. Lebih Aktif

Kebanyakan lansia sudah jarang melakukan aktivitas fisik ringan. Tapi dengan mengasuh cucu, nenek dan kakek akan semakin aktif secara fisik karena mengikuti tingkah pola si kecil.

2 dari 4 halaman

3. Menurunkan Risiko Depresi

Ilustrasi Kakek-Nenek dan Cucu © Diadona

Keberadaan si kecil memang bisa membuat suasana terasa lebih menyenangkan. Nah, dari situ juga akan terbentuk hubungan emosional antara kakek-nenek dengan cucu, yang bisa mengurangi risiko depresi di usia senja.

4. Terus Belajar

Mendampingi si kecil dalam bermain dan belajar tentu aja membuat kakek dan nenek jadi ikutan mikir. Permainan ringan seperti puzzle atau mungkin lego juga bisa membantu kakek dan nenek terhindar dari kehilangan memori.

3 dari 4 halaman

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Ilustrasi Kakek-Nenek dan Cucu © Diadona

Sebuah penelitian di University of Virginia mengungkapkan bahwa sentuhan bisa mengurangi risiko sakit sekaligus menurunkan tekanan darah. Begitu pula saat terjadi interaksi fisik antara kakek nenek dengan cucu, maka sama halnya dengan memperkuat kekebalan tubuh.

6. Merasa Memiliki Tanggung Jawab

Biasanya, para lansia yang sudah tidak memiliki tanggungan cenderung merasakan kesepian. Namun dengan adanya cucu, kakek nenek tidak akan lagi merasa kesepian dan justru merasa ada tanggung jawab untuk merawat cucunya.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar