5 Bentuk Dukungan yang Diidamkan Istri dari Suami Setelah Melahirkan, Makanya Peka, dong!

Reporter : Hevy Zil Umami
Selasa, 9 Juni 2020 21:45
5 Bentuk Dukungan yang Diidamkan Istri dari Suami Setelah Melahirkan, Makanya Peka, dong!
Dukungan ini bahkan bisa berpengaruh pada si kecil, lho.

Melahirkan dan memiliki anak konon adalah penyempurna hidup bagi seorang ibu. Itu adalah momen bahagia yang sekaligus mendebarkan, karena seorang ibu sampai harus bertaruh nyawa saat melahirkan.

Momen ini pun jadi saat yang tak kan terlupakan bagi seorang ibu. Maka, akan sangat membantu dan membahagiakan, jika seorang istri yang baru selesai meleharikan, mendapat 5 dukungan ini dari suami, mau tahu apa saja? Baca sampai habis ya!

1 dari 5 halaman

1. Hiburan dari Suami

Ilustrasi Pasangan Suami dan Istri © Diadona

Pasca melahirkan, tentu seorang ibu tak bisa melakukan banyak pekerjaan layaknya saat sebelum melahirkan. Bahkan untuk mengurus diri sendiri pun juga perlu bantuan orang lain. Maka, ada baiknya minta suami untuk menghibur, bisa dengan memberikan pijatan, membersihkan wajah ibu dengan skincare, memberikan pujian, atau apapun yang kiranya akan membuat ibu merasa senang. Hal ini sedikit banyak akan membantu menstabilkan mood ibu yang baru melahirkan.

2 dari 5 halaman

2. Kehadiran Suami untuk Mengurangi Baby Blues

Ilustrasi Pasangan Suami dan Istri © Diadona

Walau akan berbeda-beda, ibu yang baru memiliki bayi pertamanya kemungkinan akan mengalami fase baby blues. Kondisi dimana seorang ibu masih kaget dengan perubahan hidup yang ia rasakan setelah memiliki bayi.

Kondisi emisional ibu jadi akan mudah berubah-ubah, bisa cepat marah, lelah, sedih, khawatir, sampai nafsu makan bisa berkurang. Nah, saat kondisi seperti ini, kehadiran seorang terdekat yaitu suami akan sangat membantu. Ibu pun harusnya tak usah khawatir saat membagi resah kepada suami, jangan disimpan sendiri, agar tidak menjadi terlalu berat.

3 dari 5 halaman

3. Kontrol Asupan Nutrisi untuk Ibu dan Bayi

Ilustrasi Pasangan Suami dan Istri © Diadona

Kembali pada fakta bahwa kondisi ibu yang baru melahirkan belum terlalu fit, namun di samping itu ibu juga harus memberikan ASI pada buah hati, di sini lah bantuan suami dibutuhkan. Jaga kondisi nutrisi yang diperlukan istri dengan memberikannya susu yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu pasca melahirkan.

4 dari 5 halaman

4. Bagi Tugas Mengurus si Kecil

Ilustrasi Pasangan Suami dan Istri © Diadona

Memiliki bayi adalah datangnya satu anggota keluarga baru yang masih perlu banyak mendapat perhatian. Mengurus si kecil tentu adalah tanggungjawab bersama antara istri dan suami, baiknya sebelum persalinan, bahas mengenai pembagian tugas ini, jadi ibu tak harus mengurus si kecil sendirian, karena ada bantuan dari suami. Bisa dari menyediakan popok, menyiapkan air hangat untuk mandi, dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

5. Berbagi Tugas Mengurus Rumah

Ilustrasi Pasangan Suami dan Istri © Diadona

Tak hanya berbagi tugas untuk mengurus si kecil, namun berbagi tugas untuk bagian mengurus rumah pun sangat bisa dibantu oleh suami. Melihat rumah yang rapi dengan semua hal yang sudah tertata rapi tentu akan membuat istri tenang. Berbagi tugas bisa dilakukan dengan kompromi yang baik antara suami dan istri, lakukan semua untuk bersama dan jangan mengutamakan ego masing-masing.

Nah, itu tadi 5 tips yang semoga bisa membantu keluarga yang baru dikaruniai anak bayi ya.

Beri Komentar