Bayi Nangis Terus Tanpa Sebab Jangan Disepelekan, Moms!

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 9 Juni 2020 13:37
Bayi Nangis Terus Tanpa Sebab Jangan Disepelekan, Moms!
Beberapa alasan bayi menangis yang perlu kita ketahui!

Banyak orang yang mengatakan kegiatan bayi sehari-hari kalau nggak makan, tidur, ya nangis. Rasanya menangis sudah menjadi hal biasa yang dialami oleh semua bayi. Nggak ada yang aneh saat mendengar suara tangisan bayi di rumah keluarga yang baru punya anak.

Tapi yang perlu kita waspadai adalah bayi yang nangis terus dan nggak berhenti meskipun kita sudah berusaha menenangkannya dengan berbagai cara. Hal itu bisa menjadi tanda yang diberikan pada bayi saat mereka merasakan ada sesuatu yang nggak beres pada diri mereka.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

Dilansir dari Boldsky, jumlah tangisan bayi biasanya mencapai puncaknya selama tiga bulan pertama. Namun setiap bayi pasti punya pola menangis yang berbeda-beda dan hal ini harus dipahami oleh setiap orang tua.

Dalam sehari, bayi biasanya menangis sekitar satu sampai tiga jam. Normalnya bayi akan menangis saat mereka merasa haus, lelah, mengantuk, kesepian, lapar, atau kesakitan.

Terkadang selama minggu awal setelah kelahiran, bayi akan sangat rewel di malam hari. Hal itu adalah hal yang normal terjadi.

Tapi kalau bayi kita sering menangis dengan cara yang nggak biasa, bisa jadi ada masalah kesehatan tertentu yang nggak kita ketahui. Berikut beberapa alasan bayi menangis yang penting untuk kita ketahui.

2 dari 4 halaman

Alasan Bayi Menangis

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

1. Kelaparan

Hal ini cukup umum sebagai penyebab bayi menangis.

2. Butuh bersendawa

Saat bayi menangis setelah menyusu, bisa jadi karena mereka butuh bersendawa.

3. Sakit perut

Bayi sering menangis saat mereka merasa sakit perut.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

4. Merasa lelah

Bati yang terlalu lelah dan ingin tidur biasanya akan rewel dan menangis. Hal ini dia lakukan untuk menunjukkan keinginannya untuk tidur.

5. Suhu

Bayi akan menangis saat mereka merasa terlalu panas atau terlalu dingin.

6. Popok

Bayi biasanya menunjukkan protes dengan menangis karena merasa popok mereka basah atau kotor.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

7. Kolik

Kolik merupakan sebuah kondisi yang hampir terjadi pada semua bayi selama bulan pertama. Kolik merupakan kondisi yang membuat bayi menangis karena sakit perut dan merasa nggak nyaman.

Jika bayi terlihat sehat, bahagia, dan aktif tapi sering menangis, bisa jadi hal itu karena dia mengalami kolik. Gejala-gejala kolik meliputi tangisan intens yang membuat bayi sulit ditenangkan, susah tidur, kepalan tangan dan lutut terangkat dan melengkung ke belakang, makan terganggu, sering buang angin, dll.

Hingga saat ini belum ditemukan penyebab pasti dari kolik. Namun kolik biasanya dihubungkan dengan gangguan pencernaan dan angin. Hal itu bisa disebabkan oleh usus bayi yang sensitif pada beberapa zat dalam ASI atau susu formula.

Untuk itu mulai sekarang jangan sepelekan tangisan bayi ya, Moms!

Beri Komentar