Meski Gak Pedas, Ini Alasan Saos Tomat Tetap Berbahaya Bagi Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 8 Juli 2020 12:37
Meski Gak Pedas, Ini Alasan Saos Tomat Tetap Berbahaya Bagi Anak
Yuk, ketahui bahaya saos tomat Moms!

Sebagai orang tua, kita tentu nggak mau anak tumbuh dengan kebiasaan pilih-pilih makanan. Salah satu cara yang biasanya dilakukan biar hal itu nggak terjadi adalah dengan membiarkan anak mencoba segala jenis makanan.

Tapi kalau sudah ketemu sama saos tomat, ceritanya bakal lain. Saos tomat memang biasanya menjadi pelengkap makanan. Banyak anak yang menyukainya karena rasanya yang nggak pedas dan menambah kenikmatan pada makanan.

Nggak bisa dipungkiri keberadaan saos tomat memang bisa menambah cita rasa dari makanan. Namun kita juga nggak boleh mengabaikan kenyataan bahwa saos tomat tetap berbahaya bagi anak.

1 dari 4 halaman

Biasa Dijadikan Bumbu Masakan, Ternyata Saus Tomat Dulu Adalah Obat Sakit Perut © Diadona

Dilansir dari Boldsky, banyak orang yang bertanya-tanya apakah sebenarnya saos tomat aman atau enggak untuk dikonsumsi. Rasa penasaran ini wajar karena makanan seperti burget, pizza, dan kentang goreng, nggak akan terasa nikmat tanpa kehadiran si saos tomat.

Banyak dari kita yang menganggap saos tomat nggak berbahaya bagi anak. Dalam bayangan kita mungkin saos tomat justru bernutrisi karena mengandung banyak tomat.

Padahal nggak sama sekali! Bagaimanapun kita nggak boleh membiarkan anak kita terlalu banyak makan saos tomat.

2 dari 4 halaman

Kenyataannya konsumsi saos tomat yang berlebihan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Apalagi jika saos tomat dikonsumsi dalam jangka panjang.

Sebotol saos tomat bisa mengandung sekitar 25% gula. Rasanya memang enak tapi terlalu banyak gula nggak baik bagi tubuh anak.

Mereka nggak membutuhkan konsumsi gula sebanyak itu. Lagi pula anak kita juga bisa mendapatkan kandungan gula dari sumber makanan lain. Sementara saos tomat yang berada di pasaran cenderung mengandung terlalu banyak gula.

3 dari 4 halaman

ilustrasi anak makan burger © Diadona

Tapi mau bagaimanapun, saos tomat memang memiliki rasa yang enak. Dari rasa itu sangat mungkin anak kita menjadi kecanduan dan menginginkannya terus menerus.

Makanya saos tomat sangat berbahaya bagi anak. Bisa aja anak jadi kecanduan yang kemudian meningkatkan risiko kesehatan mereka karena terlalu sering mengonsumsi saos tomat.

4 dari 4 halaman

Selain itu, saos tomat juga mengandung terlalu banyak natrium. Kandungan natrium yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh sehingga akan lebih baik jika kita mengurangi konsumsi saos tomat pada anak.

Saos tomat juga mengandung sirup jagung fruktosa cukup tinggi. Hal ini sangat berisiko karena kandungan sirup jagung fruktosa yang tinggi bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas pada anak.

Untuk itu sebaiknya hindari penggunaan saos tomat di makanan ya, Moms!

Beri Komentar