4 Pengalaman Masa Kecil yang Bisa Akibatkan Anak Gangguan Psikopat

Reporter : Riza Umami
Selasa, 7 Juli 2020 10:17
4 Pengalaman Masa Kecil yang Bisa Akibatkan Anak Gangguan Psikopat
Waduh, apa aja ya?

Pengalaman buruk di masa kecil bisa begitu menghantui bagi sejumlah anak bahkan mungkin bisa memicu anak mengalami gangguan psikopat. Psikopat ini adalah salah satu gangguan kepribadian anti-sosial yang salah satu tandanya adalah kurangnya empati dan tak memiliki rasa bersalah.

Jika berlanjut, orang dengan kepribadian psikopat ini bisa berbahaya bahkan mungkin sampai berani menghilangkan nyawa orang lain. Psikopat ini sebenarnya berasal dari gen bawaan tetapi peristiwa yang buruk di masa kecil yang bisa menyebabkan traumatis juga bisa memicu anak mengalami gangguan psikopat.

Dilansir dari laman popmama.com (28/05), berikut ini beberapa pengalaman buruk di masa kecil yang bisa memicu seorang anak menjadi psikopat.

1 dari 4 halaman

1. Kekerasan

Ilustrasi Kekerasan pada Anak © Diadona

Anak yang mengalami kekerasan di masa kecilnya mungkin akan mengalami traumatis. Hal ini bisa menyebabkan anak tersebut tumbuh menjadi seseorang yang lebih senang menyelesaikan masalah dengan tindak kekerasan. Jika dibiarkan lebih lanjut, bukan tak mungkin anak ini akan menjadi psikopat yang lebih menyenangi tindak kekerasan.

2 dari 4 halaman

2. Tak Mendapatkan Kasih Sayang yang Cukup dari Orang Tua

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Kasih sayang dari orang tua adalah salah satu hal yang amat dibutuhkan oleh anak. Anak yang tak mendapatkan kasih sayang yang cukup dari orang tuanya semasa tumbuh kembangnya akan membuat anak menjadi orang yang acih, kurang bisa merasakan empati pada orang lain bahkan mungkin akan membuat si anak jadi anti-sosial.

3 dari 4 halaman

3. Pernah Mengalami Pelecehan Seksual

Ilustrasi Kekerasan Perempuan © Diadona

Pelecehan seksual yang terjadi di masa lalu bisa begitu membekas di ingatan, menjadi pengalaman traumatis sendiri untuk anak bahkan bisa juga menyebabkan depresi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Schraft, dkk (2006), remaja putri yang mengalami gangguan psikopat, 76 persen responden pernah mengalami pelecehan seksual.

4 dari 4 halaman

4. Orang Tua Terlalu Otoriter

ilustrasi ibu memarahi anak © Diadona

Ternyata bila orang tua membesarkan anak dengan cara yang terlalu otoriter, malah bisa berefek buruk pada anak. Biasanya, orang tua akan memberikan banyak tekanan, paksaan dan perintah terus-menerus pada anak yang malah bisa merusak kondisi mental dan emosi anak sampai bisa menyebabkannya menjadi psikopat.

Tentu sebagai orang tua, kita tak mau anak sampai mengalami gangguan psikopat seperti itu. Mari besarkan anak dengan penuh kasih sayang dan cara yang tepat agar dia menjadi pribadi yang baik.

Beri Komentar