5 Cara Ampuh Tingkatkan Imunitas Anak di Masa New Normal Begini

Reporter : Riza Umami
Rabu, 8 Juli 2020 10:17
5 Cara Ampuh Tingkatkan Imunitas Anak di Masa New Normal Begini
Beberapa cara untuk meningkatkan imunitas anak.

Masa new normal begini, orang tua perlu berhati-hati terutama dalam menjaga kesehatan anaknya karena virus Corona yang sempat mewabah belum seratus persen berakhir di Indonesia.

Salah satu langkah yang tepat adalah dengan cara meningkatkan imunitas anak agar tak mudah terserang penyakit dan virus. Bagaimana sih sebenarnya cara yang ampuh untuk meningkatkan sistem imun anak ini? Dilansir dari laman hellosehat.com (10/04), berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan imunitas anak.

1 dari 5 halaman

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Untuk meningkatkan imunitas, salah satu hal yang penting adalah memastikan tubuh anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Perbanyak makan sayur dan buah akan sangat baik untuk kesehatannya.

Hal ini disebabkan karena beberapa sayur dan buah mengandung fitonutrien yang bisa meningkatkan imunitas dan memperbanyak sel darah putih serta interferon yang bertugas untuk melawan infeksi bakteri dan virus.

2 dari 5 halaman

2. Memperhatikan Waktu Tidur

Ilustrasi anak tidur siang © Diadona

Tubuh membutuhkan tidur dan istirahat yang cukup agar tetap bugar. Sebaliknya, menurut sebuah studi, orang dewasa yang kurang tidur akan mudah sakit karena sistem imunitasnya yang menurun dan gagal melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Hal ini juga berlaku untuk bayi dan anak-anak. Biasanya bayi membutuhkan waktu sampai 18 jam untuk tidur. Sedangkan anak yang baru masuk sekolah paling tidak membutuhkan waktu tidur sampai 10 jam setiap hari.

3 dari 5 halaman

3. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Ilustrasi Keluarga Bahagia © Diadona

Penting sekali untuk menjaga kebersihan anak agar terhindar dari bakteri dan virus. Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti sering mencuci tangan dan mandi. Kemudian, selalu sediakan tisu basah karena beberapa anak suka memasukkan tangannya ke mulut.

4 dari 5 halaman

4. Berolahraga Bersama

ilustrasi anak olahraga © Diadona

Berolahraga juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan imunitas anak. Lakukan olahraga ringan dengan rutin bersama-sama dengan anak agar ia pun makin semangat membakar keringat.

5 dari 5 halaman

5. Hindari Pergi ke Luar Jika Tidak Ada Urusan Mendesak

ilustrasi keluarga © Diadona

Meski sudah new normal, tetapi angka kasus virus Corona masih cukup tinggi di Indonesia. Oleh sebab itu, jika tak ada urusan yang sangat penting, lebih baik hindari dulu pergi ke luar apalagi bersama dengan anak. Perbanyak waktu di rumah dan temani anak untuk bermain, belajar atau melakukan hal menyenangkan lainnya.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan imunitas anak yang bisa Mom lakukan. Selamat mencoba, semoga sehat selalu ya.

Beri Komentar