Si Kecil Lagi Mogok Menyusu, Kenapa Ya Mom?

Reporter : Riza Umami
Selasa, 7 Juli 2020 15:17
Si Kecil Lagi Mogok Menyusu, Kenapa Ya Mom?
Penyebab bayi mogok menyusu.

Bayi yang baru lahir biasanya hanya akan mendapatkan asupan nutrisi dari ASI ibu. Namun, mungkin ibu akan mengalami saat si kecil lagi mogok menyusu sehingga ibu pun jadi khawatir karena anak jadi tak mendapatkan asupan di tubuhnya.

Hal ini biasa disebut dengan nursing strike atau istilah yang lebih mudah dipahami adalah mogok menyusu. Dilansir dari laman theasianparent.com, biasanya bayi nggak mau nyusu ini karena sedang ada yang salah dalam tubuhnya sehingga rasanya jadi tak nyaman.

1 dari 3 halaman

Salah satu penyebabnya adalah karena bayi sedang merasa sakit misalnya di mulut karena adanya gigi yang tumbuh, atau bisa juga karena sakit di tenggorokan atau sakit di bagian telinga yang membuat si kecil jadi enggan mengusu.

Selain itu, ada pula penyebab yang berasal dari ibu sendiri yaitu saat volume ASI yang menetes ini sangat lambat atau ASI-nya kurang lancar. Mungkin ibu bisa menggunakan pompa ASI sehingga nanti si kecil tinggal minum di botol susu.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Bicara © Diadona

Bayi mogok menyusu bisa pula disebabkan karena si kecil kurang suka dan terganggu dengan bau tubuh ibu karena ganti parfum, sabun, losion, deodorant dan lain sebagainya. Aroma yang biasa dicium si kecil dari ibunya jadi hilang dan tergantikan dengan bau lain.

3 dari 3 halaman

Kemudian, sebab yang berikutnya adalah kemungkinan bayi juga bisa mengalami stres. Stres pada si kecil ini bisa disebabkan karena dirinya telah melakukan perjalanan yang jauh bersama orang tua saat bepergian.

Yang terakhir, saat bayi menggigit puting ibu ketika menyusui, jangan telalu kaget atau memberikan reaksi yang berlebihan Mom karena hal ini ternyata bisa membuat si kecil jadi takut dan tak mau menyusu. Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi mogok menyusu. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar