Bayi Mungil Zaskia Adya Mecca Alami Bilirubin Tinggi, Apa sih Penyebabnya?

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 7 Juli 2020 12:37
Bayi Mungil Zaskia Adya Mecca Alami Bilirubin Tinggi, Apa sih Penyebabnya?
Kenali kondisi bilirubin tinggi yang dialami Bayi Zaskia Adya Mecca yuk Moms!

Kabar bahagia datang dari pasangan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo. Pada Jumat (3/07/2020) lalu, Zaskia baru saja melahirkan anak ke-5 yang diberi nama Bhaj Kama Bramantyo.

Namun kebahagiaan Zaskia menyambut kehadiran sang buah hati di dunia harus dirasakan dengan cobaan yang menimpa anaknya yang baru lahir. Melalui postingan di akun Intagramnya, Zaskia bercerita tentang kondisi anaknya saat ini.

1 dari 4 halaman

Bilirubin anak Zaskia tinggi

Anak Zaskia Adya Mecca © Diadona

Dalam postingannya, Zaskia mengungkapkan bahwa kehadiran sang buah hati di dunia ternyata diawali dengan perjalanan yang nggak mulus. Bayi yang dipanggil Kama itu mengalami kondisi bilirubin tinggi dan harus menjalani terapi sinar intensif.

" Memulai perjalanan kemarin sama @bhajkama bukan awal yang smooth.. tapi memang setiap anak akan punya ceritanya sendiri.. malam ini ku dan @hanungbramantyo masih menemani Kama sinar di RS karna bilirubinnya tinggi... semoga besok semua membaik dan kita bisa kumpul sama para kakak, Insyaa Allah" tulis Zaskia.

2 dari 4 halaman

Apa itu bilirubin?

Anak Zaskia Adya Mecca © Diadona

Dilansir dari Healthline, bilirubin merupakan zat kekuningan dalam darah kita. Zat ini terbentuk setelah sel darah merah memecah dan bergerak melalui hari, kantog empedu, dan saluran pencernaan sebelum dikeluarkan.

Biasanya kadar bilirubin turun antara 0,3 dan 1,2 miligram per desiliter (mg / dL). Kondisi di mana bilirubin berjumlah di atas 1,2 mg/dL dapat dikatakan bilirubin tinggi.

3 dari 4 halaman

Kondisi bilirubin tinggi

Anak Zaskia Adya Mecca © Diadona

Kondisi di mana tubuh memiliki kadar bilirubin tinggi biasa disebut dengan hiperbilirubinemia. Hal itu menjadi tanda yang mengawali kondisi tersebut sehingga penting untuk segera mendapatkan penanganan dokter jika hasil tes menunjukkan tubuh memiliki bilirubin tinggi.

Sementara banyak juga bayi yang dilahirkan dengan bilirubin tinggi. Hal ini menyebabkan bayi mengalami suatu kondisi yang bisa disebut dengan penyakit kuning baru lahir.

4 dari 4 halaman

Biasanya bilirubin tinggi pada bayi akan menyebabkan bagian kulit dan mata mereka berwarna kuning. Kondisi ini terjadi karena saat lahir, organ hati belum sepenuhnya bisa memproses bilirubin.

Meski terdengar menakutkan, kondisi ini biasanya nggak permanen dan bisa sembuh dalam beberapa minggu. Tapi mendapatkan penanganan dokter tentu akan lebih baik untuk mencegah risiko kondisi yang lebih berbahaya.

Kita doakan semoga bayi Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo bisa segera pulih dan berkumpul dengan keluarganya ya!

Beri Komentar