Meski Dianggep Rese, Ngecek HP Anak Bisa Bikin Makin Akrab Lho

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 20 April 2020 17:37
Meski Dianggep Rese, Ngecek HP Anak Bisa Bikin Makin Akrab Lho
Mungkin terkesan nyebelin tapi ngecek hp anak banyak manfaatnya.

Banyak orang tua yang mengeluh karena perhatian sang anak dicuri oleh benda kotak pipih yang sering kita sebut handphone. Yup, tanpa disadari anak-anak justru menghabiskan waktunya lebih banyak dengan handphone daripada bersama keluarganya sendiri. Tapi sebenernya hal ini nggak boleh dibiarkan begitu saja lho.

Sebagai orang tua kita juga harus memantau apa yang dilakukan anak dengan handphone miliknya. Dari yang saya baca di Bright Side, ternyata hanya 32% orang tua yang sudah secara rutin ngecek isi gadget anak mereka setiap hari. Padahal memantau kehidupan anak melalui gadgetnya bisa memberikan banyak manfaat lho. Berikut beberapa di antaranya.

1 dari 4 halaman

Mendidik anak dalam menggunakan handphone

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Sama seperti kebiasaan baik lainnya, orang tua juga perlu mengajarkan anak agar bisa menggunakan handphone dengan tujuan yang baik. Anak-anak harus menyadari bahaya internet dan harus diajarkan bagaimana menentukan batasan yang tepat dalam menggunakanannya.

Untuk itu, orang tua harus mendidik anak tentang keamanan, cara membuat konten, apa yang boleh dan nggak boleh dibagikan, dan cara berselancar di internet. Selain itu aktivitas online juga harus dipantau untuk memastikan anak mengikuti aturan yang telah kita berikan.

2 dari 4 halaman

Lebih mengenal anak

ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Banyak orang tua yang nggak benar-benar mengenal anak mereka. Sebagian besar kehidupan anak dihabiskan di dunia online dan di sanalah mereka lebih bebas berekspresi.

Mengecek handphone anak bisa membantu orang tua agar lebih memahami anak. Dengan begitu kita jadi bisa lebih mengenal dan tahu bagaimana harus menghadapi mereka.

3 dari 4 halaman

Mencegah hal yang nggak diinginkan

ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Dunia online bagaikan hutan rimba. Kita nggak tahu apa saja yang bisa dilakukan dan dihadapi anak di dunia itu. Banyak hal yang baik atau buruk yang bisa saja terjadi pada anak.

Seorang kepala sekolah menengah mengungkapkan bahwa setiap kali dia mengecek ponsel siswanya, dia akan menemukan foto dan video yang nggak pantas entah melalui media sosial atau pesan. Ketika orang tua mendengar tentang hal ini, banyak dari mereka yang memilih untuk nggak percaya.

Maka dari itu akan lebih baik jika orang tua memantau sendiri handphone milik anak agar bisa secara langsung mengetahui yang sebenarnya. Dengan begitu hal yang nggak diinginkan pun juga bisa dicegah.

4 dari 4 halaman

Menjadi bagian dalam kehidupan anak

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Keberadaan handphone memang secara nggak sadar bikin hubungan orang tua dan anak semakin jauh. Nggak jarang jarak yang terbentuk semakin besar dan anak mulai menjauhkan diri dari orangtuanya.

Maka dari itu mengecek handphone anak juga bisa menjadi momen yang tepat untuk memahami dan mendekatkan diri dengan anak. Sudah menjadi tugas orang tua untuk berbicara dan mengetahui permasalahan yang dihadapi anak agar hubungan keluarga bisa tetap terjaga.

Itulah beberapa manfaat mengecek handphone anak. Semoga bermanfaat buat kamu ya!

Beri Komentar