Jadi Orang Tua Millennials Ternyata Ga Gampang, Ini nih Kesalahan yang Kadang Ga Disadari!

Reporter : Mila
Senin, 20 April 2020 13:57
Jadi Orang Tua Millennials Ternyata Ga Gampang, Ini nih Kesalahan yang Kadang Ga Disadari!
Salah itu wajar, makanya yuk belajar dari kesalahan.

Sebagai orang tua pastinya pengin dong ngasih yang terbaik untuk sang buah hati. Hal ini ga terkecuali para orang tua millennial. Pola pikir yang beda sama orang tua 'jaman dulu' bikin orang tua millennial punya cara sendiri untuk membesarkan dan merawat si kecil.

Tapi sebagai manusia biasa, orang tua millennial pasti juga membuat kesalahan dalam hal pola asuh atau parenting. Pola asuh ini bisa berpengaruh terhadap kehidupan anak, bukan cuma waktu dia masih kecil, tapi juga bisa di masa depannya nanti.

Apa aja ya kira-kira kesalahan dalam pola asuh yang sering orang tua millennial lakukan?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Keluarga Bahagia © Diadona

Terlalu Memanjakan

Ini memang sering terjadi ya. Orang tua merasa kebutuhan dan keinginan anak harus semuanya dituruti. Ini nih yang bikin anak manja. Sayang anak boleh banget, tapi jangan berlebihan ya. Bedakan mana yang benar-benar anak butuhkan, dan mana yang dia inginkan semata.

2 dari 3 halaman

Anak Dibuat Sibuk

Siapa sih yang ga mau anaknya pinter dalam segala hal? Untuk mewujudkan itu, biasanya orang tua sibuk ngelesin anak, seperti les pelajaran, kesenian, dan olahraga. Pola asuh ini justru bikin dia jadi anak yang arogan karena selalu ingin menjadi yang terbaik. Selain itu, kalau dia melakukannya setengah hati, kemungkinan untuk stres itu bakal muncul lho.

Rewarding

Parenting dengan rewarding sering dilakukan orang tua karena merasa itu gampang dilakukan. Tapi, coba pikir-pikir lagi deh. Ntar malah ujung-ujungnya anak melakukan sesuatu karena ada imbalannya doang.

3 dari 3 halaman

Ekspektasi Terlalu Tinggi

Tingginya ekspektasi orang tua membuat kegagalan kecil pada anak dibesar-besarkan. Padahal anak justru butuh merasakan kesalahan supaya dia bisa belajar dari kesalahannya tersebut untuk jadi lebih baik.

Itu tadi beberapa kesalahan umum yang sering orang tua millennial terapkan pada anaknya. Semoga orang tua juga bisa belajar dari kesalahannya dan ga mengulanginya lagi ya, demi si kecil :)

 

Beri Komentar