Begini Cara Mengatasi Insomnia agar Kembali Tidur Nyenyak

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 28 Desember 2019 09:22
Begini Cara Mengatasi Insomnia agar Kembali Tidur Nyenyak
Susah tidur alias insomnia emang nyebelin. Insomnia harus segera diberantas!

Terkena insomnia memang menyebalkan. Satu-dua hari sih, masih oke. Tapi, gimana kalau hal ini terjadi selama berhari-hari? Bisa-bisa bawaannya badmood aja sepanjang hari.

Terkena insomnia juga bisa berakibat buruk bagi dirimu di keesokan harinya. Karena kekurangan tidur, kamu bisa jadi akan merasa lemas seharian, dan yang parah, nggak fokus pada pekerjaan yang kamu lakukan!

Kamu juga lagi terkena Insomnia? Yuk, simak ulasan berikut cara mengatasinya.

1 dari 3 halaman

1. Olahraga secara teratur

ilustrasi olahraga wanita © Diadona

Olahraga memang terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Dikutip dari Sleepfoundation (23/11), olahraga dapat meningkatkan produktifitasmu di siang hari, mengurangi stres, bahkan memperbaiki kualitas tidurmu.

Selain itu, kamu bisa memilih jenis olahraga apapun yang kamu inginkan. Namun, Sleepfoundation (23/11) setidaknya merekomendasikan 3 jenis olahraga untuk menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik.

Yang pertama adalah aerobik, yaitu jenis olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasanmu. Kamu bisa memiilih bersepeda, jalan cepat, berlari, atau berenang. Menurut Hellosehat (23/11), 10 menit dengan 3 repetition per 5 hari dalam seminggu sudah cukup.

Yang kedua adalaha latihan kekuatan fisik. Kamu bisa mengangkat beban, push-up, squats, dan lain sebagainya. Selain meningkatkan kualitas tidur, latihan kekuatan fisik dapat membuatmu ngantuk lebih cepat dan nyenyak sepanjang malam.

Yang ketiga adalah yoga. Menurut Sleepfoundation (23/11), seseorang yang melakukan selama delapan minggu akan tidur lebih cepat dan tidur lebih lama.

2 dari 3 halaman

2. Minum Susu

Susu © Diadona

Selain enak, minum susu ternyata membantumu untuk memperbaiki kualitas tidurmu. Dilansir dari Tuck (23/11), hal ini dikarenakan susu mengandung triptofan, yang menciptakan hormon melatonin. Hormon ini bertanggung jawab terdapat tidur-bangun seseorang, sehingga kualitas tidur pun menjadi lebih baik. Kandungan kalsium yang terdapat di susu juga mampu membuatmu tetap terjaga dalam tidurmu.

Beberapa penelitian telah membuktikan hal ini. Salah satunya adalah penelitian yang diterbitkan di British Medicine Journal tahun 1972, bahwa orang yang meminum Horlick (susu hangat) memiliki aktivitas gerak tidur lebih sedikit setelah meminum susu. Tentunya, hal ini menunjukkan meminum susu sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur kamu.

3 dari 3 halaman

3. Mendengarkan Musik

Wanita mendengarkan musik © Diadona

Apakah bisa dengerin musik buat tidur lebih nyenyak? Tentu bisa, tapi tergantung jenis musiknya. Kalau yang kamu dengerin band-band metal atau hardcore, kemungkinannya, sih, tipis banget.

Musik yang disarankan adalah jenis lagu santai seperti musik klasik. Dilansir dari WebMD (23/11), orang-orang yang mendengarkan musik seperti ini detak jantungnya melambat, sehingga lebih mudah tertidur dan nyanyak selama tidur.

 

Walau sebenarnya masih ada cara lain untuk mengatasi insomnia-mu, cobalah setidaknya tiga tips di atas. Atau kamu punya cara lain? Sharing yuk, di kolom komentar! Semoga sukses untuk tidurmu!

Beri Komentar