25 Manfaat Jahe Merah dan Wedang Jahe Untuk Kesehatan, Wajah, dan Pendamping Diet

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 28 Desember 2019 10:00
25 Manfaat Jahe Merah dan Wedang Jahe Untuk Kesehatan, Wajah, dan Pendamping Diet
Jahe adalah tanaman rempah yang tumbuh subur di Indonesia. Tanaman yang memiliki aroma dan rasa yang khas ini ternyata memiliki segudang manfaat.

Siapa sih yang nggak mengenal jahe? Tanaman yang berasal tumbuh subur di Asia tenggara ini digunakan masyarakat untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tanaman yang memiliki aroma yang khas ini juga dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah.  

Jahe juga memiliki beberapa jenis. Salah satu yang dipercaya memiliki khasiat yang banyak adalah jahe merah.

1 dari 5 halaman

Manfaat Jahe Merah

jahe merahjahe merah © 2019 https://www.diadona.id/deltomed.id

Jahe merah sedikit berbeda lho dari jenis jahe lainnya. Selain warnanya yang kemerahan, jahe merah lebih sering dipakai untuk obat-obatan daripada bumbu masak. Selain itu, jahe merah juga lebih pedas rasanya. 

Jahe merah mengandung senyawa seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan banyak lagi. Dengan begitu, banyak zat aktif yang dapat menyembuhkan beragam penyakit. Nggak hanya itu saja lho. Apa saja sih manfaat jahe merah? Yuk kita simak!

1. Menghangatkan badan

Manfaat jahe merah yang pertama adalah menghangatkan badan. Kandungan rasa pedas dari gingerol sangat bermanfaat agar badan lebih hangan dan nyaman di musim penghujan.

2. Mengobati sakit kepala

Manfaat jahe merah juga untuk mengobati sakit kepala. Komposisi kamfena, rasa pedas dan efek hawa panas dari jahe merah sangat ampuh untuk meredakan rasa nyeri di kepala.

3. Mencegah radang usus

Ya, manfaat jahe merah ternyata juga bisa mencegah radang usus. Komponen aktif zingeron dalam jahe merah dapat menghambat enzim yang memicu peradangan pencernaan.

4. Menguatkan kekebalan tubuh

Jika sedang memasuki musim pancaroba, sistem imun rentan lemah dan kamu akan mudah terkena penyakit. Dengan menggunakan manfaat jahe merah ternyata juga bisa menguatkan kekebalan tubuh. Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh sehingga sistem imun akan jauh lebih kuat.

5. Mengobati batuk

Bagi kamu yang sedang mengalami sakit batuk, kamu bisa menggunakan manfaat jahe merah untuk mengobati batuk. Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah bermanfaat untuk mengatasi sakit batuk, baik untuk anak maupun orang dewasa.

2 dari 5 halaman

Manfaaat Jahe Untuk Kesehatan

jahejahe © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Kalau kamu ingin merasakan manfaat jahe untuk kesehatan dengan maksimal, kamu harus pilih jahe yang segar. Jahe segar memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan dengan jahe bubuk. Kandungan gingerol yang baik bagi kesehatan masih banyak terdapat pada manfaat jahe segar. 

Tahukah kamu, kalau jahe juga sangat ampuh digunakan untuk pengobatan alternatif? Apa saja sih manfaat jahe untuk kesehatan? Yuk kita simak!

1. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat jahe sudah dikenal lama sebagai bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liru, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan selama berada di pencernaan.
Jahe juga dapat membantu mengeluarkan gas berlebih dalam pencernaan kamu. Jika kamu mengalami gejala masuk angin, jahe bisa menjadi alternatif untuk mengatasinya.

2. Mengurangi mual

Mual bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti morning sickness, vertigo, maupun efek samping dari pengobatan kanker. Manfaat jahe ternyata juga dapat meredakan mual.
Kamu bisa memakan jahe secara mentah atau kamu jadikan minuman. Selain itu permen jahe juga bisa kamu makan untuk mengatasi mual yang juga diderita oleh ibu hamil.

3. Mengurangi rasa sakit

Manfaat jahe dapat mengurangi rasa sakit. Penelitian di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot dari berolahraga.  

Selain itu, manfaat jahe juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi.

4. Mencegah Kanker

Manfaat jahe ternyata juga bisa mencegah kanker. Kandungan gingerol dan phytonutrient dalam jahu memberikan manfaat jahe untuk mencegah kanker. Selain itu, kandungan tersebut juga memberi rasa khas pada jahe.  

Gingerol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. Peneliti juga menguji apakah gingerol juga bisa mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor. Hasilnya, Gingerol dinilai mampu mencegah penyebaran dan bertambah parahnya sel tumor yang sudah tidak bisa dioperasi.

5. Anti Peradangan

Gingerol punya sifat anti-inflamatori. Hal ini yang membuat manfaat jahe sebagai anti peradangan. Mereka yang menderita penyakit persendian seperti osteoarthritis dan rematik mengatakan berkurangnya rasa sakit setelah memakan jahe secara teratur. 

Memakan jahe tidak hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga mengurangi pembengkakan pada bagian yang sakit.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jahe Untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Wanita Sehat CantikIlustrasi Wajah Wanita Sehat Cantik © 2019 https://www.diadona.id/clarinsusa

Manfaat jahe sudah terkenal untuk kesehatan karena kandungan antioksidan di dalamnya. Tahukah kamu kalau jahe juga memiliki banyak manfaat untuk wajah? Yuk kita simak beberapa manfaat jahe untuk wajah ini!

1. Mengatasi Jerawat pada wajah

Manfaat jahe yang pertama dapat mengatasi jerawat pada wajah. Kandungan anti-inflamasi di dalam jahe ampuh dalam mengatasi jerawat. Jahe dipercaya bisa membantu agar jerawat kering lebih cepat.

2. Mengontrol minyak pada wajah

Manfaat jahe ternyata juga bisa mengontrol minyak pada wajah. Minyak berlebih pada wajah merupakan salah satu faktor penyebab munculnya jerawat berlebih. Kandungan jahe dipercaya bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

3. Mencerahkan kulit

Manfaat jahe bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Adanya sel kulit mati pada wajah merupakan salah satu penyebab kulit terlihat gelap. Untuk hasil yang maksimal, gunakan jahe sebagai scrub wajah secara rutin.

4. Menyamarkan bekas luka

Manfaat jahe juga ampuh dalam menyamarkan bekas luka pada wajah. Jika kamu memakainya secara rutin, bekas luka di wajah akan semakin tersamarkan.

5. Mencegah penuaan dinilai

Manfaat jahe ternyata ampuh mencegah penuaan dini loh. Kandungan yang ada dalam jahe ternyata bisa mencegah penuaan sehingga wajah akan tetap terlihat muda. Jahe dipercaya dapat mmenghilangkan kerutan pada wajah. Selain itu, jahe juga bisa membantu meremajakan kulit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Wedang Jahe

jahejahe © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Dari banyak tanaman herbal, jahe menjadi tanaman yang populer dijadikan sebagai obat tradisional. Hal ini karena kandungan dalam jahe yang beragam dan dipercaya dapat mengurangi berbagai gejala penyakit.  

Salah satu olahan dari jahe yang populer adalah wedang jahe. Wedang atau air minum jahe ini menjadi populer karena mudah dalam membuat dan dikonsumsi. Apa saja sih manfaat dari minum wedang jahe?

1. Mengurangi reaksi alergi

Penelitian mengungkapkan bahwa minum air wedang jahe ternyata dapat meredakan reaksi alergi. Hal tersebut karena manfaat jahe memiliki efek antiradang yang mampu meredakan reaksi peradangan akibat alergi.

2. Menurunkan berat badan

Meminum air wedang jahe merupakan salah satu cara menurunkan berat badan secara alami. Namun, penelitian ini masih perlu didalami lebih lanjut. Tetapi, minum wedang jahe hangat ternyata memang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

3. Meredakan nyeri haid

Penelitian menunjukan kalau minum air wedang jahe bisa meredakan nyeri haid. Bahkan peneliti mengatakan bahwa wedang jahe juga memiliki efek yang tidak kalah seperti obat antinyeri.

4. Meredakan nyeri sendi dan otot

Minum air wedang jahe juga telah lama dipercaya mampu meredakan nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot. Jahe juga bisa digunakan sebagai obat alami asam urat.

5. Mencegah risiko penyakit jantung

Ternyata, minum air wedang jahe bisa mencegah risiko penyakit jantung. Berbagai penelitian telah menunjukan bahwa kandungan antioksidan, mineral, dan asam amino dalam wedang jahe dapat membantu mencegah penyakit jantung.
Minum wedang jahe juga bisa meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, meredakan nyeri ulu hati, mencegah serangan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jahe Untuk Diet

Ilustrasi Diet MakanIlustrasi Diet Makan © 2019 https://www.diadona.id/freepik

Jahe memang terkenal karena memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Namun belum banyak orang yang mengetahui salah satu manfaat jahe juga bisa untuk diet. Jahe diyakini sebagai salah satu bahan untuk diet yang aman dan alami untuk tubuh. 

Apa saja sih khasiat dalam jahe sehingga dipercaya bisa menjadi bahan untuk diet? Yuk kita simak!

1. Mengendalikan nafsu makan

Permasalahan yang sering terjadi ketika diet adalah mengendalikan rasa lapar. Ternyata, manfaat jahe juga bisa mengendalikan rasa lapar. 

Manfaat jahe memiliki fungsi menekan nafsu makan. Sehingga lambung akan terasa kenyang lebih lama. Kandungan hormon leptin pada jahe yang memberikan sinyal pada sel-sel syaraf apabila tubuh merasa sudah cukup akan asupan makanan.

2. Mempercepat pembakaran lemak

Manfaat jahe juga untuk mempercepat pembakaran lemak. Dengan mempercepat pembakaran lemak akan memperlancar diet kamu.  

Kamu bisa minum air jahe untuk membantu mengeluarkan keringat dari dalam tubuh kamu. Kamu bisa mendapat manfaat jahe dengan mengonsumsi secara rutin selam 3-4 gelas sehari.

3. Melancarkan metabolisme

Jahe mengandung banyak manfaat seperti vitamin B, B5, B6, vitamin V, Potasium, gingerol, dan magnesium. Manfaat jahe ini yang mendukung sistem metabolise dalam tubuh.  

Jika kamu rutin mengonsumsi air jahe, akan mendukung sistem metabolisme dan regenerasi sel yang kompleks pada organ tubuh. Hal ini sangat baik untuk memperlancar diet kamu.

4. Melancarkan kesehatan pencernaan

Manfaat jahe bisa melancarkaan kesehatan saluran pencernaan menjadi lebih sehat dan menyerap sari-sari makanan dengan optimal. Sehingga pemecahan senyawa kompleks termasuk lemak akan lebih baik. Lebih baiknya jika kamu mengonsumsi sebelum makan siang dengan porsi yang sesuai.

5. Mengurangi produksi hormon korstisol

Orang yang memiliki banyak pikiran dan stres cenderung mengalihkan pikirannya degan banyak makan. Ini adalah hasil kerja dari hormon kortisol.
Hormon kortisol merupakan hormon yang terbentuk dalam kadar yang tinggi apabila seseorang sedang dalam keadaan stres yang kemudian menimbulkan rasa lapar. 

Manfaat jahe ternyata dapat menekan produksi hormon kortisol, selain itu juga memberikan rasa hangat dan kesegaran pada syaraf sehingga dapat mencegah keinginan untuk makan.

Ternyata banyak manfaat jahe untuk tubuh. Maka dari itu, jangan ragu untuk rutin mengonsumsi jahe. Kamu bisa membuatnya menjadi berbagai macam olahan. Selamat mencoba.

Beri Komentar