24 Manfaat Kopi Hitam, Kopi Hijau, Ampas, Serta Masker Kopi Untuk Kulit Wajah

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 28 Desember 2019 10:43
24 Manfaat Kopi Hitam, Kopi Hijau, Ampas, Serta Masker Kopi Untuk Kulit Wajah
Kopi adalah minuman wajib yang dikonsumsi di pagi hari. Kandungan kafein dalam kopi dipercaya dapat menghilangkan kantuk. Selain itu, masih banyak manfaat dari kopi yang mungkin belum kamu ketahui.

Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan kopi terbesar di dunia. Indonesia juga memiliki berbagai macam jenis kopi dengan cita rasa dan aroma yang berbeda-beda.  

Meskipun sebagai negara penghasil kopo, namun masih banyak masyarakatnya yang bukan peminum kopi. Padahal banyak lho manfaat yang bisa didapat bila mengonsumsi kopi. Selain dikonsumsi, kopi juga memiliki manfaat yang lainnya. Apa saja sih manfaat kopi? Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Manfaat Masker Kopi

ilustrasi masker wajah © Diadona

Bahan yang biasa dijadikan minuman ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kulit wajah jika dijadikan sebagai masker. Cara yang bisa kamu lakukan adalah mencampurkan kopi dengan air, lalu aplikasikan ke wajah selama 15 hingga 20 menit. 

Nah, apa saja sih manfaat masker kopi untuk wajah?

1. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat masker kopi yang pertama adalah mengangkat sel kulit mati. Salah satu penyebab wajah yang terlihat kusam adalah menumpuknya sel kulit mati. Jika kamu rutin menggunakan maske ropi, sel ulit mati akan terangkat dan wajah akan terlihat lebih segar dan cerah.

2. Melembutkan dan menghaluskan kulit

Manfaat masker kopi juga bisa melembutkan dan menghaluskan kulit. Kandungan dalam kopi, seperti dijelaskan di poin pertama dapat mengangkat sel kulit mati. Hal ini yang bisa membuat wajah yang terasa kasar menjadi lebih halus dan lembut.

3. Menyamarkan bekas jerawat

Manfaat masker kopi ternyata bisa untuk menyamarkan bekas jerawat lho. Bekas jerawat kadang lebih menyebalkan dari jerawat itu sendiri. Karena noda hitam atau kemeraan yang ditinggalkan membuat wajah jadi kurang mulus.
Untuk menyamarkannya, kamu bisa menggunakan manfaat masker kopi. Campur masker kopi dengan madu untuk hasil maksimal. Dijamin bekas jerawat pun akan memudar.

4. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori wajah yang besar bisa menyebabkan wajah berminyak yang bisa menimbulkan komedo dan jerawat. Menggunakan manfaat masker kopi secara rutin dapat menyeimbangkan kadar minyak di wajah. Selain itu masker kopi sekaligus bisa mengecilkan pori-pori pada wajah.

5. Mengencangkan kulit wajah

Manfaat maske kopi berikutnya adalah dapat mengencangkan kulit wajah. Selain itu, masker kopi yang dipakai secara rutin bisa mencegah penuaan dini. Kandungan dalam kopi ternyata bisa menyamarkan garis halus atau kerutan pada wajah. Selain itu wajah akan terlihat lebih kencang jika kamu rutin menggunakan masker kopi.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kopi Hitam

kopi hitam © Diadona

Kopi hitam merupakan jenis minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia bahkan dunia. Minum kopi biasa digunakan untuk mengatasi rasa kantuk ketika sedang beraktivitas.  

Tahu nggak kamu, kalau kopi hitam memiliki segudang manfaat lho. Apa saja manfaat kopi hitam? Yuk kita simak.

1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat kopi hitam yang pertama yaitu bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Ini karena kandungan kalsium dalam kopi yang menjadi asupan zat penting bagi tulang. Dengan rutin minum kopi hitam, kamu akan terhindar dari beberapa penyakit tulang seperti osteoporosis.

2. Menjaga kesehatan jantung

Selain kandungan kalsium, kopi hitam juga mengandung kalium. Kalium dalam manfaat kopi hitam ini dapat memperkuat otot-otot jantung, sehingga detak jantung menjadi lebih stabil.  

Disamping itu, minum kopi hitam pahit atau tanpa gula juga disarankan untuk mengatasi penyumbatan darah akibat makanan-makanan yang mengandung kolesterol.

3. Menurunkan risiko terkena kanker

Manfaat kopi hitam berikutnya bisa menurunkan risiko terkena kanker lho. Apalagi, minum kopi hitam pahit atau tanpa gula bisa meningkatkan kinerja zat aktif dalam tubuh yang berfungsi memerangi semua potensi pembentuk kanker.

4. Mencegah diabetes

Manfaat kopi hitam juga untuk mencegah diabetes. Kopi hitam pahit atau yang diminum tanpa gula bisa menurunkan risiko terkena diabetes. Hal ini karena kandungan dalam kopi yang efektif untuk mengurangi kadar gula dala darah. Selain itu, minum kopi hitam pahit tanpa gula secara teratur bisa menyeimbangkan hormon yang berfungsi untuk mengatur produksi insulin dalam tubuh.

5. Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat kopi hitam yang terakhir adalah mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Kopi adalah jenis minuman diuretik. Ini membuat orang yang minum kopi hitam akan merasa ingin buang air kecil. Oleh karena itu, dengan minum kopi hitam, racun dan bakteri dalam tubuh dapat segera dikeluarkan dalam bentuk urin.

3 dari 5 halaman

Manfaat Ampas Kopi

kopi © Diadona

Siapa sih yang nggak kenal kopi? yang kita tahu manfaat kopi adalah untuk menjaga mata agar tetap fokus saat ngantuk.  

Setelah minum kopi, apa yang kamu lakukan pada ampasnya? Dibuang? Eits, tahan dulu! Ternyata ampas kopi juga memilki segudang manfaat lho. Apa saja sih manfaat ampas kopi?

1. Masker wajah

Manfaat ampas kopi yang pertama adalah bisa digunakan sebagai masker wajah. Masker kopi dipercaya bisa mencerahkan kulit, mengontrol minyak berlebih, menghaluskan kulit wajah, menghilangkan jerawat, dan mengatasi masalah komedo.

2. Pupuk tanaman

Manfaat ampas kopi ternyata bisa untuk pupuk tanaman. Kalau kamu punya tanaman di rumah, kamu bisa memakai ampas kopi sebagai pupuk tanaman. Ampas kopi dipercaya bisa menghalangi hama perusak tanaman. Selain itu, cacing tanah suka dengan ampas kopi yang bercampur tanah. Cacing dipercaya bisa menggemburkan tanah. Ampas kopi kaya akan mineral yang baik dijadikan sebagai pupuk tanaman.

3. Pembersih alat dapur

Manfaat ampas kopi bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur. Caranya, usap ampas kopi ke peralatan dapur yang kotor dan bau. Bilas dengan air. Ampas kopi dipercaya bisa menghilangkan bau amis dari menggoreng ikan yang sulit dihilangkan.

4. Menghilangkan bau amis pada tangan

Setelah makan makanan yang amis seperti ikan, kamu bisa mencuci tangan kamu menggunakan ampas kopi. Caranya dengan meremas-remas ampas kopi sambil dibilas dengan air.

5. Mencerahkan rambut

Manfaat kopi ternyata juga bisa mencerahkan rambut. Jika rambut kamu terlihat kusam dan kurang cerah, kamu bisa mengatasinya dengan ampas kopi. Caranya: 

- Kumpulkan ampas kopi secukupnya. 

- Usapkan ke rambut yang sudah dibasahi dengan air. 

- Pijat rambut secara perlahan 

- Bilas dengan air bersih. 

Cukup mudah kan?

4 dari 5 halaman

Manfaat Kopi Hijau

kopi hijau © Diadona

Kamu pasti pernah mendengar kopi hijau. Bagi kamu yang belum pernah mendengarnya, kopi hijau adalah biji kopi arabika yang tidak dipanggang. Apabila dipanggang terlebih dahulu, antioksidan alami yang ada di biji kopi akan hiling. Padahal hal ini yang paling bermanfaat dari kopi hijau ini. 

Selain itu, Asam Chlogenic dalam biji kopi hijau lebih banyak dibandingkan dengan yang ada dalam kopi biasa. Lalu, apa saja sih manfaat kopi hijau? Yuk kita simak!

1. Kaya Antioksidan

Manfaat kopi hijau yang pertama dapat mengurangi kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Peneliti mengatakan bahwa biji kopi hijau mentah dan belum diolah memiliki 100 persen Asam Chlogenic murni. Ini merupakan ester asam caffeic yang memiliki sifat antioksidan kuat. Antioksidan akan membuat kesehatan tubuh tetap terjaga.

2. Meningkatkan metabolisme

Manfaat kopi hijau yang kedua dapat meningkatkan metabolisme lho. Ternyata, Asam Chlorogenic dalam biji kopi hijau mampu meningkatkan fungsi metabolisme. Tingkat metabolisme yang mengalami peningkatan mampu meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah.

3. Membantu membakar lemak berlebih

Manfaat kopi hijau berikutnya bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Biji kopi hijau mengandung vitamin dan mineral yang penting. Karena itu, dapat membantu menjaga kadar nutrisi di tubuh. Secara bersamaan akan meningkatkan metabolisme dalam tunggu yang akan membantu proses pembakaran lemak dan kalori agar lebih cepat.

4. Menekan nafsu makan

Tahu nggak kamu, manfaat kopi hijau ternyata juga bisa menekan nafsu makan. Kopi hijau memiliki kandungan yang bisa mengendalikan keinginan untuk makan secara berlebihan. Ini bisa menjadi pendamping diet kamu.

5. Mengurangi Tingkat Kolesterol Jahat

Manfaat kopi hijau yang terakhir adalah dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan dalam bji hijau dipercaya bisa mengurangi tingkat kolesterol apabila kamu minum secara rutin.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kopi untuk Kulit

Hindari Munculnya Kulit Keriput Dengan Cara Ampuh Ini © Diadona

Selain diminum, kopi juga memiliki segudang manfaat sebagai perawatan. Selain perawatan wajah, kopi juga mempunyai manfaat untuk kulit kamu. Apa saja manfaat kopi untuk kulit yang bisa kamu rasakan?

1. Eksfoliasi kulit

Manfaat kopi untuk kulit yang pertama adalah Eksfoliasi atau proses pengangkatan sel kulit mati. Manfaat kopi yang satu ini sangat berguna untuk membuat kulit agar terlihat tidak kusam.  

Caranya cukup mudah, campur bubuk kopi dengan perasan lemon. Lalu gosok campuranya ke setiap bagian tubuh. Diamkan sampai sedikit lebih kering, kemudian bilas. Lakukan secara rutin maka kamu akan mendapat manfaat kopi dengan maksimal.

2. Membantu menghilangkan selulit

Manfaat kopi untuk kulit ternyata juga bisa membantu menghilangkan selulit. Kopi memiliki efek ksfoliator yang dipercaya bisa membantu menyamarkan selulit. Selain itu, kandungan kafein dalam kopi juga bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi munculnya selulit. 

Caranya cukup mudah: Campur kopi dengan air panas sedikit hingga mendapat tekstur yang kental. Oleskan campuran ke tempat selulit. Kemudian lakukan gerakan memijat di area yang terdapat selulit dengan ujung jari. Diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

3. Mengurangi mata panda

Manfaat kopi bisa menyamarkan lingkaran gelap pada mata. Hal ini karena efek kafein dalam kopi yang bisa melebarkan pembuluh darah. 

Caranya, campurkan setengah sendok teh bubuk kopi, campurkan dengan minyak zaitun dan tambahkan beberapa tetes air untuk membuat teksturnya tidak terlalu lengket. Oleskan campuran kopi dibawah mata. Biarkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan air.

4. Membersihkan sel kulit mati di kaki

Manfaat kopi yang terakhir bisa membersihkan sel kulit mati pada kaki. Jika ingin memiliki kaki yang mulus, kopi menjadi alternatif yang tepat. Kopi sangat efektif membersihkan kaki dan melembapkan kulit pecah-pecah pada kaki. 

Caranya. seduh kopi di cangkir. Campurkan kopi ke dalam ember. Biarkan dulu sampai dingin. Rendam kaki dalam larutan kopi tersebut.

Gimana, ternyata banyak kan khasiat dari kopi yang bermanfaat untuk tubuh. Selamat mencoba, dan jangan lupa minum kopi pagi ini.

Beri Komentar