Ketahui Penyebab Anak Ngompol dan Cara Mencegahnya

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 1 April 2021 07:37
Ketahui Penyebab Anak Ngompol dan Cara Mencegahnya
Tips atasi masalah ngompol pada anak.

Banyak hal yang harus kita pelajari sebagai orang tua. Merawat anak setiap hari sama dengan proses belajar yang nggak akan ada habisnya sampai anak tumbuh dewasa nantinya.

Di masa pertumbuhan mereka kita akan menyaksikan banyak perubahan terjadi pada anak. Mulai dari perkembangan kemampuan hingga kebiasaan-kebiasaan baru yang mungkin bisa bikin kita agak kelabakan.

Mengompol adalah salah satu masalah umum yang terjadi pada balita. Hal ini tentu merupakan sebuah hal yang terjadi di luar kendali anak itu sendiri.

Dilansir dari Times of India, sebuah penelitian menemukan bahwa 40 persen anak usia 3 tahun mengalami masalah mengompol. Banyak ahli yang kemudian penasaran mengapa beberapa anak punya masalah mengompol sementara yang lain nggak melakukannya.

Yuk, kita ketahui penyebab anak mengompol dan cara mencegahnya!

1 dari 4 halaman

Penyebab anak mengompol

ilustrasi anak ngompol © Diadona

Banyak hal yang bisa menyebabkan anak mengompol. Mereka membutuhkan waktu untuk bisa mengontrol kandung kemih mereka sepenuhnya.

Bisa jadi hal ini disebabkan karena kandung kemih anak masih dalam tahap berkembang dan nggak bisa menampung banyak kencing. Selain itu, faktor genetik yaitu anggota keluarga dekat uang juga mengalami masalah mengompol yang sama bisa jadi pendorongnya.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Tidur Siang © Diadona

Sebab lain yang membuat anak mengompol adalah karena mereka belum bisa merasakan kandung kemihnya yang penuh. Nggak heran kalau anak merasa biasa saja dan nggak sadar kalau mereka sedang mengompol.

Sementara itu penderita infeksi saluran kemih juga bisa jadi penyebab anak nggak bisa mengendalikan keinginannya untuk buang air kecil. Kita juga harus waspada karena kebiasaan mengompol bisa jadi tanda obstructive sleep apnea atau gangguan pernapasan saat tidur.

3 dari 4 halaman

Cara cegah anak mengompol

Ilustrasi Anak Buang Air © Diadona

Meski mengompol adalah masalah umum yang akan hilang seiring dengan pertumbuhan anak, tapi kita bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah kebiasaan mengompol pada anak. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pergi ke toilet sebelum tidur

Minta anak untuk pergi ke toilet 15 menit sebelum atau tepat sebelum waktu tidur mereka. Pastikan anak nggak tidur dengan kandung kemih penuh, karena kemungkinan akan menyebabkan mengompol.

2. Hindari minuman berkafein dan gula sebelum tidur

Jangan biarkan anak minum minuman berkafein atau bergula sebelum tidur. Hal ini dapat menyebabkan anak lebih sering buang air kecil.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi anak buang air © Diadona

3. Jangan hukum anak

Hindari menghukum anak karena kesalahannya. Cara ini hanya akan membuat mereka lebih malu, stres dan membuat mereka semakin mengompol saat tidur.

4. Beri anak hadiah

Sebaliknya, kita bisa menghitung hari di mana anak nggak mengompol. Gunakan sistem hadiah untuk memotivasi mereka agar nggak mengompol lagi.

5. Bangunkan anak untuk buang air

Jika anak sering mengompol, kita bisa membangunkan mereka di antara waktu tidurnya dan meminta mereka untuk ke kamar mandi dan buang air.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar