5 Tips Parenting yang Bermanfaat untuk Ibu Muda

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 31 Maret 2021 07:37
5 Tips Parenting yang Bermanfaat untuk Ibu Muda
Intip tips parenting untuk para mama muda!

Setiap orang tentu berhak membuat keputusan sendiri dalam hidupnya setelah memasuki usia yang legal di mata hukum. Saat ini banyak pasangan yang memutuskan untuk menikah di usia mereka yang masih tergolong muda.

Bahkan nggak jarang di antara mereka yang sudah merencanakan program untuk punya anak setelah menikah. Keuntungan memiliki anak di usia muda adalah kita bisa punya lebih banyak tenaga untuk mengasuh anak.

Sebenarnya mau punya anak di usia muda atau sudah matang sekalipun, banyak yang harus kita pelajari sebagai ibu untuk merawat anak. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips parenting yang bermanfaat untuk ibu.

1 dari 5 halaman

Lakukan perencanaan

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Mempunyai anak adalah keputusan yang sangat besar dan kita harus mulai membuat rencana jangka panjang soal hal itu. Pikirkan apa yang terbaik untuk anak, untuk diri kita, dan keluarga secara keseluruhan.

Ajak pasangan untuk berdiskusi tentang hal ini. Libatkan pasangan untuk sama-sama membuat rencana kehidupan dalam keluarga.

2 dari 5 halaman

Jangan menetapkan tujuan yang nggak realistis

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Menyusun rencana dan strategi adalah hal yang penting. Tapi kita juga harus menahan diri untuk nggak menetapkan tujuan yang kurang realistis dan mengharapkan yang terburuk.

Rencana memang nggak akan semuanya terpenuhi, tapi kadang juga nggak sesulit itu. Biarkan diri kita terbiasa dan memahami peran sebagai orang tua dan hindari membuat beban untuk diri sendiri.

3 dari 5 halaman

Jangan panik karena masalah kecil

Ilustrasi Ibu dan Bayi © Diadona

Di usia yang masih muda tentu peran sebagai ibu adalah pengalaman pertama dalam hidup kita. Situasi atau keadaan tertentu kadang bikin kita merasa panik, bahkan jika itu cuma hal sepele.

Tapi kita nggak boleh membiarkan masalah sepele membuat kita menjadi stres. Cobalah untuk tetap tenang dan mulai memahami masalah yang terjadi dan berusaha mengatasinya daripada panik.

4 dari 5 halaman

Membagi beban kerja

Keluarga Kompak Bersama © Diadona

Menjadi ibu muda dalam pengalaman pertama bisa sangat melelahkan. Hampir nggak mungkin hal ini dilakukan sendiri tanpa dukungan yang baik dari lingkungan mereka.

Makanya kita harus belajar membagi beban kerja dengan pasangan. Merawat anak merupakan proses yang harus dijalani sebagai tanggung jawab bersama dengan pasangan.

5 dari 5 halaman

Jangan melupakan diri sendiri

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Banyak perempuan, terutama seorang ibu, yang masih mendapat tekanan untuk memenuhi harapan orang lain. Seringkali hal ini membuat banyak perempuan lupa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka sendiri.

Padahal merawat dan menyenangkan diri sendiri adalah hal yang penting lho, Moms! Istirahat jika memang diperlukan dan jangan merasa bersalah telah memberi sedikit waktu untuk diri sendiri.

Semoga informasi ini membantu ya!

Beri Komentar