5 Hal yang Gak Boleh Kamu Katakan ke Single Parent

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 30 Maret 2021 07:37
5 Hal yang Gak Boleh Kamu Katakan ke Single Parent
Jangan sakiti hati para single parent dengan kata-kata ini!

Menjadi seorang single parent merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi mereka yang menjalaninya. Kebanyakan harus bisa menyeimbangkan tanggung jawab dalam merawat anak serta menyelesaikan pekerjaan atau bisnis mereka.

Tanggung jawab mungkin memang jadi terasa dipikul sendiri. Makanya beberapa di antaranya mungkin sering merasa lelah karena harus menanggung semuanya dalam waktu bersamaan.

Hal penting yang bisa kita lakukan sebagai orang yang ada di sekitar mereka adalah dengan memberi dukungan dan menjaga mood mereka. Salah satunya adalah dengan nggak ngomong usil yang bisa menyakiti perasaan mereka.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa hal yang sebaiknya nggak perly kamu katakan ke para single parent.

1 dari 5 halaman

"Pasanganmu kenapa?"

Ilustrasi Ibu dan Anak Pemalu © Diadona

Status sebagai orang tua tunggal memang biasanya menarik keingintahuan orang lain. Tapi kita harus menahan diri untuk menanyakan tentang pasangannya pada mereka. Hal ini bisa ajak menyinggung dan membuat mereka jadi merasa nggak nyaman.

2 dari 5 halaman

"Siapa/di mana orangtua satunya?"

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Begitu juga saat kita bertemu mereka saat sedang bersama dengan anak. Jangan mempertanyakan identitas pasangan mereka karena itu merupakan sesuatu yang sangat pribadi. Para single parent tentu akan memberi tahu kita jika mereka ingin melakukannya tanpa perlu ditanya.

3 dari 5 halaman

"Pasti sulit menjalani dua peran"

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Nggak perlu dipertanyakan lagi, menjadi orang tua yang lengkap aja sangat sulit, apalagi menjadi seorang single parent. Sebaiknya kita nggak mengatakan hal-hal seperyi ini agar mereka nggak kehilangan motivasi dan berputus asa.

4 dari 5 halaman

"Sangat disayangkan anak akan tumbuh tanpa salah satu orangtuanya"

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Selama anak menerima semua cinta dan kasih sayang yang dibutuhkannya, orang lain nggak perlu khawatir dengan anak yang diasuh oleh single parent. Kalimat semacam itu hanya akan membuat mereka merasa bersalah. Bahkan bisa aja mereka menyalahkan dirinya sendiri.

5 dari 5 halaman

"Nggak cari lagi?"

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Menjadi lajang adalah sebuah pilihan dan hak bagi setiap orang. Kita harus menghormati keputusan mereka untuk melakukannya. Meski punya niat baik tapi sebaiknya jangan tanyakan soal hal itu pada mereka.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar