Kegiatan yang Bisa Bantu Anak Tetap Aktif di Rumah

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 22 Mei 2021 07:37
Kegiatan yang Bisa Bantu Anak Tetap Aktif di Rumah
Yuk, bikin anak tetap aktif di rumah!

Pandemi COVID-19 masih terjadi di Indonesia. Meski sekolah dikabarkan akan segera dibuka, namun orang tua tetap diberi kebebasan untuk memilih apakah anak akan melaksanakan sekolah tatap muka atau tetap melanjutkan sekolah daring.

Nggak bisa dipungkiri kalau pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup besar pada anak. Kehilangan aktivitas bahkan bisa mengganggu perkembangan dan kesehatan anak.

Tapi sebenarnya kita bisa lho membantu anak tetap aktif meski di rumah. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa kegiatan yang bisa membantu anak tetap aktif di rumah.

1 dari 4 halaman

Pesta Kecil

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Siapa sih yang nggak suka pesta? Memutar musik dan mengajak anak bergerak di pesta kecil yang kalian buat bersama bisa menjadi alternatif untuk membuat anak aktif di rumah.

Cara ini juga akan membantu anak mau bangun dari tempat tidur mereka. Tambahkan permainan kecil sambil menari bersama dengan anak.

2 dari 4 halaman

Membaca Buku

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Membaca buku nggak harus jadi ritual sebelum tidur. Kita bisa bermain dengan anak melalui buku bacaan kesukaannya.

Setiap kita menemukan sebuah kata, minta anak untuk melompat agar mereka bergerak. Kegiatan ini tentu akan sangat menghibur anak.

3 dari 4 halaman

Hula Hoop

Hula Hoop © Diadona

Hula hoop merupakan aktivitas dalam ruangan yang punya banyak manfaat. Kegiatan ini baik untuk memperkuat otot inti anak.

Pastika anak nggak terlalu dekat dengan perabotan atau barang-barang pecah belah saat melakukannya. Dengan begitu anak bisa bergerak aktif dengan bebas.

4 dari 4 halaman

Ajak Anak Olahraga Bersama

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Anak cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Saat dia melihat kita aktif, mereka tentu juga ingin ikut aktif.

Kita bisa memanfaatkan hal ini dengan mengajak anak melakukan olahraga di dalam rumah. Jangan sampai kita malah memberi contoh pada anak untuk bermalas-malasan.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar