Tips Bantu Anak Supaya Bisa Cepat Berjalan

Reporter : Riza Umami
Rabu, 19 Mei 2021 08:17
Tips Bantu Anak Supaya Bisa Cepat Berjalan
Berikut tipsnya.

Saat anak akan menginjak usia satu tahun, biasanya perkembangan motoriknya sudah makin berkembang. Anak pun aktif merangkak dan mulai belajar untuk berdiri serta berjalan sendiri. Tentu sebagai orang tua, ibu berharap supaya anak bisa segera berjalan.

Lantas, stimulasi apa yang sebaiknya Mom lakukan untuk membantu buah hati agar ia makin cepat dalam belajar berjalan? Dilansir dari laman dancow.co.id, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk membantu anak supaya cepat bisa berjalan sendiri.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Yang pertama, ibu perlu memilihkan beberapa aktivitas yang fokus pada stimulasi tumbuh kembang buah hati. Salah satu aktivitas tersebut adalah belajar duduk di kursi kemudian berdiri. Saat anak sudah bisa duduk sendiri, siapkan kursi khusus balita di mana kaki anak bisa menyentuh lantai ketika dia duduk. Ibu bisa minta anak untuk mengambil mainannya lalu duduk di kursi.

Aktivitas berikutnya yatiu menjelajah rumah. Biarkan anak berlatih berjalan dengan cara menjelajahi rumah sambil berpegangan pada kursi, meja atau lemari. Pastikan ibu mengawasi anak saat ia sedang menjelajah rumah untuk menghindari hal buruk yang bisa saja menimpa anak.

2 dari 2 halaman

ilustrasi bayi merangkak © Diadona

Kemudian, ibu pun juga bisa menitah anak untuk membantunya dalam belajar berjalan. Pegang tangan anak tetapi tidak terlalu tinggi kemudian ajak dia untuk berdiri dan perlahan-lahan melangkahkan kakinya satu demi satu. Teruslah berlatih berjalan seperti ini hingga anak ingin berhenti.

Selain itu untuk mendukung buah hati dalam belajar berjalan, ibu juga perlu memastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuhnya. Asupan nutrisi yang tepat ini untuk memastikan agar tumbuh kembang anak bisa terjadi dengan optimal. Nah, itulah beberapa tips yang bisa ibu lakukan agar anak cepat bisa berjalan sendiri, semoga membantu.

Beri Komentar