Resep Cara Membuat Kue Brownies Kukus Coklat dan Keju juga Dipanggang Sederhana

Reporter : Ayu
Kamis, 16 Januari 2020 09:57
Resep Cara Membuat Kue Brownies Kukus Coklat dan Keju juga Dipanggang Sederhana
Aroma coklat yang kuat dengan rasa manis juga perpaduan tekstur yang lembut menjadikan olahan brownies selalu diminati. Tidak hanya rasa coklat, kini brownies memiliki bergabai varian rasa kekinian.

Siapa sih yang tidak kenal dengan olahan kue ini? Yap, brownies merupakan olahan yang umumnya terbuat dari coklat dan tepung dengan tekstur lembut serta aroma dan rasa yang kuat. Kue ini bisa didapatkan di kedai serta toko roti dan kue. Tak jarang pula olahan ini dijadikan sebagai hidangan saat acara keluarga atau sekedar dibuat untuk menemani bersantai di rumah.

Tahap pembuatan brownies pun cukup mudah. Adonan yang telah dibuat dimasak dalam oven dengan suhu dan lama waktu tertentu. Atau kalau kamu tidak punya oven atau alat pemanggang, kamu juga bisa kok memasaknya dengan cara dikukus. Cukup praktis bukan?

Sesuai perkembangannya kini brownies tidak hanya memiliki rasa cokloat. Banyak pula orang dan pedagang yang membuat olahan brownies dengan variasi rasa seperti keju, pandan, kopi, matcha, green tea, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa kok berkreasi dengan rasa favorit kamu dengan membuat kue brownies sendiri di rumah. Penasaran kan bagaimana cara membuat kue brownies yang lezat? Yuk simak resep selengkapnya di bawah ini. Selamat membaca!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Brownies Kukus

Ilustrasi Kue Brownies PandanIlustrasi Kue Brownies Pandan © Kapanlagi.com

Salah satu cara membuat kue brownies yang praktis dan sederhana adalah dengan cara dikukus. Berikut Diadona rangkum cara membuat kue brownies kukus dengan rasa pandan di bawah ini.

Bahan:

- 60 gram tepung terigu
- 3 butir telur ayam (ambil 1 putih telur dan 3 kuning telur)
- 1/4 sdt cake emulsifer
- 40 gram gula pasir
- 10 gram susu bubuk
- 50 gram white coklat
- 1/4 sdt baking powder
- 1/4 sdt pasta pandan
- 30 gram margarin
- Kertas roti untuk alas loyang

Cara membuat brownies kukus:

  1. Siapkan wadah atau baskom untuk adoanan lalu masukkan 1 putih telur, 3 kuning telur, gula pasir dan 1/4 cake emulsifer. Kocok semua bahan tersebut menggunakan mixer hingga semua bahan tercampur rata dan mengembang.
  2. Siapkan wadah baskom lain kemudian masukkan 50 gram tepung terigu, 10 gram susu bubuk dan baking powder. Campur dan aduk semua bahan sampai rata dan ayak hingga halus. Tambahkan campuran tepung dalam adonan utama. Aduk semua bahan hingga tercampur merata.
  3. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Masukkan 50 gram coklat putih cair sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masukkan pasta pandan sambil terus diaduk sampai rata.
  4. Siapkan loyang dan letakkan kertas roti di atasnya. Tuang adonan brownis kukus pandan ke dalam loyang. Kukus adonan dengan api sedang cenderung kecil.
  5. Tunggu hingga matang atau kurang lebih sekitar 21-23 menit. Angkat dan tunggu hingga dingin sebelum di olesi dengan cream, parutan keju, butiran coklat atau bahan tambahan yang lain.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Brownies Panggang

Ilustrasi Kue Brownies PanggangIlustrasi Kue Brownies Panggang © Liputan6.com

Selain dengan cara dikukus, kamu juga bisa membuat kue brownies dengan cara dipanggang dalam oven. Cukup atur oven dengan suhu tertentu dan masukkan adonannya deh. Langsung saja bisa disimak selengkapnya dalam resep cara membuat kue brownies panggang di bawah ini. Selamat mencoba!

Bahan:

- 250 gram tepung terigu
- 400 gram margarin
- 6 butir telur (kocok sebentar)
- 500 gram dark chocolate (cincang kasar)
- 300 gram gula
- 1 sdt garam

Cara membuat kue brownies panggang:

  1. Lelehkan bahan margarin dengan nyala api kecil. Matikan api kemudian tambahkan bahan dark chocolate yang telah dicincang, gula pasir, dan garam. Aduk hingga semua bahan coklat meleleh. Angkat dan diamkan hingga dingin.
  2. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit juga telur yang telah dikocok dan aduk hingga rata. Siapkan 2 loyang yang akan dipakai. Sebelumnya olesi dengan margarin. Masukkan adonan pada 2 loyang tersebut.
  3. Panggang adonan dalam loyang pada oven dengan suhu 170 derajat Celcius selama 45 menit. Setelah matang diamkan pada suhu ruangan selama 15 menit.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Brownies Kukus Coklat

 

Ilustrasi Kue Brownies Kukus CoklatIlustrasi Kue Brownies Kukus Coklat © Dream.co.id

Kue Brownies rasa coklat memang menjadi andalan dan primadona olahan ini. Aroma yang kuat dan rasa manis serta tekturnya yang lembut membuat olahan ini tidak bisa ditolak. Yuk simak langsung cara membuat kue brownies kukus coklat berikut ini.

Bahan:

- 200 gram tepung terigu (ayak halus)
- 6 butir telur ayam
- 250 gram gula pasir
- 300 gram coklat batang
- 75 gram coklat bubuk (ayak)
- 200 ml susu segar
- 300 gram mentega
- 1/8 sdt garam
- 1 sdt baking powder

Cara membuat brownies kukus coklat:

  1. Tim atau caikan coklat batang dan mentega pada panci yang sama. Setelah meleleh tambahkan garam dan aduk hingga merata.
  2. Siapkan wadah atau baskom untuk mengocok telur. Kocok telur dengan gula pasir hingga berbusa. Masukkan coklat dan mentega yang telah dilelehkan perlahan-lahan bersamaan dengan susu, kemudian aduk hingga merata.
  3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata. Siapkan 2 loyang dan olesi dengan mentega. Tuang adonan ke dalam 2 loyang tersebut.
  4. Kukus selama 20 menit atau hingga matang. Olesi kue dengan coklat batang dan mentega yang dilelehkan lalu tumpuk. Brownies kukus coklat siap disajikan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Brownies Sederhana

Ilustrasi Kue Brownies SederhanaIlustrasi Kue Brownies Sederhana © Brillio.net

Ketika semua bahan adonan sudah dibuat, kamu langsung bisa memasaknya dalam oven atau pada kukusan. Cukup sederhana membuatnya. Langsung saja simak resep selengkapnya dalam cara membuat kue brownies kukus coklat di bawah ini.

Bahan:

- 200 gram tepung terigu yang diayak
- 6 butir telur ayam
- 250 gram gula pasir
- 300 gram mentega
- 1 sdt baking powder
- 300 gram coklat batang
- 75 gram coklat bubuk yang diayak
- 200 ml susu segar
- 1 sdt garam

Cara membuat brownies kukus sederhana:

  1. Tim coklat batang dan mentega pada panci yang sama. Setelah leleh tambahkan garam dan aduk sampai rata. Siapkan wadah untuk mengocok telur.
  2. Kocok telur dengan gula pasir sampai berbusa. Tambahkan coklat dan mentega yang telah dilelehkan perlahan-lahan bersamaan dengan susu lalu aduk hingga rata.
  3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit kemudian aduk hingga rata. Olesi loyang dengan mentega dan tuang adonan ke dalam 2 loyang.
  4. Kukus selama 20 menit atau sampai matang. Olesi kue dengan coklat batang dan mentega yang dilelehkan lalu tumpuk. Brownies kukus siap dihidangkan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Brownies Keju

Ilustrasi Kue Brownies KejuIlustrasi Kue Brownies Keju © Brilio.net

Salah satu rasa yang tidak bisa kamu tinggalkan dalam menikmati kue brownies adalah keju. Rasa manis dan gurih dari keju akan membuat kue brownies semakin menggugah selera dan tidak berhenti untuk terus mengunyah. Langsung saja simak resep cara membuat kue brownies keju di bawah ini.

Bahan:

- 90 gram tepung terigu
- 4 butir telur ayam
- 120 gram gula pasir
- 30 gram mentega (lelehkan)
- 25 gram susu bubuk vanilla
- 50 gram white chocolate untuk (lelehkan)
- 50 gram keju
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt baking powder
- 1 sdm cake emulsifier SP/TBM

Cara membuat brownies keju:

  1. Tim atau cairkan bahan keju dengan menggunakan 2 sdm air panas hingga meleleh lalu sisihkan. Ayak tepung terigu dengan baking powder dan susu bubuk kemudian.
  2. Campurkan dan kocok bahan telur, gula pasir, dan cake emulsifier hingga berbusa dan pucat. Masukkan tepung terigu, baking powder dan susu bubuk yang telah diayak sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Tambahkan keju yang telah dilelehkan, white chocolate, mentega, dan garam, selanjutnya aduk hingga rata. Siapkan loyang yang hendak dipakai dengan mengoles bagiannya menggunakan mentega.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang. Kukus selama 30 menit atau hingga adonan matang. Diamkan dalam suhu ruangan selama kira-kira 10 menit. Brownies kukus keju siap dihidangkan.

Demikian resep cara membuat kue brownies yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Kamu lebih suka kue brownies rasa apa? Jawab di kolom kementar ya? 

Beri Komentar