10 Resep Cara Membuat Tahu Bulat, Crispy, Gejrot, Bakso, hingga Tahu Sumedang Campur Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 16 Januari 2020 14:17
10 Resep Cara Membuat Tahu Bulat, Crispy, Gejrot, Bakso, hingga Tahu Sumedang Campur Sederhana
Banyak masakan yang bisa dibuat dengan bahan dasar tahu. Selain digoreng biasa tahu juga bisa dijadikan masakan berkuah seperti tahu campur. Yuk simak resep cara membuat olahan tahu di bawah ini!

Tahu merupakan bahan masakan sederhana yang menjadi incaran para ibu rumah tangga. Selain murah tahu juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk asupan nutrisi tubuh.

Banyak sekali masakan yang bisa dibuat dengan bahan dasar tahu. Selain digoreng biasa tahu juga bisa dijadikan masakan berkuah lainnya seperti tahu campur. Ada juga olahan tahu dengan rasa khas manis, pedas dan asam seperti tahu gejrot.

Jika kamu penggemar setia olahan tahu maka kamu wajib membuat variasi olahan tahu yang tentunya sederhana dan mudah dipraktikkan di rumah. Langsung saja simak resep cara membuat tahu dengan aneka cara pengolahannya di bawah ini.

1 dari 10 halaman

Cara Membuat Tahu Bulat

Ilustrasi Tahu BulatIlustrasi Tahu Bulat © Fimela.com

" Tahu.. bulat... digoreng... dadakan... di mobil... 500-an... enak!" tentunya kamu sudah tahu dong dengan lagu irama tersebut. Yap, tahu bulat yang sempat menjamur di beberapa daerah di Indonesia. Kamu juga bisa membuatnya di rumah. Langsung saja simak resep cara membuat tahu bulat di bawah ini.

Bahan:

- 10-15 potong tahu putih
- 3 butir kuning telur
- 2 sendok baking powder
- Penyedap rasa secukupnya
- Minyak goreng

Cara membuat tahu bulat:

Hancurkan tahu putih kemudian peras airnya hingga kering. Campurkan bahan lain pada tahu lalu aduk rata. Bentuk tahu jadi bulat dan diamkan kurang lebih 3 jam. Goreng tahu pada minyak yang panas dan banyak hingga tahu berubah warna jadi keemasan. Angkat dan tahu bulat siap disajikan.

2 dari 10 halaman

Cara Membuat Tahu Crispy

Ilustrasi Tahu CrispyIlustrasi Tahu Crispy © Fimela.com

Rasa kriuk dan renyah tahu crispy memang menjadi juaranya. Ada beberapa tahap dalam membuat tahu agar crispy. Simak resep selengkapnya cara membuat tahu crispy di bawah ini.

Bahan:

- 10 kotak tahu putih
- 50 gram tepung terigu
- 1/2 sdm maizena
- 1 sdt garam
- 2 sdt kaldu jamur
- 1 sdt baking powder
- 300 cc air
- Minyak goreng

Cara membuat tahu crispy:

  1. Potong tahu menjadi 4 bagian. Campur bahan celupan tepung terigu, maizena, baking powder, garam, kaldu jamur dan air kemudian aduk hingga rata.
  2. Masukkan potongan tahu ke dalam bahan celupan. Panaskan minyak goreng lalu gorenglah tahu hingga mulai mengembang dengan api besar dan minyak yang melimpah.
  3. Setelah tahu mengembang masukkan sisa adonan sebagian dan tunggu hingga mengering baru tuangkan kembali. Goreng hingga tahu matang. Angkat tahu kemudian tiriskan. Tahu crispy siap disajikan.

3 dari 10 halaman

Cara Membuat Tahu Gejrot

Ilustrasi Tahu GejrotIlustrasi Tahu Gejrot © Fimela.com

Tahu goreng yang dipenyet di atas cobek dengan bumbu pedas, manis, dan asam memang menggoda. Langsung saja simak resep cara membuat tahu gejrot di bawah ini.

Bahan:

- 20 potongan tahu kecil (goreng)
- 150 gram gula merah
- 250 ml air
- 2 sdm air asam jawa (rebus sampai larut lalu saring dan sisihkan)
- Cabai rawit
- Bawang putih
- Bawang merah
- Garam

Cara membuat tahu gejrot:

Tahu goreng ditaruh di layah (cobek) lalu ditekan-tekan. Taruh bumbu ulegan, siram dengan kuah gula merah. Tahu gejrot siap disajikan.

4 dari 10 halaman

Cara Membuat Tahu Bakso

Ilustrasi Tahu BaksoIlustrasi Tahu Bakso © Fimela.com

Tahu bakso yang dimasak dengan dikukus kemudian digoreng ini bisa menjadi menu pilihan kamu disaat bersantai. Yuk simak resep cara membuat tahu bakso berikut ini.

Bahan:

- 20 buah tahu pong
- 300 gram daging ayam
- 4 siung bawang putih
- 1 batang daun bawang
- 1 butir putih telur
- 5 sdm tepung sagu
- 4 sdm air es
- Garam secukupnya
- Lada bubuk secukupnya

Cara membuat tahu bakso:

  1. Campurkan daging ayam yang sudah di haluskan dengan bawang goreng yang juga dihaluskan. Tuangkan daging ke dalam wadah, campurkan garam, lada, bawang putih yang telah dihaluskan, putih telur, potongan dau bawang dan tepung sagu.
  2. Aduk adonan hingga rata kemudian berikan air es dan aduk kembali hingga tercampur rata. Siapkan tahu pong yang sudah dibelah bagian tengahnya. Kemudian isi dengan adonan ayam, jangan terlalu banyak atau sedikit.
  3. Kukus tahu bakso selama 30 menit dengan menggunakan api sedang. Matikan kompor dan tunggu tahu bakso dingin. Goreng tahu bakso dengan menggunakan api sedang, goreng hingga berwarna kekuningan. Tahu bakso siap disajikan.

5 dari 10 halaman

Cara Membuat Tahu Bacem

Ilustrasi Tahu BacemIlustrasi Tahu Bacem © Fimela.com

Saat kamu makan di rumah makan atau lesehan lalapan mungkin kamu menemui tahu goreng dengan rasa khas manis dan kuat pada bumbunya serta warna karamel dari kecap. Yap tahu bacem yang menggoda lidah bisa kamu masak sendiri di rumah. Simak resep selengkapnya dalam cara membuat tahu bacem di bawah ini.

Bahan:

- 5 potong tahu ukuran 4x4 cm
- 1 liter air kelapa
- 70 gram gula merah
- 1 sdm asam jawa (larutkan 100 ml air panas)
- 2 ruas lengkuas
- 1 ruas jahe
- 5 lembar daun salam
- 5 sdm kecap manis
- 1 genggam kulit bawang merah
- Garam secukupnya
- Lada putih
- Air secukupnya
- Minyak goreng

Bahan bumbu halus:

- 1 1/2 sdt ketumbar
- 7 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih

Cara membuat tahu bacem:

  1. Blender semua bahan bumbu halus dengan tambahkan sedikit air. Masukkan daun salam, lengkuas dan air kelapa ke dalam panci.
  2. Tambahkan gula merah iris, gula pasir, larutan air asam jawa, kecap manis, kulit bawang merah, dan garam kemudian aduk rata. Masukkan tahu dan masak dengan api kecil hingga air mengering. Setelah air habis angkat tahu dan tiriskan.
  3. Goreng tahu dengan minyak banyak hingga permukaannya kering dan warnanya coklat keemasan dan sedikit terkaramelisasi. Angkat tahu dan siap disajikan.

6 dari 10 halaman

Cara Membuat Tahu Sumedang

Ilustrasi Tahu SumedangIlustrasi Tahu Sumedang © Liputan6.com

Tahu sumedang yang digoreng dengan rasa gurih memang selalu menjadi primadona olahan tahu. Yuk langsung saja simak resep cara membuat tahu sumedang dari tahu biasa di bawah ini.

Bahan:

- 10 buah tahu putih
- 1 butir telur ayam
- 80 gram tepung terigu
- 1/4 sdt baking powder
- 3 siung bawang merah (ulek halus)
- 3 siung bawang putih (ulek halus)
- 2 cm kunyit (ulek halus)
- 1 sdm penyedap rasa
- 1 sdt garam halus
- Minyak goreng secukupnya
- Air putih secukupnya

Cara membuat tahu sumedang:

  1. Tuangkan tepung terigu ke dalam wadah adonan yang sudah disiapkan lalu tambahkan dengan garam halus, penyedap rasa, dan baking powder. Aduk semua bahan hingga merata.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan kunyit lalu tuangkan pada wadah baru dan siram dengan air secukupnya. Aduk semua bahan sampai merata.
  3. Bagi tahu putih sampai empat potong atau sesuai selera dan letakkan pada wadah baskom yang sudah berisi air bumbu. Siram potongan tahu putih dan biarkan sejenak hingga bumbu meresap. Setelah beberapa saat angkat da tiriskan tahu.
  4. Pecahkan telur dan taruh dalam wadah baskom baru lalu kocok. Ambil potongan tahu putih yang sudah bercampur bumbu dan celupkan pada kocokan telur lalu masukkan ke dalam campuran tepung bumbu yang sudah dibuat. Pastikan semua permukaan tahu terlapisi dengan tepung. Lakukan hal yang sama hingga potongan tahu habis.
  5. Panaskan minyak dalam penggorengan kemudian goreng tahu yang sudah berbalut telur dan tepung bumbu hingga matang garing dan tekturnya renyah. Bila sudah matang, warnanya akan terlihat sedikit gelap. Angkat dan tiriskan.

7 dari 10 halaman

Cara Membuat Tahu Kress

Ilustrasi Tahu KressIlustrasi Tahu Kress © Fimela.com

Apakah kamu pencinta makanan atau camilan dengan tekstur kriuk atau kress? Bahan tahu juga bisa diolah menjadi menu camilan dengan tekstur kress yang nendang di lidah. Yuk kita buat sendiri di rumah dengan melihat resep cara membuat tahu kress yang telah Diadona rangkum di bawah ini.

Bahan:

- 1 kotak tahu (potong dadu)
- 100 gram tepung terigu
- 2 sdm tepung beras
- 3 sdm tepung bumbu serba guna
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

- 1 sdt garam
- 2 siung bawang putih
- Kaldu ayam bubuk secukupnya
- Ketumbar secukupnya


Cara membuat tahu kress:

  1. Haluskan bumbu lalu tambahkan sedikit air. Rendam tahu dengan bumbu yang telah dihaluskan kurang lebih selama 15 menit.
  2. Campur bahan tepung terigu, tepung beras dan tepung serba guna dalam satu wadah atau baskom. Tambahkan kaldu ayam bubuk secukupnya. Masukkan tahu ke dalam adonan tepung dan pastikan semua bagian tahu terlapisi tepung dengan sempurna.
  3. Panaskan minyak kemudian goreng tahu hingga berwarna kuning keemasan dan buih minyak cukup berkurang. Angkat tahu yang telah matang dan sajikan bersama saus sambal atau sambal kecap.

8 dari 10 halaman

Cara Membuat Tahu Telur

Ilustrasi Tahu TelurIlustrasi Tahu Telur © Dream.co.id

Olahan makanan tahu telur yang disiram dengan bumbu kacang juga menjadi hidangan makan yang nikmat. Apalagi diberi tambahan kerupuk dan sambal, membuat kita tidak bisa menolak kelezatannya. Langsung saja simak resep cara membuat tahu telur di bawah ini yang tentunya bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Bahan:

- 150 gram tahu putih (potong dadu 3 cm)
- 1 butir telur (kocok lepas)
- 1 batang seledri (rajang kasar)
- 1 sdm bawang merah goreng
- 2 sdm kecap manis
- Air matang secukupnya
- Kerupuk kanji secukupnya
- Segenggam tauge (rebus)

Bumbu halus:

- 2 sdm kacang tanah goreng
- 1 sdm petis
- 2 siung bawang putih (goreng asal layu)
- 5 buah cabai rawit (sesuai selera)
- Gula dan garam secukupnya

Cara membuat tahu telur:

  1. Goreng tahu hingga setengah matang lalu masukkan tahu kedalam kocokan telur dan beri garam juga merica bubuk secukupnya.
  2. Panaskan minyak agak banyak kira-kira 2 sendok sayur. Goreng tahu telur sampai semua sisinya matang dan kekuningan. Jika sudah matang maka angkat tahu dan tiriskan.
  3. Tambahkan kecap manis dan air secukupnya dalam bumbu halus kemudian campur rata. Letakkan tahu telur diatas piring saji. Tambahkan tauge rebus diatasnya kemudian siram dengan bumbu. Taburi dengan daun seledri dan bawang merah goreng. Tahu telur siap disantap.

9 dari 10 halaman

Cara Membuat Tahu Aci

Ilustrasi Tahu AciIlustrasi Tahu Aci © Fimela.com

Tahu dengan campuran tepung aci atau kanji yang kenyal bisa kamu nikmati di rumah. Yuk simak resep selengkapnya dalam cara membuat tahu aci di bawah ini.

Bahan:

- 10 buah tahu goreng
- 15 sdm tepung kanji
- 5 sdm tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- 3 siung bawang putih
- 3 sdm kecap manis
- 1 sdm minyak sayur

Cara membuat tahu aci:

  1. Uleni tepung kanji dengan garam dan air secukupnya. Isi tahu dengan adonan kanji. Kukus hingga matang atau tunggu hingga warna kanji berubah bening.
  2. Setelah dingin kemudian potong dadu kemudian tusuk dengan tusuk sate. Campur kecap manis dengan bawang putih yang dihaluskan. Tambahkan minyak lalu aduk rata. Olesi sate tahu dengan bumbu kecap. Panggang sebentar.

10 dari 10 halaman

Cara Membuat Tahu Campur

Ilustrasi Tahu CampurIlustrasi Tahu Campur © Fimela.com

Tahu campur dengan kuah hangat dan gurih serta potongan daging sapi cingur menjadi andalan makanan saat musin hujan. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan melihat resep cara membuat tahu campur di bawah ini.

Bahan:

- 100 gram daging sapi atau cingur sapi (rebus hingga matang dan empuk)
- 4 buah tahu goreng (iris sesuai selera)
- Mie bihun secukupnya (rebus dan tiriskan)
- 100 gram taoge
- Daun selada secukupnya
- Kubis secukupnya (rebus dan tiriskan)
- Kentang goreng secukupnya

Bahan bumbu:

- 2 siung bawang putih
- 1 siung bawang merah
- 2 cm kunyit
- 2 cm jahe
- 2 buah kemiri
- Merica secukupnya
- Petis secukupnya

Bumbu Kasar

- 1 lembar daun salam
- 1 lembar daun jeruk
- 1 batang serai
- 3 cm laos
- Garam
- Gula

Cara membuat tahu campur:

  1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak kemudian beri air kira 2 gelas. Masukkan garam, gula, daun serai, laos dan daun jeruk. Masak hingga air mendidih. Masukkan daging atau cingur sampai matang dan mendidih hingga bumbu meresap.
  2. Siapkan mangkok atau piring untuk proses penyajian tahu campur. Letakkan petis di dasar mangkok atau piring.
    Tambahkan tahu, mie bihun, daun selada, kubis dan kentang goreng ke dalam mangkok lalu siram dengan kuah soto yang dibuat.
  3. Memasukkan daging atau cingurnya. Tambahkan bahan seperti sambal dan kerupuk udang di atasnya. Tahu campur siap disajikan.

Demikian resep cara membuat tahu dengan aneka pengolahannya. Apakah kamu termasuk pencinta olahan tahu? Menu tahu apa yang menjadi favoritmu? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar