Resep dan Cara Membuat Macaroon Cantik yang Berwarna-warni

Reporter : Riza Umami
Rabu, 15 Januari 2020 16:17
Resep dan Cara Membuat Macaroon Cantik yang Berwarna-warni
Mau buat macaroon sendiri di rumah? Coba resep berikut ini yuk untuk membuat macaroon cantik yang berwarna-warni.

Macaroon adalah kue cantik yang berasal dari Italia. Kue cantik berwarna-warni ini sudah banyak dijual di Indonesia. Bentuknya yang cantik dan rasanya yang manis dan renyah, menjadikan kue ini banyak disukai oleh orang-orang, terutama bagi para wanita.

Macaroon ini memiliki beraneka rasa seperti vanila, buah-buahan, cokelat, kelapa, dan lain sebagainya. Kalau kamu paling suka rasa yang mana? Kamu pun sebenarnya bisa membuat macaroon buatan sendiri di rumah. Tertarik untuk membuatnya? Berikut ini resep dan cara membuat macaroon.

1 dari 2 halaman

Bahan-bahan:
- Putih telur 3 butir
- Tepung almond 120 gr
- Icing sugar 2 sdm (untuk taburan)
- Gula 2 sdm
- Gula bubuk 200 gr
- Pewarna makanan, warna bisa sesuai selera

Bahan olesan:
- Cokelat putih 100 gr, dipotong-potong
- Krim kental 2 sdm
- Vanila bubuk 1 1/2 sdt

Cara membuat olesan macaroon:
- Siapkan panci berisi air sedikit saja, kemudian letakkan mangkuk di tengah panci (air jangan sampai melebihi tingginya mangkuk).
- Masukkan cokelat putih dan krim kental lalu masak menggunakan api kecil, pastikan adonan tersebut telah tercampur dengan rata.
- Lalu angkat dan diamkan sampai kental dan dingin. Bahan olesan pun siap digunakan.

2 dari 2 halaman

Cara membuat macaroon sederhana:

- Siapkan loyang yang diolesi dengan mentega tipis, tutup dengan kertas roti kemudian sisihkan.
- Selanjutnya kocok putih telur dengan kecepatan tinggi sampai lembut kemudian tambahkan gula kastor lalu kocok terus hingga gula larut dan lembut. Matikan mixer, kemudian tambahkan icing sugar dan juga tepung almond, aduk hingga merata dengan menggunakan spatula.
- Lalu pindahkan adonan ke dalam mangkuk yang lebih kecil, jika kamu ingin beberapa warna berbeda pada kue macaroon, maka adonan dibagi di dalam mangkok yang berbeda-beda sebanyak warna yang ingin dibuat.
- Tuangkan pewarna makanan yang sudah disiapkan sesuai selera ke dalam adonan di masing-masing mangkuk, kemudian aduk rata.
- Lalu masukan adonan dalam kantong kue bentuk segitiga, lubangi ujungnya lalu semprotkan adonan di atas loyang.
- Buatlah bulatan-bulatan yang sama, jangan lupa beri jarak sekitar 2 cm antar adonan agar saat adonan mengembang tidak saling menempel.
- Selanjutnya taburkan icing sugar di atas adonan, kemudian diamkan kurang lebih selama 15 hingga 20 menit.
- Lalu panggang adonan kue ke dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius kurang lebih selama 20 menit atau sampai matang. Lalu angkat, dinginkan kue macaroon.
- Terakhir oleskan satu bagian kue macaroon dengan bahan olesan yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian tutup kue macaroon yang memiliki warna sama. Bentuk sampai menyerupai burger.
- Macaroon siap disajikan dan dinikmati.

Itulah cara membuat macaroon. Bila mengalami kesulitan saat membuatnya, komen di bawah ini, ya.

Beri Komentar