Resep Cara Membuat Kimchi Sawi Putih, Timun, dan Lobak Khas Korea yang Praktis juga Halal

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 16 Januari 2020 11:45
Resep Cara Membuat Kimchi Sawi Putih, Timun, dan Lobak Khas Korea yang Praktis juga Halal
Kimchi merupakan makanan sejenis acar dengan bahan sayuran Korea yang difermentasi dan akhir-akhir ini digemari masyarakat Indonesia. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak resepnya dibawah ini!

Apakah kamu termasuk penggemar setia serial drama Korea Selatan? Kalau benar, kamu tentunya tidak asing dengan masakan fermentasi yang satu ini. Yap kimchi merupakan makanan yang sering muncul dalam adengan drama Korea yang menguras emosi.

Kimchi sendiri merupakan makanan sejenis acar dengan bahan sayuran Korea yang akhir-akhir ini digemari masyarakat Indonesia. Meskipun banyak jenis sayur yang bisa dijadikan kimchi seperti timun dan lobak, tetapi sawi putih tetap menjadi yang paling diminati.

Penasaran bagaimana cara membuat kimchi yang enak khas Korea? Langsung saja simak resep cara membuat kimchi di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 7 halaman

Cara Membuat Kimchi Sawi Putih

Ilustrasi Masakan KimchiIlustrasi Masakan Kimchi © Fimela.com

Dari semua sayur yang bisa dijadikan olahan kimchi, sawi putih merupakan bahan yang paling disukai oleh penikmat olahan ini. Langsung saja simak resep cara membuat kimchi dari sawi putih berikut ini.

Bahan utama:

- 2.7 kg sawi putih
- 72 gram garam kasar

Bahan bumbu:

- 2 gelas air
- 2 adm tepung beras
- 2 sdm gula halus
- 1/2 gelas bawang putih (haluskan)
- 2 sdt jahe (hancurkan)
- 1 bawang bombay ukuran sedang
- 1/2 gelas saus ikan
- 1/4 gelas udang fermentasi
- 2 gelas saus bubuk gochugaru (saus khas Korea, bisa diganti dengan cabai bubuk)

Bahan sayuran tambahan:

- 1 gelas wortel (potong tipis memanjang)
- 8 batang daun bawang

Cara membuat komchi sawi putih:

  1. Potong sawi menjadi empat bagian yang memanjang. Cuci bersih hingga pada sela-sela sawi yang sulit dijangkau. Oleskan garam secara merata di setiap lembar sawi kemudian diamkan selama 2 jam. Setelah selesai kemudian cuci sawi lagi hingga bersih.
  2. Buat saus dengan mencampurkan air dan tepung peras di wadah mangkuk atau baskom kemudian aduk hingga rata selama kira-kira 10 menit. Tambahkan gula lalu panaskan selama 1 menit. Diamkan sebentar lalu tambahkan bahan saus bumbu lainnya. Aduk saus bumbu hingga benar-benar rata.
  3. Masukkan sayur tambahan yang sudah dipotong dan dicuci ke dalam saus bumbu. Aduk hingga rata adonan saus dan sayuran tambahan tersebut.
  4. Ambil sawi yang sudah dicuci tadi. Oleskan saus bumbu di setiap lembar sawi secara merata. Simpan sawi yang sudah diolesi saus ke dalam wadah tertutup.
  5. Kamu bisa saja langsung menikmati kimchi tanpa menyimpannya terlebih dahulu. Tetapi, rasa khas sawi bisa didapatkan dengan memfermentasi sawi yang sudah diolesi saus bumbu dalam wadah tertutup dan membiarkannya selama 2-3 hari dalam suhu ruang.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Kimchi Korea

Ilustrasi Masakan KimchiIlustrasi Masakan Kimchi © Fimela.com

Sudah tahu bukan kalau memang olahan ini lebih dikenal sebagai masakan khas Korea? Yap jika kamu penasaran bagaimana proses pembuatannya, langsung saja simak resep selengkapnya berikut ini dalam cara membuat kimchi Korea.

Bahan:

- 4 buah sawi putih ukuran besar
- 60 gram garam kasar
- 2 sdm tepung beras
- 2 adm gula pasir
- 24 siung bawang putih (cacah halus)
- 2 adt jahe parut
- 1 buah bawang bombai (iris tipis)
- 220 gram cabai bubuk
- 120 ml cangkir kecap asin
- 480 ml air

Bahan sayuran pelengkap:

- 1 buah bawang bombai
- 1 buah lobak
- 1 buah wortel
- 8 batang daun bawang

Cara membuat kimchi korea:

  1. Belah sawi putih menjadi dua bagian kemudian cuci hingga benar-benar bersih. Taburi sawi yang telah dicuci dengan garam kasar hingga merata.
  2. Taburkan garam pada setiap helai daun sawi agar rasa asin dapat menyebar sempurna. Diamkan sawi selama dua jam, jangan lupa bolak-balik sawi setiap 30 menit sekali. Cuci kembali sawi yang telah berubah layu dengan air bersih sampai sisa-sisa garam hilang kemudian tiriskan.
  3. Buat pasta cabai dengan merebus tepung beras dengan air sampai mengental. Tambahkan gula pasir dan aduk-aduk kembali hingga adonan mendidih. Angkat dan dinginkan hingga mencapai suhu ruangan.
  4. Campur adonan dengan bawang putih, jahe, dan cabai bubuk kemudian aduk hingga semua bahan benar-benar tercampur merata. Iris tipis semua sayuran pelengkap seperti bawang bombai, lobak, wortel, dan daun daun bawang lalu campur semua sayur dengan pasta cabai.
  5. Lumuri sawi dengan campuran sayur dan pasta cabai sampai semua bagian sawi berwarna merah terang. Masukkan kimchi mentah ke dalam wadah kedap udara lalu diamkan selama dua hari setelah itu baru bisa kamu konsumsi sebagai makanan pendamping. 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Kimchi Halal

Ilustrasi Masakan KimchiIlustrasi Masakan Kimchi © Rawpixel.com

Kebanyakan makanan khas Korea mengandung minyak babi yang sebagian orang menghindarinya. Jangan khawatir karena kamu juga bisa menikmati olahan makanan khas Korea ini dengan pengolahan dan bahan yang halal kok. Langsung saja simak resep cara membuat kimchi halal berikut ini.

Bahan:

- 3 batang bawang perai
- 2 kg sawi putih
- 1 buah bawang bombay ukuran besar
- 3 sdm garam
- 200 gram gochugaru (dapat diganti cabai bubuk lokal)
- 100 ml kecap ikan
- 10 siung bawang putih
- 4 sdm gula pasir
- 1/2 ruas jahe
- Wijen secukupnya

Cara membuat kimchi halal:

  1. Cuci bersih semua sawi putih lalu iris seukuran satu suapan atau sesuai selera. Taburi dengan garam dan remas-remas hingga seluruh bagian sawi terbumbui hingga merata. Diamkan sawi selama 1 jam hingga layu. Bolak-balik sawi setiap 30 menit sekali. Setelah 1 jam, buang air yang keluar dari sawi dan cuci bersih. Tiriskan sawi sampai benar-benar kering.
  2. Campur semua bumbu dan aduk rata. Iris tipis-tipis daun bawang dan bawang bombay. Kemudian campur dengan sawi putih dan semua bumbu yang ada. Tambahkan garam, kecap ikan, atau gula sesuai selera. Setelah dirasa semua bumbu sudah pas, taburi kimchi dengan wijen.

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Kimchi Praktis

Ilustrasi Masakan KimchiIlustrasi Masakan Kimchi © Fimela.com

Proses pembuatan kimchi ini terbilang cukup sederhana dan mudah untuk dipraktikkan sendiri di rumah. Berikut Diadona ulas dalam resep cara membuat kimchi yang praktis.

Bahan:

- 1 buah sawi putih (cuci bersih)
- 1 buah wortel ukuran besar (iris korek api)
- 2 buah daun bawang
- Garam secukupnya

Bahan bumbu:

- 4 siung bawang putih
- 5 sdm cabai bubuk
- 1 sdm saus tiram
- 2 cm jahe (parut)
- 2 sdm tepung terigu
- 1/2 buah bawang bombay
- 1 sendok makan udang ebi
- Air secukupnya

Cara membuat kimchi praktis:

  1. Potong-potong sawi dan beri garam secukupnya. Pastikan semua bagian terkena garam hingga ke sela-sela yang sulit dijangkau. Diamkan sawi selama 2 jam. Kamu juga bisa melarutkan garam dengan air secukupnya dan rendam sawi di dalam air garam. Proses pengasinan ini akan membuat sawi awet tahan lama.
  2. Haluskan bahan bawang putih, bawang bombay, dan ebi kemudian larutkan dengan air. Panaskan air dan masukkan tepung terigu. Aduk hingga menjadi bubur atau pasta. Campurkan dengan saus tiram, jahe dan cabai bubuk. Campurkan bumbu cabai ke dalam sawi dan wortel kemudian aduk rata. Kimchi siap untuk dimakan.

5 dari 7 halaman

Cara Membuat Kimchi ala Indonesia

Ilustrasi Masakan KimchiIlustrasi Masakan Kimchi © Fimela.com

Jika kamu susah mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan, kamu juga bisa membuat kimchi lokal Indonesia. Yuk simak resep cara membuat kimchi ala Indonesia dari bahan lokal.

Bahan:

- 800 gram sawi putih (cuci bersih dan potong)
- 200 gram wortel (potong stik korek)
- 150 gram bawang bombay
- 30 gram bawang putih
- 3 sdm cabai bubuk (bisa sesuai selera)
- 1 ruas jahe
- 3 batang daun bawang (potong-potong)
- 3 sdm kecap ikan
- 2 sdm saus tiram
- 70 gram garam kasar

Larutan tepung ketan:

- 2 sdm munjung tepung ketan
- 1/2 sdm gula pasir
- 1 gelas air

Cara membuat kimchi ala Indonesia:

  1. Siapkan potongan sawi yang sudah ditaburi garam hingga ke lipatannya yang sulit dijangkau. Diamkan sawi selama 2 jam hingga layu. Cuci bersih dan tiriskan.
  2. Cincang bawang putih, bawang bombay, dan jahe. Masuk larutan ketan dengan api kecil hingga kental lalu dinginkan. Campur bubur ketan, cabai bubuk, bumbu cincang, kecap ikan dan saus tiram lalu aduk rata.
  3. Masukkan wortel dan daun bawang lalu aduk rata. Lumuri bumbu pada sawi hingga benar-benar merata. Masukkan dalam stoples kaca kedap udara atau wadag tertutup. Fermentasikan dalam waktu 2 x 24 jam.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Kimchi Timun

Ilustrasi Masakan Kimchi TimunIlustrasi Masakan Kimchi Timun © Fimela.com

Timun merupakan bahan sayuran yang juga bisa diolah menjadi kimchi. Rasanya juga tidak kalah nikmat dari sawi putih. Simak resep selengkapnya cara membuat kimchi timun di bawah ini.

Bahan:

- 4 buah timun ukuran kecil
- 1 siung bawang putih (geprek dan cincang halus)
- 1 butir bawang bombay (iris halus)
- 2 sdm kecap ikan
- 2 sdm bubuk cabai
- 2 batang kucai (iris)
- Gula dan garam sesuai selera
- Biji wijen sangrai secukupnya

Cara membuat kimchi timun:

  1. Potong timun menjadi empat bagian. Baluri dengan garam dan diamkan selama 2 jam. Cuci besih timun dan campur semua bahan bumbu menjadi satu lalu aduk rata.
  2. Masukkan timun dalam bumbu kemudian aduk rata. Kimchi timun bisa langsung dinikmati atau difermentasikan dengan disimpan di dalam kulkas lebih dahulu.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Kimchi Lobak

Ilustrasi Masakan Kimchi LobakIlustrasi Masakan Kimchi Lobak © Fimela.com

Lobak juga bisa menjadi pilihan sayuran olahan kimchi selain sawi putih dan timun. Langsung saja simak resep selengkapnya dalam cara membuat kimchi lobak di bawah ini.

Bahan:

- 1 buah lobak putih
- 2 siung bawang putih
- 1/2 sdt garam
- 1/2 ruas jahe
- 1 sdm gula
- Cabai bubuk secukupnya

Cara membuat kimchi lobak:

  1. Kupas dan cuci lobak kemudian potong dadu. Tambahkan gula dan garam lalu aduk rata. Diamkan lobak selama 30 menit dan lakukan tahap aduk setiap 10 menit sekali.
  2. Campur lobak dengan bahan cincangan jahe, bawang putih cincang, dan cabai bubuk. Diamkan di suhu ruang satu sampai dua hari. Masukkan ke lemari es.

Itulah berbagai resep cara membuat kimchi yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Kalau kamu lebih suka olahan kimchi apa? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar