Intip Rahasia Orang Tua yang Berhasil Membesarkan Anak Sukses

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 4 Januari 2021 07:37
Intip Rahasia Orang Tua yang Berhasil Membesarkan Anak Sukses
Mau tahu gimana caranya? Yuk, kita intip tipsnya!

Siapa sih yang nggak ingin punya anak yang sukses di masa depan? Sukses dan bahagia dalam kehidupan adalah harapan semua orang tua untuk anak-anak mereka.

Nggak heran kalau banyak orang tua yang berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Kita tentu ingin berhasil mewujudkan harapan tersebut dan menjadi orang tua yang baik bagi anak.

Sementara itu, dilansir dari Times of India, anak-anak yang sukses dan tangguh ternyata mendapatkan hal tersebut dari rasa percaya diri yang mereka miliki. Punya sikap yang baik dan masa kecil yang bahagia juga menjadi beberapa faktor yang memengaruhi kesuksesan seorang anak.

Mungkin setiap orang tua punya cara mereka sendiri dalam mendidik anak-anak mereka. Tapi Times of India memberikan beberapa rekomendasi yang diambil dari psikolog dan pakar anak tentang rahasia keberhasilan orang tua dalam membesarkan anak sukses. Berikut beberapa di antaranya.

1 dari 5 halaman

Orang tua memberi perhatian pada anak

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Anak akan merasa dihargai jika kita menunjukkan perhatian pada mereka. Dari hal sederhana ini, anak akan belajar tentang rasa percaya diri dan menjadi lebih pintar.

Pastikan kita selalu memberikan perhatian pada anak tentang sekolah hingga kegemaran mereka. Jadilah orang tua yang terbuka dan siap mendengarkan cerita anak tentang kehidupannya.

2 dari 5 halaman

Mengakui perasaan anak

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Semua emosi yang ditunjukkan oleh seseorang adalah hal yang baik. Entah itu dalam bentuk kemarahan, tangisan, kesedihan, hingga kebahagiaan adalah hal umum yang dirasakan oleh semua orang.

Dorong anak untuk melampiaskan perasan mereka daripada memendamnya. Saat kita bisa mengakui perasan anak, mereka akan belajar untuk merasa lebih percaya diri dan berani.

3 dari 5 halaman

Memuji anak dengan positif

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Siapa sih yang nggak suka mendapatkan pujian? Setiap anak akan merasa dihargai saat mendapatkan pujian dari orang tuanya.

Berikan pujian pada kelebihan anak sesering mungkin untuk membuat mereka merasa termotivasi. Tapi selalu ingat untuk nggak terlalu berlebihan dalam memuji dengan mengatakan kebohongan ya, Moms!

4 dari 5 halaman

Batasi waktu penggunaan gadget

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Perkembangan teknologi selalu memberikan dampak positif dan negatif pada masyarakat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TV dan gadget ternyata berkaitan dengan berkurangnya kebahagiaan.

Akan lebih baik jika kita mendorong anak untuk melakukan kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas mereka. Selain itu berikan anak lebih banyak waktu untuk bermain tanpa menggunakan gadget.

5 dari 5 halaman

Sering mengungkapkan cinta pada anak

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Perasaan sayang orang tua pada anak-anaknya tentu nggak perlu diragukan lagi. Tapi layaknya dengan pasangan, bagaimana anak bisa mengetahui hal itu jika kita nggak mengatakan langsung padanya?

Jangan lupa untuk sering mengatakan cinta pada anak-anak. Kalimat positif dan rasa syukur bisa membentuk anak menjadi individu yang lebih pintar dan bahagia.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

 

Beri Komentar