Ayo Bikin Resolusi Tahun Baru Bersama Anak dengan Cara Ini!

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 1 Januari 2021 07:37
Ayo Bikin Resolusi Tahun Baru Bersama Anak dengan Cara Ini!
Ayo ajarkan anak membuat resolusi tahun baru!

Banyak orang menyebut tahun baru sebagai waktu yang tepat untuk menjadi diri yang baru. Di momen pergantian tahun, banyak dari kita yang melakukan evaluasi terhadap diri sendiri, berharap menjadi lebih baik di tahun berikutnya, dan menuliskan harapan serta tujuan yang ingin dicapai di tahun depan.

Hal ini kemudian sering disebut dengan istilah resolusi tahun baru. Beberapa di antara kita bahkan menuliskannya dan menempelkannya agar nggak lupa dengan tujuan kita di tahun yang baru.

Tapi sebenarnya kegiatan membuat resolusi tahun baru ini nggak hanya bisa dilakukan orang dewasa aja lho. Anak-anak juga pasti akan sangat senang diajak membuat resolusi tahun baru.

1 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Dilansir dari Mom.com, biarkan anak kita membuat resolusi yang penting bagi mereka. Sebagai orang tua, kita mungkin punya harapan untuk anak di masa depan.

Tapi hal itu bisa jadi bukan hal yang diinginkan oleh anak. Makanya jika anak sudah cukup besar, sebaiknya kita membiarkannya agar mereka bisa menemukan solusi atau tujuan untuk dikerjakan.

Resolusi yang dibuat sendiri cenderung akan membuat anak lebih ingin mencapai tujuan tersebut. Mereka akan dengan senang hati menerapkan perubahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

2 dari 4 halaman

Meski begitu, kita juga harus mengingatkan anak bahwa awal tahun bukan satu-satunya momen untuk menerapkan perubahan dalam hidup. Pastikan mereka memahami hal itu dan jelaskan bahwa anak tetap bisa membuat tujuan baru terlepas dari tanggal di kalender.

Hal terpenting dari resolusi tahun baru adalah membantu memperbaiki diri. Berikut beberapa resolusi tahun baru yang bisa kita sarankan pada anak.

3 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

1. Resolusi seputar makan sehat

Berusaha untuk makan dengan benar akan membuat anak lebih baik secara fisik. Hal ini juga membantu mencegah lelah dan sakit di masa depan.

2. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan mungkin terlalu membosankan bagi anak. Namun, kita bisa menjelaskan pada anak bahwa menjaga ruangan tetap rapi dan bersih bisa membantu mereka untuk fokus dan punya mood yang lebih bagus.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

3. Rukun dengan saudara

Resolusi ini bisa menciptakan rasa damai dan ketenangan di rumah. Membuat resolusi bersama dengan semua anggota keluarga akan menjadi kenangan yang sangat menyenangkan.

4. Resolusi keluarga

Nggak hanya resolusi individu, resolusi keluarga juga bisa kita buat bersama. Selain membuat peraturan untuk dipatuhi, kita juga bisa membuat misi serta mencari cara untuk meningkatkan komunikasi bersama keluarga.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms!

Beri Komentar