Ini Kesalahan Paling Sering Waktu Membuat Sufor untuk Si Kecil

Reporter : Riza Umami
Rabu, 16 Februari 2022 22:17
Ini Kesalahan Paling Sering Waktu Membuat Sufor untuk Si Kecil
Apa ya Mom kira-kira?

Sufor alias susu formula adalah susu pengganti yang bisa ibu berikan untuk anak dengan berkonsultasi dahulu kepada dokter. Memang terkadang, ada ibu yang ASI-nya tidak bancar, harus bekerja atau alasan lain yang menyebabkan Mom tak bisa menyusui anak secara langsung.

Saat dalam kondisi seperti itu, biasanya anak akan diberikan sufor untuk memenuhi kebutuhan gizinya yang penting untuk tumbuh kembang anak. Namun, menyiapkan sufor ini  sebenarnya memang lebih ribet dibandingkan menyusui anak secara langsung.

1 dari 4 halaman

Memang ada beberapa aturan dalam menyeduh sufor untuk si kecil. Ada pula beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh ibu saat membuat sufor terutama untuk ibu baru. Kira-kira apa saja ya kesalahan yang sering dilakukan ibu saat bikin sufor untuk si kecil?

Ilustrasi Bayi Minum Susu © Diadona

2 dari 4 halaman

Yang pertama yaitu tidak memakai air panas. Padahal, air panas ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang mungkin ada dalam air tersebut. Sejumlah ibu menggunakan air dari dispenser yang tidak diketahui apakah benar-benar steril dari bakteri atau tidak.

Dilansir dari laman alodokter.com, suhu air yang digunakan untuk membuat sufor ini idealnya sekitar 70 derajat celsius. Namun, ibu perlu memperhatikan petunjuk pembuatan pada kemasan karena beda merek biasanya aturannya ada yang berbeda.

3 dari 4 halaman

ilustrasi bayi minum susu © Diadona

Yang kedua memasukkan susu tidak sesuai takaran baik lebih atau kurang. Sejumlah orang tua mungkin beranggapan kalau susunya dibanyakin malah bisa bikin bayi kenyang. Padahal, hal ini bisa membuat si kecil jadi dehidrasi dan susah buang air besar.

4 dari 4 halaman

Sebaliknya, kalau takarannya kurang karena mungkin mau berhemat, hal ini bisa membuat si kecil jadi kekurangan nutrisi yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu, takarannya harus pas sesuai petunjuk pada kemasan.

Yang terakhir yaitu memasukkan susu dulu sebelum air. Hal ini bisa membuat takarannya jadi kurang sesuai karena cara yang tepat yaitu memasukkan air sesuai takaran, kemudian baru memasukkan susu formulanya.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang tua waktu bikin sufor untuk si kecil. Kalau Mom pernah ngelakuin kesalahan yang mana nih?

Beri Komentar