Nama 25 Nabi secara Berurutan beserta Garis Keturunannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 23 Februari 2022 21:55
Nama 25 Nabi secara Berurutan beserta Garis Keturunannya
Apakah kamu mengetahui nama 25 nabi secara berurutan dan garis keturunan mereka?

Ada nama 25 nabi dan rasul dalam Islam yang telah diketahui secara umum. Namun sebenarnya literatur menyebut ada 1setidaknya ada ratusan ribu nabi dan lebih dari 2300 rasul. Jumlah pasinya belum tak diketahui.

Al-Qur'an menyebut ada nama 25 nabi dan rasul yang wajib diimani. Nabi dan Rasul dipilih oleh Allah untuk menyebarkan agama Islam yang mereka bawa. Dengan tugas yang sedemikian berat, nabi dan rasul memiliki sifat wajib dan sifat yang mustahil atau tak mungkin dimiliki berikut:

  • Benar/Jujur atau shidiq dan tidak mungkin suka bohong
  • Dapat dipercaya atau amanah serta nggak mungkin berkhianat
  • Menyampaikan perintah dan larangan atau tabligh dan tidak mungkin menyembunyikanya
  • Cerdas atau fathonah dan tidak mungkin pelupa atau ghoflatun.

Dan berikut ini nama 25 nabi dan rasul secara berurutan beserta kisahnya.

1 dari 5 halaman

Nama 25 Nabi dan Rasul secara Berurutan © Diadona

1. Nabi Adam

Merupakan nabi pertama dalam nama 25 nabi dan rasul secara berurutan. Sehingga Nabi Adam diciptakan langsung oleh tangan Allah dari tanah liat dan jiwanya langsung ditiupkan oleh Yang Mahakuasa sendiri.

2. Nabi Idris

Merupakan nabi kedua dalam nama 25 nabi dan rasul secara berurutan namun keturunan ke enam dari Nabi Adam as. Nabi Idris AS adalah keturunan Nabi Adam dari putranya Qabil dan Iqlima. Semasa hidupnya, Nabi Idris pernah mengintip neraka dan surga sebelum kematian menjemput.
Gari sketurunan Nabi Idris adalah : Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.

3. Nabi Nuh

Nabi Nuh adalah keturunan kesembilan dari Nabi Adam AS dan merupakan cucu dari Nabi Idris. Garis keturunannya yakni Adam As ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Menurut beberapa sumber, Nabi Nuh memiliki nama asli Abdul Ghaffar atau Yasykur. Dalam kisah nama 25 nabi, Nabi Nuh dikenal dengan mukjizat bisa membangun kapal yang berhasil menyelamatkan beliau saat banjir akibat azab dari Allah.

4. Nabi Hud

Adalah nabi keempat dalama nama 25 nabi dan rasul secara berurutan. Nabi Hud AS adalah keturunan Sam bin Nuh dengan nama Hud bin 'Abdullah bin Rabbah bin Al-Jarud bin 'Ad bin Us/Aush bin Aram/Iram bin Sem/Sam bin Nuh.
Sama halnya dengan kisah Nabi Nuh, kaum Aad yang hidup di masa Nabi Hud yang tak mau beriman kepada Allah ditimpa adzab berupa kekeringan. Nabi Hud mendapatkan mukjizat dapat menurunkan atas seizin Allah.

5. Nabi Shaleh

Mukjizat nabi Hud adalah lahirnya unta betina dari bongkahan batu gunung. Tapi alih-alih percaya dengan kebesaran Allah, kaum Nabi Shaleh malah membunuh unta betina tersebut.

2 dari 5 halaman

Nama 25 Nabi dan Rasul secara Berurutan © Diadona

6. Nabi Ibrahim

Diantara nama 25 nabi, Nabi Ibrahim dikenal sebagai bapak para Nabi. Kenapa? Karena merupakan bapak dari Nabi Ismail yang menjadi garis keturunan Nabi Muhammad dan Nabi Iskak yang kelak akan melahirkan Nabi Yakub. Dalam nama 25 nabi dan rasul secara berurutan, nabi Ibrahim adalah nabi ke-enam.

7. Nabi Luth

Secara silsilah, Nabi Luth adalah anak keponakan dari Nabi Ibrahim. Ayahnya bernama Haran bin Thareh dalah saudara kandung dari Ibrahim. Nabi Luth diutus oleh Allah untuk menyadarkan kaum Sodom yang melakukan kebiasaan berhubungan sesama jenis.

8. Nabi Ismail

Dalam kisah nama 25 nabi, nabi Ismail memiliki mukjizat yang bisa kita lihat hingga saat ini, yakni keberadaan sumur ZamZam. Nabi Isamil adalah anak dari dari Nabi Ibrahim dengan istrinya Siti Hajar.

9. Nabi Ishaq

Nabi Ishaq juga merupakan anak Nabi Ibrahim as. namun dari istrnbya yang bernama siti Sarah. Dalam kisah nama 25 nabi, beliau dikenal dengan ilmu dan akhlak yang tinggi. Ditambah, kesalehan beliau mendapatkan pujian langsung dari Allah SWT.

10. Nabi Ya'qub

Dalam nama 25 nabi dan rasul secara berurutan, Nabi Yaqub berada dalam urutan ke sepuluh. Beliau adalah cucu dari Nabi Ibrahim dan putra yakni Nabi Ishak.
Dari Nabi Yaqub, kita bisa melihat teladan sikap seorang ayah yang tidak membeda-bedakan anaknya dan memberikan maaf saat mereka salah. Nabi Ayub juga memberikan telada tentang kerukunan dalam bersaudara.

3 dari 5 halaman

Nama 25 Nabi dan Rasul secara Berurutan © Diadona

11. Nabi Yusuf

Nabi Yusuf adalah putra dari Nabi Takub. Nabi Yusuf termasyhur dengan ketampanannya. Namun tahukan kamu kalau Nabi Muhammad ternyata dikaruniai ketampanan yang jauh lebih banyak. Hanya saja, Allah menurunkan 10 tirai untuk menutupi tampannya nabi Muhammad dan membuka satu tirainya di dunia.

12. Nabi Ayyub

Beliau adalah Ayyub bin Mush bin Razah bin Al-‘Ish bin Ishaq bin Ibrahim Al-Khalil. Sementara itu dikutip dari Umma, ibu dari Nabi Ayyub adalah puteri Nabi Luth ‘alaihis salam. Dalam nama 25 nabi dan rasul secara berurutan, nabi Ayyub berada di urutan 12.
Mempelajari kisah nabi Ayyub dalam 25 kisah nabi mengajarkan kita betapa ikhlasnya beliau atas ujian yang diberikan Allah. Penyait kulit yang menyedihkan, kehilangan 12 anak serta hilangnya harta benda masih membuat beliau merasa malu untuk meminta kepada Allah.

13. Nabi Syuaib

Nabi Syuaib adalah keturunan Nabi Ibrahim dengan garis keturunan sebagai berikut:
Ibrahim As. ⇒ Madyan ⇒ Yasyjur ⇒ Mikail ⇒ Syu’aib As.
Nabi Syu'aib AS adalah nabi yang mendapat julukan Khatib al-Anbiya atau juru bicara para Nabi. Sebab beliau dikenal memiliki argumen yang jelas dan mudah dipahami. Seluruh perkataannya memiliki dasar dan arah tujuan.

14. Nabi Musa

Diantara 25 nabi, nabi Musa lah yang paling banyak disebut dalam Al-Quran yakni sebanyak 136 kali. Nabi Musa merupakan keturunan Nabi Ya'qub as. dengan garis :
Ya’qub As. ⇒ Lawi ⇒ Azar ⇒ Qahats ⇒ Imran ⇒ Musa As.

15. Nabi Harun

Nabi Harun dikenal sebagai kakak sekaligus teman Nabi Musa yang setia. Dalam nama 25 nabi dan rasul secara berurutan, nabi Harun berada dalam urutan ke-15. Berbeda dari Nabi Musa yang tegas dan pemberani, Nabi Harun dituding lemah namun sangat fasih dalam berbicara.

4 dari 5 halaman

Nama 25 Nabi dan Rasul secara Berurutan © Diadona

16. Nabi Dzulkifli

Nama asli nabi Dzulkifli adalah Basyar. Beliau adalah anak dari Nabi Ayyub as dan nabi ke-16 dalam nama 25 nabi dan rasul secara berurutan.
Dia diangkat sebagai seorang raja setelah menang dalam sebuah sayembara yang syaratnya yaitu orang yang sabar, bertakwa, berpuasa di siang hari dan beribadah di malam hari serta nggak marah. Dan nama Dzulkifli berarti orang yang sanggup

17. Nabi Daud

Beragam kisah nama 25 nabi menyebut bahwa Nabi Daud punya suara yang merdu, yang membuat gunung dan burung ikut bertasbih bersamanya.

18. Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman adalah anak dari Nabi Daud as dan merupakana nabi ke-18 dalam nama 25 nabi dan rasul secara berurutan. Nabi Sulaiman dikisahkan bisa berbicara dengan hewan dan memimpin jin. Beliau juga disebut punya banyak istri.

19. Nabi Ilyas

Nabi Ilyas adalah keturunan keempat nabi Harun as. Nama lengkapnya yakni nama lengkap Ilyas bin Finhash bin Azar bin Harun bin Imran bin Qahits bin Aziz bin Laway bin Ya’kub bin Ishaq bin Ibrahim.

20. Nabi Ilyasa

Adalah nabi ke-20 dalam nama 25 nabi dan rasul secara berurutan. Nabi Iyasa as. adalah keturunan Nabi Yusuf. Setelah ajaran nabi Ilyasa tak diindahkan oleh Bani Israil dengan terus menyembah berhala, Allah menimpakan adzab kepada mereka. Satu persatu, penduduk meninggal lantaran tak kuat menahan derita hingga cuman bersisa Nabi Ilyasa dan pengikutnya.

5 dari 5 halaman

25 Nama-nama Nabi dan Rosul © Diadona

21. Nabi Yunus

Nabi Yunus adalah nabi ke-21 dalam nama 25 nabi dan rasul secara berurutan. Nabi Yunus adalah keturunan nabi Yusuf dengan garis seperti berikut: Yusuf As. ⇒ Bunyamin ⇒ Abumatta ⇒ Matta ⇒ Yunus As.

22. Nabi Zakaria

Nabi Zakaria AS adalah sosok yang menjaga, mengasuh, dan merawat Maryam (Ibunda Nabi Isa AS). Nabi Zakaria adalah keturunan dari Nabi Sulaiman As.

23. Nabi Yahya

Merupakan putra dari Nabi Zakaria dan merupakan nabi ke-23.

24. Nabi Isa

Nabi Isa dikenal dengan gelar Ulul Azmi dengan daftar mukjizat yakni:

  • Dapat berbicara semenjak bayi
  • Membuat burung dari tanah liat
  • Menyembuhkan penyakit vertigo
  • Menghidupkan kembali orang mati
  • Menyembuhkan orang buta
  • Lahir tanpa seorang ayah
  • Diangkat ke langit oleh Allah

25. Nabi Muhammad

Diantara nama 25 nabi mungkin kamu paling sering mendengar kisah beliau. Al Hafiz Ibnu Katsir dalam Sirah Nabi Muhammad SAW menyebutkan beberapa keistimewaan Rasulullah SAW dibanding utusan yang lain, yakni:

Dari Jabir ibn Abdullah berkata, “ Rasulullah bersabda, “ Aku telah diberi lima perkara yang tidak diberikan kepada seorang Nabi pun sebelumku: (
1) aku ditolong dengan rasa takut yang menghinggapi musuh-musuhku dari jarak sebulan perjalanan,
(2) bumi ini dijadikan bagiku sebagai tempat sujud dan alat bersuci, maka di mana saja seseorang dari umatku mendapati waktu shalat telah tiba, hendaklah dia mengerjakannya,
(3) dihalalkan bagiku harta rampasan perang yang belum pernah dihalalkan bagi seorang Nabi pun sebelumku,
(4) diberikan kepadaku hak untuk memberikan syafaat, dan
(5) dahulu para Nabi diutus hanya kepada kaumnya saja, sedangkan aku diutus kepada seluruh manusia.” (HR Bukhari).

Sudahkah kamu menghafal nama 25 nabi dan rasul secara berurutan?

Beri Komentar