Moms, Jangan Lakukan Hal ini Agar Si Kecil Tidak Trauma dan Takut Saat Disunat!

Reporter : Kurnia
Sabtu, 19 Februari 2022 10:56
Moms, Jangan Lakukan Hal ini Agar Si Kecil Tidak Trauma dan Takut Saat Disunat!
sering dilakukan orang tua pada anak-anaknya, jangan lakukan lagi ya, Moms!

Sunat bagi sebagian anak-anak laki-laki menjadi hal yang menakutkan bahkan meninggalkan trauma yang mendalam.

Mengapa demikian?

1 dari 4 halaman

Jadi begini Moms, karena tidak sedikit anak laki-laki yang merasa trauma bahkan takut saat disunat itu karena persepsi disunat yang menyakitkan loh. Bukan karena rasa sakit yang dirasakan setelah sunat.

Jika begini, apakah ada yang bisa dilakukan Moms dan Daddy untuk meminimalkan ketakutan yang bisa berujung trauma pada si kecil?

2 dari 4 halaman

Menurunkan Presepsi Negatif

Ilustrasi Anak Laki-Laki Menangis © Diadona

Dikutip dari laman Liputan6.com, seorang ahli psikolog memberikan tips pada orang tua agar tidak menukan hal-hal yang justru membuat anak-anak merasa takut dan trauma.

" Persiapkan anak. Ingat rasa sakit dipengaruhi persepsi. Jadi, kalau mau membantu anak, usahakan agar dia tidak menambah persepsi negatifnya," ungkap seorang psikologi anak, Firesta Farizal MPsi.

3 dari 4 halaman

Jangan Berbohong

Nggak cuma itu Moms, psikolog anak tersebut juga mengingatkan agar tidak menambah persepsi negatif anak soal sunat yang menimbulkan rasa sakit.

Pastikan jangan membohongi anak soal sunat karena faktor psikologis yang terlibat bisa memperparah rasa sakit dan itulah yang akan memunculkan trauma pada si kecil loh. Jadi, Moms perlu membantu anak agar faktor psikologis dan persepsi negatif ini tak semakin parah.

" Anak jangan dibohongi. Orang tua harus menjadi figur yang harus dipercaya oleh anak. Kalau terus berlanjut dibohongi, anak bisa berkembang menjadi mudah cemas, takut, gangguan kecemasan, anak tidak lagi percaya dengan orangtua, menarik diri," lanjut Firesta.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar