7 Cara Agar Tidak Kecanduan Gadget yang Menyenangkan dan Efektif

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 12 September 2022 12:00
7 Cara Agar Tidak Kecanduan Gadget yang Menyenangkan dan Efektif
Hayo sudah banyak yang ketagihan ya?

Cara agar tidak kecanduan gadget mungkin adalah hal yang cukup banyak dicari orang. Gadget atau handphone sendiri memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari manusia. Baik itu anak-anak, remaja, bahkan orang tua sekalipun.

Banyak dari kita yang secara tidak langsung telah kecanduan bermain gadget. Menghabiskan waktu seharian dengan bermain handphone bukan hal yang sulit lagi sekarang. Karena itu jugalah mau nggak mau banyak yang mencari cara agar tidak kecanduan gadget lagi.

Sudah banyak sekali artikel yang membahas dampak buruk kecanduan gadget. Baik itu dari sisi kesehatan atau pun mental. Lalu, bagaimana cara agar tidak kecanduan gadget? Hal apa saja yang bisa kita lakukan? Berikut ini adalah beberapa caranya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

1. Perbanyak Sosialisasi

Cara Agar Tidak Kecanduan Gadget © Diadona

Cara agar tidak kecanduan gadget yang pertama adalah bersosialisasi dengan teman-teman atau orang sekitar dengan lebih intens. Janganbiarkan dirimu menikmati waktu sendiri dalam waktu yang cukup lama.

Misalnya, kamu bisa merencanakan untuk liburan akhir pekan bersama. Lalu, kamu juga bisa memperbanyak waktu ngobrol dan menjauhkan gadget saat bertemu dengan orang-orang terdekatmu.

2 dari 7 halaman

2. Batasi Penggunaan Aplikasi

Cara Agar Tidak Kecanduan Gadget © Diadona

Cara agar tidak kecanduan gadget memang tidak bisa terjadi secara instan. Langkah yang paling bijak untuk dilakukan adalah mengurangi penggunakan secara perlahan dan kontinu.

Gal ini bisa dimulai dengan membatasi penggunakan aplikasi-aplikasi yang membuat kamu kecanduan seperti sosial media, game, dan lain-lain. Coba deh lakukan kalau nggak percaya hehehe.

3 dari 7 halaman

3. Hapus Aplikasi

Cara Agar Tidak Kecanduan Gadget © Diadona

Selain membatasi aplikasi kamu juga bisa menghapus aplikasi yang membuat kamu ketagihan bermain gadget. Ini mungkin adalah langkah konkret jika kamu memang benar-benar ingin tidak kecanduan. Tentunya jangan lupa untuk tidak terlalu sering bermain handphone.

4 dari 7 halaman

4. Lebih banyak Aktivitas Fisik

Cara Agar Tidak Kecanduan Gadget © Diadona

Cara agar tidak kecanduan gadget selanjutnya adalah memperbanyak aktivitas secara fisik dan banyak gerak. Ini bisa kamu lakukan dengan olahraga, atau menjalankan hobi kamu yang lain selain bermain gadget.

5 dari 7 halaman

5. Tentukan Area Bebas Gadget

Cara Agar Tidak Kecanduan Gadget © Diadona

Lanjut untuk cara agar tidak kecanduan gadget yang selanjutnya adalah dengan menetukan area bebas gadget. Misal, kamu bisa membuat peraturan sendiri, misalnya tidak menggunakan gadget ketika berada di kamar mandi, dapur, atau kamar tidur.

6 dari 7 halaman

6. Matikan Gadget sebelum Tidur

Cara Agar Tidak Kecanduan Gadget © Diadona

Cara agar tidak kecanduan gadget yang nggak kalah efektif lainnya adalah dengan mematikan gadget sebelum tidur. Dalam waktu 30-60 menit sebelum tidur kamu bisa mematikan handphone kamu terlebih dahulu.

Ini akan membuat kamu tidur lenih cepat dan lelap. tentunya tidur akan lebih berkualitas kemudian tubuh dan pikiran akan menjadi lebih segar.

7 dari 7 halaman

7. Tegas dan Konsisten

Cara Agar Tidak Kecanduan Gadget © Diadona

Semua cara agar tidak kecanduan gadget di atas harus kamu lakukan dengan tegas dan konsisten. Ini adalah harga yang sudah tidak bisa di tawar lagi, mau tidak mau harus dilakukan.

Jadi, itulah beberapa cara agar tidak kecanduan gadet yang bisa kamu lakukan. Semua cara ini tergolong menyenangkan dan efektif kok. Kamu bisa melakukannya dengan perlahan-lahankok, Diazens!

Beri Komentar