Sering Bikin Gak Pede, Cabut Uban Ternyata Gak Baik Buat Kesehatan!

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 3 September 2022 12:03
Sering Bikin Gak Pede, Cabut Uban Ternyata Gak Baik Buat Kesehatan!
Hayo siapa nih yang suka cabutin uban?

Ketika melihat uban menyelinap di balik helai rambut, sejumlah orang biasanya tergerak untuk segera mencabut uban. Uban sering bikin seseorang merasa nggak pede dengan penampilannya sendiri. Terlebih jika uban yang tumbuh baru sedikit, atau seseorang baru mendapati sebagian rambutnya berwarna putih.

Sebelum buru-buru menghilangkan rambut putih yang menghiasi kepala kalian, simak dulu beberapa alasan kenapa kalian nggak boleh mencabut uban sembarangan berikut:

1 dari 5 halaman

Rentan merusak tekstur rambut

Ilustrasi Rambut Ubanan © Diadona

Dilansir dari Bustle, mencabut uban dapat berisiko merusak tekstur alami untaian rambut. Ketika tekstur alami rambut rusak, pertumbuhan rambut baru bisa lebih kusut ketimbang bagian lainnya yang nggak dicabuti.

 

2 dari 5 halaman

  • Enggak menghilangkan uban secara permane

Beberapa orang berharap dengan mencabut uban maka masalah rambut putihnya sudah kelar. Namun, hal itu keliru. Melansir Today, mencabut uban hanya menghilangkan rambut putih untuk sementara. Pasalnya, folikel atau kantong kecil yang memuat rambut di bawah kulit masih hidup dan akan tumbuh kembali dengan uban sejenis yang baru dicabut.

  • Bisa merusak kulit kepala

Kebiasaan menghilangkan uban secara paksa berulangkali ternyata dapat merusak folikel secara permanen. Apabila folikel sudah rusak karena rambut terus-menerus dicabut secara paksa, lambat laun bagian kulit kepala tersebut bakal terlihat rusak.

3 dari 5 halaman

Bikin rambut rontok dan tipis

Ilustrasi Rambut Ubanan © Diadona

Alasan lain kenapa kita nggak boleh mencabut uban adalah rentan merusak akar rambut. Ketika akar rambut sudah rusak, rambut bisa rontok permanen dan pertumbuhan di area tersebut terganggu.

Tak hanya rambut rontok, risiko yang paling dikhawatirkan yakni rambut nggak bisa tumbuh lagi alias botak dan rambut jadi lebih tipis. Melansir BestHealth, hati-hati jika kalian mencabut uban yang bagian ujung akarnya berwarna merah.

Hal itu menandakan kalian telah mencabut sehelai rambut beserta pemasok darahnya. Jika sudah terlanjur, kemungkinan besar rambut di bagian tersebut sudah nggak bisa tumbuh lagi.

4 dari 5 halaman

Terkadang bisa menyebabkan infeksi

Mencabut uban terkadang juga potensial memicu infeksi. Kondisi itu bisa terjadi ketika rambut pengganti yang dicabut dengan paksa justru tumbuh ke dalam. Hal itu bisa menyebabkan infeksi dan menyebabkan tumbuhnya jaringan parut yang membuat nyeri dan nggak nyaman.

Alih-alih mencabut uban, sebaiknya rambut putih dibiarkan begitu saja. Hal yang lebih penting, rawat rambut agar tetap sehat dan tampak cemerlang. Hindari paparan asap rokok, sinar matahari, dan produk perawatan rambut berbahan kimia berlebihan.

Beri Komentar