Mengucir Rambut Terlalu Kencang Bisa Sebabkan Rambut Rontok, Benarkah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 7 September 2022 09:03
Mengucir Rambut Terlalu Kencang Bisa Sebabkan Rambut Rontok, Benarkah?
Kalian ngeraasin ini juga nggak guys?

Mengikat rambut merupakan salah satu cara untuk mempermudah kegiatan agar tidak terganggu dengan rambut. Terkadang, mengikat rambut juga menjadi salah satu hair style dan menjadi ciri khas seseorang. Nah, mengucir rambut diyakini sebagian orang bisa menyebabkan kerontokan. Benarkah demikian? Biar nggak salah pemahaman, simak penjelasannya berikut ini yuk!

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Perempuan Mengikat Rambut © Diadona

Anggapan mengucir rambut bisa menyebabkan kerontokan, ternyata memang benar adanya. Dilansir dari hellosehat.com, kucir rambut yang terlalu kencang dan sering ternyata bisa mengakibatkan kerontokan yang disebut dengan alopecia traksi. Alopecia traksi adalah kerontokan rambut yang disebabkan oleh penarikan berulang yang sama, sering, dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Hal ini terjadi biasanya saat kamu sering mengikat rambut dengan kucir yang terlalu kencang atau mengepangnya.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Mengikat Rambut © Diadona

Tarikan yang terlalu kuat dan berulang dapat merusak folikel dan menarik rambut keluar dari kulit kepala. Akibatnya, rambut mengalami kerontokan. Jika kamu terus menerus melakukan hal yang sama, kerontokan akan terjadi semakin parah dan terjadi kebotakan. Terlalu sering mengikat rambut juga dapat membuat kulit kepala tegang dan stres, apalagi kalau kita mengikatnya terlalu kencang.

Alhasil rambut kita jadi cepat rontok dan kita akan sering merasa pusing. Sebaiknya 'istirahat' kan rambut dengan tidak terlalu sering mengikatnya dan biarkan tergerai natural, biar rambut bisa 'bernafas'.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Rambut Rontok © Diadona

Selain itu ada bebera[a penyebab lain yang bisa menyebabkan kerontokan pada rambut, yaitu:

  • Gaya rambut tertentu, misalnya kucir rambut terlalu ketat, kepang yang terlalu kencang, dan serangkaian gaya rambut lainnya.
  • Menyambungkan (extension) rambut. Mengikat erat rambut palsu ke pangkal rambut asli bisa menegangkan akar rambut.
  • Helm atau ikat kepala yang terlalu ketat.
  • Aksesori rambut.
  • Rambut yang terlalu panjang sehingga menjadi berat dan menarik folikel rambut.
  • Krim atau gel rambut.
  • Penggunaan catokan disertai bahan kimia yang dapat mengurangi kekuatan rambut.

4 dari 5 halaman

Untuk mencegah terjadinya kerontokan dan kebotakan, yuk mulai kurangi mengikat rambut! Oh iya, kita juga wajib menghindari mengikat rambut saat masih basah, karena akan membuat rambut kita mudah patah. Selain itu, jangan lupa juga untuk merawat rambut dengan hair care yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya!

5 dari 5 halaman

Beri Komentar