Kerja Lembur Bagai Kuda Jadi Alasan Kena Tifus, Beneran Gak Sih?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 8 September 2022 20:03
Kerja Lembur Bagai Kuda Jadi Alasan Kena Tifus, Beneran Gak Sih?
kerja, kerja, kerja, tipes~

Saat pekerjaan menumpuk, terkadang membuat seseorang harus merelakan waktu istirahatnya untuk kerja lembur. Saat mereka dipaksa bekerja lembur terus menerus, kondisi kesehatannya akan menurun. Hal ini nggak heran membuatnya menjadi jatuh sakit.

Namun, ada sebuah stigma yang dipercaya hingga saat ini. Tak sedikit yang masih mengira kalau penyakit tifus terjadi akibat tubuh kelelahan karena bekerja terus menerus. Lalu, benarkah terlalu lelah bekerja dapat menyebabkan penyakit tifus? yuk coba kita simak informasinya berikut ini!

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Lelah Bekerja © Diadona

Mengatur waktu saat bekerja merupakan cara terbaik agar pekerjaan yangkamu lakukan dapat diatasi dengan tepat waktu. Terlalu lama bekerja dapat berdampak buruk pada kesehatan. Berbagai gangguan kesehatan dapat kamu alami akibat kelelahan bekerja, misalnya stres, gangguan tidur, hingga mengalami penyakit tifus.

Lalu, apa yang menyebabkan kelelahan bekerja dapat sebabkan tifus? Nyatanya, saat kamu mengalami kelelahan bekerja, sistem imun dalam tubuh akan menurun.

2 dari 6 halaman

Melansir dari Medical News Today, sistem imun sendiri berfungsi mencegah adanya infeksi dalam tubuh. Karena itu, saat kamu kelelahan bekerja yang menurunkan sistem imun, tentu tubuh akan lebih mudah diserang oleh berbagai bakteri dan juga virus yang dapat menyebabkan infeksi, termasuk Salmonella Typhi penyebab penyakit tifus.

Pada saat sistem imun tubuh dalam kondisi menurun, sebaiknya hindari kebiasaan ini untuk mencegah adanya paparan bakteri Salmonella Typhi:

3 dari 6 halaman

Penyebab Tipes - Jajan Sembarangan © Diadona

  • Mengonsumsi makanan yang tidak terjamin kebersihannya.
  • Mengosumsi air minum yang tidak kematangannya belum optimal.
  • Hindari mengonsumsi buah dan sayuran yang tidak dicuci dengan bersih dan tidak mengupas kulit.
  • Tidak menjaga kebersihan tangan.

Itulah beberapa kebiasaan yang sebaiknya kamu hindari ketika kamu merasa kelelahan akibat pekerjaan yang kamu kerjakan. Jangan lupa mengonsumsi makanan sehat dan penuhi kebutuhan istirahat agar kondisi tubuh kembali optimal.

4 dari 6 halaman

Pengidap tifus akan mengalami gejala tifus saat 7–14 hari setelah terpapar bakteri Salmonella Typhi. Ada beberapa gejala yang kerap dialami pengidap tifus, seperti demam, nyeri otot, sakit kepala, kondisi tubuh yang tidak nyaman, lemas, batuk kering, penurunan berat badan, diare, ruam bintik pada kulit, hingga sakit perut.

Ada beberapa faktor pemicu yang dapat menyebabkan seseorang terpapar penyakit tifus, seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang terpapar bakteri, menggunakan toilet bersama dengan pengidap tifus, kondisi sanitasi, serta lingkungan yang kotor dan tidak terawat.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi cuci tangan © Diadona

Untuk mencegah terkan tifus, memenuhi kebutuhan istirahat, mengonsumsi makanan sehat, serta menjaga kebersihan menjadi cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyakit tifus.

Beri Komentar