Belajar dari Pengalaman Farida Nurhan, Bagaimana jika Anak Perempuan Hamil Duluan?

Reporter : Kurnia
Jumat, 7 Januari 2022 14:35
Belajar dari Pengalaman Farida Nurhan, Bagaimana jika Anak Perempuan Hamil Duluan?
Rangkul dan berikan bahu Moms untuk anak-anak

Di Indonesia, Negara yang menunjung tinggi nilai-nilai budaya dan sopan-santun, hamil di luar tentu saja hal yang sangat dihindari. Bahkan hamil duluan bisa disebut aib yang mempermalukan keluarga.

Namun tak menutup mata ya, Moms jika dewasa ini fenomena hamil di luar nikah sudah seperti hal yang normal dan wajar-wajar saja. Meski begitu, akan masih banyak suara di luar diri kita sebagai orang tua yang mempertanyakan atau bahkan menggunjingkan perempuan yang hamil duluan.

1 dari 5 halaman

Sebagai orang tua, tentu saja menolak anak perempauan kita untuk kembali dalam pelukan setelah apa yang terjadi bukanlah hal yang mudah. Meski begitu, Moms tetap harus menghadapi dan bahkan juga harus tetap menerima mereka. jika tidak, apa yang akan terjadi?

Tentu saja tidak ada yang pernah tahu kekuatan mental seseorang, terlebih perempuan yang hamil di luar nikah. Belajar dari pengalaman food vloger, Farida Nurhan, ia berhasil menerima dan meyakinkan anak perempuan satu-satunya jika kehamilannya tak lantas membuat semuanya berubah.

Meski akan selalu ada perubahan dibalik setiap tindakan, Farida Nurhan berhasil membuktikan jika di usianya yang ke-39 bahwa ia bisa mendidik cucu dan menerima anaknya yang hamil di luar nikah mengikuti jejaknya?

2 dari 5 halaman

Merangkulnya

Anak semata wayang Farida Nurhan, Permezta Dyaz turut mengikut jejak Farida Nurhan di masa lalu, yaitu hamil diluar nikah. Permezta Dyaz juga hamil diluar nikah seperti Farida Nuhan. Mirisnya, pernikahan Dyaz tersebut tak bertahan lama karena menikah terpaksa lantaran MBA (Married By Accident).

" Saat tau anak saya juga hamil di luar nikah, saat itu keadaannya anak saya sedang nangis sesegukan. Saya peluk dia, saya tenangkan dia," ujar Farida di konten insertlive yang diunggah ulang oleh kanal YouTube IntipSeleb pada Jumat, (7/1/2022).

3 dari 5 halaman

Farida Nurhan dengan anak dan cucunyaFarida Nurhan dengan anak dan cucunya © Instagram.com/@permestadhyaz/@farida.nurhan

Pada konten insertlive, Farida membagikan pengalaman bagaimana dia harus menghadapi kenyataan bahwa anaknya juga bernasib sama dengannya yang hamil di luar nikah bahkan pernikahan yang tidak bertahan lama. 

" Lalu, saya bilang jangan takut nanti mommim (Farida) yang jagain (anak yang akan dilahirkan). Saya menyayangi cucu saya, seperti saya menyangi anak sendiri," sambungnya. 

4 dari 5 halaman

Mengasuh cucu yang tak hidup dengan ayahnya

Setelah menerima kehamilan anaknya di luar nikah, Farida juga harus merawat dan mengasuh anak serta cucunya. Menikah muda, putri semata wayang Farida tentu belum cukup matang.

Farida pun memberikan apapun yang terbaik termasuk soal memberikan pengertian kepada cucunya jika ia harus tau bagaimana keadaan pernikahan orangtua. 

" Sekarang saya sudah kasih tau cucu saya, keadaan orangtuanya bahwa mommy (Permezta Dyaz) dan pappy (mantan suami Permezta Dyaz) sudah tidak bersama," katanya. 

Farida Nurhan dengan anak dan cucunyaFarida Nurhan dengan anak dan cucunya © Instagram.com/@permestadhyaz/@farida.nurhan

5 dari 5 halaman

Farida mengaku tak ragu memberitahu keadaan pernikahan anaknya kepada cucunya yang kandas, menggunakan bahasanya.

" Saya bilang, mommy dan pappy udah gak bersama, udah pergi. Kalau (cucu Farida) mau ketemu pappy bisa, nanti mommim yang antar," imbuhnya. 

Kondisi yang dialami oleh Farida tentu bukan satu-satunya. Namun tidak semua orang tua bisa menerima dan memperlakukan anak-anak mereka dengan baik setelah kondisi tersebut.

Tentu saja karena hal ini susah untuk diterima. Namun dalam kondisi ini Farida selalu berusaha hadir dan membantu anaknya, ketika sang anak mungkin menglami kesulitan yang sama, seperti yang pernah dialami olehnya dahulu.

Beri Komentar