Waspadai Polidaktili, Kondisi Bayi yang Terlahir Punya Jari Lebih dari Lima

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 7 Januari 2022 11:57
Waspadai Polidaktili, Kondisi Bayi yang Terlahir Punya Jari Lebih dari Lima
Kondisi ini terbilang langka.

Setiap orang tua pasti ingin memiliki bayi yang terlahir sehat serta fisik sempurna. Walaupun sudah dijaga dengan baik saat masa kehamilan, nyatanya beberapa bayi terlahir dengan kelainan fisik seperti polidaktili.

Polidaktili adalah kelainan fisik pada bayi yang membuat jari tangan atau kakinya bertambah. Kalau umumnya manusia punya lima jari, tapi bayi yang mengidap polidaktili memiliki jari-jari lebih dari lima.

Untuk lebih memahami tentang polidaktili, intip yuk penjelasan berikut!

1 dari 3 halaman

Penyebab Polidaktili?

Ilustrasi PolidaktiliIlustrasi Polidaktili © Shutterstock

Normalnya, selama perkembangan embrio dalam kandungan, jari yang awalnya berbentuk dayung mirip kaki bebek akan terbelah menjadi lima jari yang terpisah satu sama lain.

Nah, Polidaktili bisa terjadi kalau ada kesalahan dalam proses ini, sehingga terbentuklah jari tambahan dari salah satu jari tangan atau kaki yang terbelah lagi menjadi dua.

1. Kelainan Genetik

Beberapa jenis polidaktili cenderung berasal dari kelainan genetik keluarga. Duplikasi jari kelingking sering kali bersifat turun temurun dan 10 kali lebih umum dialami.

2. Cacat Lahir

Faktor lain yang menyebabkan bayi cacat lahir seperti paparan radiasi nuklir, sinar gamma, dan sinar rontgen. Tidak hanya itu, alkohol yang dikonsumsi Moms ketika hamil pada trimester pertama juga bisa menyebabkan kecacatan fisik pada janin.

2 dari 3 halaman

Bisakah Polidaktili Dideteksi Sejak Dini?

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Secara teknis, polidaktili bisa dilihat melalui USG saat kehamilan. Tapi, tidak umum untuk mendiagnosisnya sebelum kelahiran.

Tapi jangan khawatir ya Moms, jari-jari tambahan ini bisa dihilangkan setelah bayi lahir.

3 dari 3 halaman

Mengatasi Polidaktili

1. Ligasi Jahitan

Penanganan oleh dokter yang satu ini mengacu pada prosedur mengikat jari yang berlebih dengan menggunakan benang yang bertujuan untuk memutuskan aliran darah pada jari tersebut, sehingga akan tanggal atau terpisah dan putus dari jari yang normal.

2. Metode Operasi

Operasi polidaktili ini dilakukan dengan menggunakan teknik pembedahan dan melakukan pembuangan jari abnormal yang tumbuh pada tangan atau kaki pada bayi.

Operasi ini bisa dilakukan pada saat bayi sudah berumur minimal 6 bulan dan dengan syarat berat badan bayi sudah normal sesuai dengan standar dari dokter. Dengan melakukan operasi ini maka pertumbuhan jari abnormal tersebut bisa dilepaskan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar