Apakah Spirit Doll Bisa Menjadi Teman di Kala Kesepian? Begini Jawaban Penciptanya

Reporter : Kurnia
Kamis, 6 Januari 2022 15:19
Apakah Spirit Doll Bisa Menjadi Teman di Kala Kesepian? Begini Jawaban Penciptanya
Tengah ramai fenomena spirit doll diadopsi dan dijadikan sebagai anak layaknya manusia hidup, intip awal kisah mulanya

Akhir-akhir ini fenomena mengadopsi spirit doll tengah ramai diperbincangkan karena ngetren di kalangan selebriti tanah air.  Seperti diketahui, spirit doll merupakan boneka yang umumnya berbentuk anak kecil dan dipercayai berisi sesosok arwah. 

Hal itulah yang kemudian membuat benda tersebut dijuluki sebagai boneka arwah alias spirit doll. Diperlakukan layaknya bayi dan manusia hidup, masyarakat awam pun banyak mempertanyakan kehadiran boneka arwah tersebut.

Beberapa pemiliki mengaku hidup bersama dengannya, akankah spiril doll bisa menjadi teman di kala kesepian?

1 dari 5 halaman

Seperti dikutip dari laman Liputan6.com, menurut perempuan pembuat boneka bernama Julia Inglis, spirit doll adalah benda kuno yang dicintai banyak budaya di seluruh dunia.

“ Membuat boneka arwah berarti terlibat dalam seni penyembuhan dan pesona untuk menenun kehidupan dan cinta menjadi sebuah ciptaan dengan membuat sesuatu hanya dengan tangan dengan bahan-bahan dari alam,” kata Julia mengutip tulisannya di situs Sacred Familiar.

Boneka karya Julia sendiri terbuat dari bahan seperti serat dari alam yang dibuat dengan tangannya sendiri.

2 dari 5 halaman

Jika dibandingkan dengan spirit doll yang tengah viral saat ini, boneka arwah yang dibuat oleh Julia tentu saja cukup jauh berbeda. Di mana spirit doll yang tengah banyak diadopsi oleh kalangan selebriti saat ini terlihat lebih realistis dan bukan buatan tangan.

“ Saya bersemangat untuk merangkul dan menghormati kerajinan tangan rakyat dari nenek (moyang) kita yang telah dilupakan atau lebih buruk lagi, telah disalahpahami,” katanya.

Asian Spiril DollAsian Spiril Doll © Shutterstock.com

3 dari 5 halaman

Hidup yang Mati

Hidup di dekat hutan pinggiran Australia, setiap boneka memiliki cerita dari arwah-arwah yang menginspirasi Julia sepanjang ia membuat spirit doll dari tangan dinginnya. “ Saya mulai membuat boneka untuk yang hidup dan yang mati.”

Ia pun mulai meninggalkan beberapa boneka di tempat yang memiliki sejarah pilu seperti penjara perempuan di Magdalene Laundries Irlandia. Hal tersebut dilakukan untuk menjadi penghibur roh-roh di tempat tersebut, katanya.

“ Keseimbangan boneka untuk yang hidup dan yang mati tampaknya menjadi cara saya mengembalikan warisan spiritual saya. Cara lain adalah dengan meninggalkan boneka di alam atau di hutan sebagai hadiah bagi siapapun yang menemukannya.”

4 dari 5 halaman

Apakah Spirit Doll bisa menjadi teman?

Sang pembuat spirit doll tersebut mengatakan jika boneka arwah bisa menjadi cermin atau jembatan ke bagian kuat dari diri seseorang yang mungkin tidak bisa diekspresikan.

“ Dia (boneka arwah) adalah seorang teman dan semakin banyak waktu yang Anda habiskan dengan teman ini, semakin Anda mencintai mereka.”

Boneka arwah tinggal bersama pemiliknya setiap hari dan telah melalui berbagai waktu dari baik dan buruknya kehidupan manusia. Dengan spirit doll, sang pemilik yang merasa kesepia tentu saja dapat mulai merasakan semangat hidup dan lebih hangat karena merasa memiliki teman yang selalu ada untuknya.

10 Potret Newborn Photoshoot Baby Eqqel Anak Ivan Gunawan yang Tuai Kritikan Netizen10 Potret Newborn Photoshoot Baby Eqqel Anak Ivan Gunawan yang Tuai Kritikan Netizen © © MEN

Beri Komentar