Sederet Aktivitas Gratis Ini Ternyata Bisa Melatih Stimulasi Bayi 6-9 Bulan

Reporter : Riza Umami
Rabu, 17 Agustus 2022 10:17
Sederet Aktivitas Gratis Ini Ternyata Bisa Melatih Stimulasi Bayi 6-9 Bulan
Apa saja ya kira-kira?

Ada banyak hal yang bisa Mom lakukan bersama anak sedari masih bayi untuk membantu melatih stimulasi buah hati demi membantu tumbuh kembangnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan misalnya membacakan anak dongeng.

Selain itu, masih banyak pula hal lain yang bisa digunakan untuk melatih stimulasi bayi usia 6-9 bulan lho Mom. Dilansir dari akun Instagram @mpasibayisehat, berikut ini sederet aktivitas yang bisa melatih stimulasi anak usia 6-9 bulan.

1 dari 4 halaman

Yang pertama yaitu dengan memeluk dan tersenyum kepada buah hati. Dua hal ini tentu sangat mudah untuk dilakukan bahkan Mom tak perlu keluar biaya sama sekali. Dengan memeluk dan tersenyum kepada anak, ia pun bisa merasakan kasih sayang dari orang tuanya.

Yang kedua yaitu dengan bicara dan memanggil nama anak. Terkadang, ibu bercanda dengan buah hati sambil memanggil namanya. Hal ini pun ternyata juga bisa melatih stimulasi bayi apalagi membantunya untuk mengenali namanya sendiri.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Tertawa © Diadona

Aktivitas yang ketiga adalah bersalaman, tepuk tangan serta mengajari anak untuk melambai ke orang lain. Bayi usia 6 tahun ke atas biasanya sudah bisa diajari untuk tepuk tangan, melambaikan tangannya dan juga bersalaman. Kegiatan-kegiatan ini pun juga bisa membantu stimulasi anak lho, Mom.

3 dari 4 halaman

Yang keempat, Mom bisa mengajak anak bermain di depan cermin. Bayi biasanya suka banget aktivitas yang satu ini karena ia merasa memiliki teman saat melihat dirinya di cermin. Selain itu, ia pun bisa bermain cilukba dengan bayangannya di cermin tersebut. Biar makin asyik, Mom pun jangan lupa ikutan ya.

Aktivitas kelima yang bisa dilakukan untuk membantu stimulasi buah hati yaitu dengan mengenalkan dan menunjuk beberapa orang yang ada di sekitar bayi. Sebagai contoh, Mom bisa menunjuk ayah sambil menyebutkan namanya saat bareng anak. Lama-kelamaan, buah hati akan mengenali orang-orang yang ada di sekitarnya.

4 dari 4 halaman

ilustrasi bayi © Diadona

Yang keenam, ajak anak bermain dan biarkan ia memegang mainannya dengan 2 tangan. Kegiatan yang satu ini bisa digunakan untuk melatih supaya cengkeraman anak makin kuat saat memegang mainan atau benda-benda di sekitarnya dari yang kecil hingga besar. Tentunya, ini pun bagus untuk melatih stimulasi anak usia 6-9 bulan. Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan. Kalau ada ide kegiatan yang lainnya silahkan tulis di kolom komentar ya Mom.

Beri Komentar