Edukasi Anak Tentang Sains, Christian Sugiono Sampai Beli Meteor Asli

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 8 Juni 2020 22:58
Edukasi Anak Tentang Sains, Christian Sugiono Sampai Beli Meteor Asli
Christian Sugiono mengajak anaknya bermain dan belajar, bereksperimen kecil dengan mikroskop dan meteor asli.

Situasi seperti sekarang ini, mengharuskan kita untuk lebih lama tinggal di dalam rumah. Hal ini agaknya akan jadi PR besar terutama bagi orang tua yang memiliki anak kecil.

Saat anak merajuk dan ingin bermain keluar, sebagai orang tua, kita harus memutar otak dengan memikirkan alternatif lain untuk tetap membuat anak betak di rumah. Pun juga karena sekolah diliburkan sementara, dan proses belajar mengajarnya disesuaikan, dengan anjuran juga dilakukan di rumah. PR bagi orang tua makin bertambah, kini juga harus bisa berperan sebagai guru bagi anak.

1 dari 3 halaman

Belajar Sambil Bermain

Christian Sugiono Ajak Anak Bereksperimen © Diadona

Belajar sambil bermain ini lah yang diterapkan bersamaan oleh Christian Sugiono, kepada anak sulungnya. Suami dari Titi Kamal ini, merekam dan mengunggah video eksperimennya bersama Juna, dan temannya, Danil, untuk bereksperimen dengan menggunakan mikroskop.

Mereka ingin melihat lebih detail bagaimana rupa suatu benda. Ada banyak benda yang akan mereka jadikan objek untuk dilihat menggunakan mikroskop, mulai dari yang mudah ditemui di sekitar, sampai benda luar angkasa seperti meteor.

2 dari 3 halaman

Lengkap dengan Kostum

Christian Sugiono Ajak Anak Bereksperimen © Diadona

Daftar benda yang akan mereka amati adalah; semut, nyamuk, garam, gula, bawang, kristal, gigi Juna, uang koin, pasir/tanah, kelopak bunga, rambut, dan meteorit.

Saat semua perlengkapan sudah terkumpul, anak-anak diajak untuk berakting layaknya profesor di laboraturium, lengkap dengan jas labnya. Juna dan Danil terlihat lucu menggunakan jas putih, kompak dengan Tian.

3 dari 3 halaman

Mengasah Rasa Ingin Tahu Anak

Christian Sugiono Ajak Anak Bereksperimen © Diadona

Tian menceritakan bagaiamana dirinya bisa mendapatkan meteorit itu. Ternyata dirinya membeli batu itu di planetarium saat ke Amerika. Konon itu adalah meteor yang jatuh di sekitar Meksiko, jadi ada banyak bongkahan asteroit di sana.

Tian juga menginfokan bahwa harga mikroskop yang ia gunakan tidak terlalu mahal, berkisaran Rp 200, dan bisa didapatkan di toko online. Mengajarkan anak sains sejak dini bisa mengasah rasa ingin tahu mereka, serta bisa mengedukasi mereka kejadian di alam semesta. Mungkin ini bisa jadi ide untuk diajarkan juga ke anak-anak Mom, sambi mengisi waktu luang saat masa karantina.

Beri Komentar