Hindari Penggunaan Kata 'Tidak' pada Anak, 3 Hal ini Bisa Jadi Penggantinya kok Moms

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 8 Juni 2020 14:15
Hindari Penggunaan Kata 'Tidak' pada Anak, 3 Hal ini Bisa Jadi Penggantinya kok Moms
Yuk, ganti mulai sekarang..

Saat si kecil meminta ini-itu dan orang tua berniat melarang, biasanya kata-kata pamungkas yang seringkali digunakan adalah 'tidak'. Meski tujuan penggunaannya bermakna untuk melarang secara tegas, nyatanya kata 'tidak' justru bukan cara terbaik untuk mendisiplinkan buah hati.

Melansir dari Times of India, ada beberapa hal yang bisa Mama dan Papa lakukan untuk menunjukkan larangan pada si kecil. Apa aja? Simak selengkapnya.

1 dari 4 halaman

1. "Tentu, tapi setelah.."

Saat si kecil meminta sesuatu yang terkesan aneh-aneh, Mama dan Papa jangan langsung bilang 'tidak' ya. Mama bisa menggunakan kalimat penundaan seperti 'tentu, tapi setelah.." pada si kecil.

Cobalah untuk memberikan syarat tertentu, agar si kecil tidak langsung mendapat apa yang diinginkannya.

2 dari 4 halaman

2. Alihkan pada Hal Lain

Saat menginginkan sesuatu, beberapa anak cenderung ngotot dan memaksa agar mendapatkannya. Nah, sebaiknya Mama dan Papa jangan langsung menjawab 'tidak' atau bahkan membentak mereka ya.

Akan lebih baik jika orang tua mengalihkan pikiran ada pada hal lain yang lebih menarik.

3 dari 4 halaman

??3. Berikan Alternatif Serupa

Anak-anak memang seringkali tertarik dengan apa saja yang membuat mereka penasaran. Bahkan tanpa tau apakah hal itu aman atau justru berbahaya, mereka justru bersikeras untuk mendapatkannya.

Nah, saat menghadapi kejadian semacam ini, sebaiknya Mama dan Papa memberikan alternatif serupa pada mereka. Semisal si kecil tiba-tiba ingin bermain gunting, Mama bisa mencarikan gunting mainan yang tentu aja lebih aman bagi mereka.

Beri Komentar