Jangan Dibiarkan, Ini Cara Mengatasi Anak yang Ketagihan Makanan Manis

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 7 Juli 2020 08:37
Jangan Dibiarkan, Ini Cara Mengatasi Anak yang Ketagihan Makanan Manis
Meski enak, makanan manis nggak baik untuk kesehatan anak.

Kalau ngomongin sayur, rasanya makanan satu itu adalah musuh terbesar bagi anak-anak. Padahal udah jelas banget kalau sayur memberikan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh si kecil.

Sementara bagi anak-anak, makanan manis sudah seperti sahabat baik yang harus selalu menemani mereka. Wajar sih, siapa yang nggak tergoda dengan lezatnya rasa dari makanan manis? Bahkan banyak anak yang jadi ketagihan dan minta terus setiap hari.

Meski begitu, makanan manis kalau dikonsumsi secara berlebihan juga nggak baik lho. Selain bisa membuat gigi jadi rusak, makanan manis juga bisa membuat anak mengalami obesitas.

Untuk itu, dilansir dari Young Parents, berikut cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi anak yang ketagihan makanan manis.

1 dari 4 halaman

Menetapkan batasan

Ilustrasi Ibu dan Anak-anak © Diadona

Langkah awal untuk mengendalikan anak yang ketagihan makanan manis adalah dengan menetapkan batasan. Kita bisa berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan batas aman konsumsi makanan manis pada anak. Jika sudah diketahui, pertahankan aturan dan buat anak mematuhinya.

2 dari 4 halaman

Jauhkan makanan manis dari pandangan anak

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Anak bisa saja mengambil makanan manis tanpa kita sadari. Untuk itu, kita harus menjaga agar makanan manis berada jauh dari jangkauan anak-anak. Dengan begitu, anak juga nggak akan mudah tergoda untuk terus memintanya.

3 dari 4 halaman

Mendorong kebiasaan makan sehat

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Membatasi makanan manis bukan satu-satunya cara untuk mengurangi ketagihan pada anak. Kita juga bisa menggunakan pendekatan positif dengan mendorong anak untuk makan makanan yang lebih sehat. Kita bisa mengalihkan selera mereka pada buah-buahan daripada produk makanan manis.

4 dari 4 halaman

Memberi contoh yang baik

Ilustrasi Ibu dan Anak Memasak © Diadona

Keputusan untuk melarang anak akan berjalan dengan baik jika kita juga melakukan hal yang sama. Akan sangat lucu jika kita nggak membatasi konsumsi makanan manis pada diri sendiri sementara kita memberikan larangan pada anak. Menjadi contoh yang baik pada anak akan membuat mereka lebih mudah beradaptasi dan menirunya.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar