Kenapa sih Anak Kecil Bisa Benci Banget Makan Sayur? Gini Cara Bujuknya!

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 6 Juli 2020 17:37
Kenapa sih Anak Kecil Bisa Benci Banget Makan Sayur? Gini Cara Bujuknya!
Yuk, biasakan anak makan sayur!

Memenuhi nutrisi anak sejak kecil tentu adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap orang tua. Nutrisi pada anak bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka setiap harinya.

Sayuran dan buah-buahan sering disebut-sebut sebagai jenis makanan yang mengandung nutrisi baik untuk anak. Tapi nggak bisa dipungkiri bahwa sayuran bisa menjadi musuh terbesar anak-anak.

Banyak orang tua yang menghadapi kesulitan untuk membuat anak mau memakan sayur. Sebelum kita mencari tahu cara membuat anak lebih suka makan sayur, yuk pahami dulu penyebab anak bisa membanci sayuran!

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Dilansir dari Practical Parenting, penelitian telah menemukan alasan yang sempurna di balik anak-anak yang nggak doyan sayuran. Ternyta anak-anak memang lebih sensitif pada rasa pahit yang umumnya ada pada sayuran seperti kubis, brokoli, dan makanan seperti zaitun.

Tubuh anak secara alami memberi tahu bahwa makanan itu berbahaya. Makanya anak cenderung menolak saat mereka diberitahu untuk memakan sayuran.

Meski hal itu terjadi secara naluriah, tapi kita bisa kok mengatasinya. Dilansir dari The Guardian berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat anak lebih suka makan sayur.

2 dari 4 halaman

Beri contoh pada anak

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Sebelum menyuruh anak untuk menghabiskan sayuran di piring mereka, kita juga harus menunjukkan bahwa kita juga bisa melakukan hal itu. Jika orang dewasa yang mereka percaya menunjukkan bahwa mereka melakukan hal yang sama maka akan lebih mudah bagi anak untuk menirunya. Makan bersama dengan keluarga sangat membantu untuk menumbuhkan kebiasaan makan sayur pada anak.

3 dari 4 halaman

Jangan manyamarkan sayuran dalam makanan

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Beberapa orang tua menggunakan cara ini dan menganggap hal itu sebagai solusi. Padahal langkah ini justru nggak berhasil dalam jangka panjang. Yang terpenting adalah membuat anak terbiasa makan sayur secara langsung. Menyembunyikan sayuran dalam makanan hanya akan membuat anak semakin nggak terbiasa melihat sayuran.

4 dari 4 halaman

Tanyakan tanggapan anak

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Sebenarnya anak nggak peduli dengan apakah sayuran itu bisa memberikan manfaat atau nutrisi bagi mereka. Makanya beri dia peran untuk lebih mengenali jenis sayuran yang mereka makan. Tanyakan tanggapan mereka tentang sayuran itu. Akan lebih baik jika kita juga mengajak anak untuk memasak sayuran bersama agar mereka menganggap sayuran sebagai bagian dari makanan yang harus mereka habiskan.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar