Apakah Benar Bayi Jauh Lebih Baik Tidur Tanpa Bantal?

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 7 November 2020 09:17
Apakah Benar Bayi Jauh Lebih Baik Tidur Tanpa Bantal?
Benarkah?

Ibu tentu ingin anaknya bisa tidur dengan nyaman dan aman. Hal ini salah satu tujuannya agar si kecil dapat istirahat dengan cukup sehingga tumbuh kembangnya pun bisa berjalan dengan optimal.

Beberapa ibu mungkin berpendapat bahwa bayi yang tidur tanpa bantal ini bisa lebih aman dan nyaman. Apakah hal itu memang benar secara medis? Ternyata hal tersebut memang tidaklah salah.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Dilansir dari laman klikdokter.com, bayi sebenarnya tidak membutuhkan bantal saat tidur dan memang berbeda dengan orang dewasa. Salah satu sebabnya adalah karena proporsi tubuh bayi berbeda dengan orang dewasa.

Si kecil punya ukuran leher yang lebih kecil ditambah lagi dengan ukuran kepalanya yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan tubuhnya. Oleh sebab itu, penggunaan bantal pada bayi bisa mengakibatkan terjadinya masalah.

2 dari 3 halaman

ilustrasi bayi tidur © Diadona

Bila anak menggunakan bantal yang tidak tepat, ini malah bisa malah bisa membuat kepalanya menekuk dan mengakibatkan jalan napas ke leher jadi terhambat. Jika dibiarkan saja tentu hal ini bisa sangat berbahaya untuk bayi bahkan mungkin akan mengancam nyawanya.

Bahaya pemakaian bantal yang tidak sesuai bahkan bisa menyebabkan terjadinya SIDS ( Sudden Infant Death Syndrome) yaitu kematian mendadak yang kebanyakan terjadi pada bayi di bawah usia satu tahun.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Tidur Tengkurap © Diadona

Sebenarnya SIDS ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Namun, kalangan medis berpendapat bahwa penggunaan bantal terutama di ranjang, juga salah satu hal yang berperan dalam terjadinya SIDS.

Tentu Mom tak mau sampai terjadi hal yang buruk pada bayi apalagi ketika ia tidur. Oleh sebab itu, sebaiknya anak dibiarkan tidur tanpa bantal apalagi bila ia tidurnya di ranjang. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Mom dan selamat mencoba.

Beri Komentar