Ketahui Jenis Makanan Padat Pertama yang Terbaik untuk Bayi

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 5 November 2020 14:37
Ketahui Jenis Makanan Padat Pertama yang Terbaik untuk Bayi
Beberapa hal yang harus diketahui sebelum mulai mengajarkan bayi makanan padat.

Setiap orang tua selalu melalui pengalaman pertama mereka dalam mengurus dan membesarkan anak. Dalam pengalaman pertama itu, tentunya banyak hal yang harus kita pelajari untuk merawat anak agar nggak salah langkah.

Pada akhirnya akan ada banyak pertanyaan seputar anak yang mungkin membuat kita memiliki banyak pertimbangan dalam melakukan sesuatu. Mengajari bayi untuk mulai mengonsumsi makanan padat adalah salah satunya.

Dilansir dari Todays Parent, berikut adalah beberapa hal yang sering dipertanyakan oleh orang tua saat akan mengajari bayi mengonsumsi makanan padat. Salah satunya adalah tentang jenis makanan padat pertama yang terbaik bagi bayi.

1 dari 3 halaman

Kapan waktu yang tepat untuk memulai?

Ilustrasi Bayi MakanIlustrasi Bayi Makan © 2019 https://www.diadona.id/newsweek.com

Saat bayi mungkin mulai lebih tertarik pada biskuit daripada botolnya, mungkin dia memberi tanda pada kita bahwa dia ingin mulai mencoba makanan padat. Michael Dickinson, juru bicara Canadian Pediatric Society (CPS), mengungkapkan bahwa biasanya hal ini terjadi saat anak berusia sekitar lima bulan.

Menurut Michael, setelah anak berusia enam bulan, ada beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan anak dalam makanan padat. Selain itu, secara fisik bayi harus bisa duduk sendiri dan punya kendali atas otot lehernya sebelum mulai mengajari mereka makanan padat.

Perlu diingat bahwa pada awalnya anak mungkin akan muntah terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena anak belum pernah mengonsumsi makanan padat sebelumnya jadi normal saja jika hal itu terjadi.

2 dari 3 halaman

Makanan pertama terbaik untuk anak

Ilustrasi Bayi MakanIlustrasi Bayi Makan © 2020 https://www.unsplash.com/kazuend

Health Canada merekomendasikan makanan yang kaya zat besi seperti daging bubur, telur, lentil, dan tahu sebagai makanan pertama untuk anak. Michael mengungkapkan bahwa zat besi adalah komponen penting untuk perkembangan otak dan sel darah merah pada bayi.

Sebaiknya kita mendorong anak untuk makan berbagai jenis makanan sejak dini. Buah dan sayuran berwarna cerah merupakan makanan padat nutrisi yang mungkin punya keuntungan tambahan secara visual karena bisa sangat menarik bagi bayi.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi MakanIlustrasi Bayi Makan © pinterest.com/Ashton Pickett

Makanan pertama bisa dihaluskan, dicincang sangat halus, atau potongan utuh yang lembut. Fase ini membutuhkan kesabaran dengan pelan-pelan membiasakan anak merasa lebih nyaman dengan tekstur baru makanan.

Heather Lovelace, pemimpin dalam layanan nutrisi di BC Children’s Hospital, mengungkapkan umumnya pada usia 9 hingga 12 bulan kita bisa mulai memberikan buah dan sayuran mentah pada anak. Heather juga mengatakan bahwa makanan keras seperti wortel dan apel harus diparut, sementara makanan lunak seperti pisang dan alpukat sebaiknya dipotong-potong.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar