4 Tanda yang Menunjukkan Anak Siap Dilatih ke Kamar Mandi Sendiri

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 5 November 2020 07:37
4 Tanda yang Menunjukkan Anak Siap Dilatih ke Kamar Mandi Sendiri
Jangan buru-buru, yuk kenali tandanya, Moms!

Setiap hari anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan baru secara menakjubkan. Saat baru lahir, mereka mungkin belum bisa apa-apa tapi seiring dengan berjalannya waktu, anak akan mulai bisa mandiri dan melakukan banyak hal sendiri.

Masa ini mungkin adalah masa yang paling dinantikan oleh orang tua. Anak akan nggak bergantung lagi pada kita dalam melakukan hal-hal kecil seperti ke kamar mandi.

Namun anak tentu nggak mungkin langsung menguasai banyak hal sendiri. Sebagai orang tua kita harus tetap mengajari dan membimbing mereka agar bisa ke kamar mandi sendiri.

Meski begitu, kadang kita nggak tahu kapan waktu yang tepat untuk mengetahui apakah anak sudah benar-benar siap dilatih atau belum. Untuk itu, dilansir dari Mom.com, berikut beberapa tanda yang menunjukkan anak siap dilatih ke kamar mandi sendiri.

1 dari 4 halaman

Umur

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Sangat jelas jika usia memainkan peran penting dalam melatih anak untuk ke kamar mandi sendiri. Hal ini menentukan kesiapan seorang anak untuk melakukannya.

Balita biasanya mulai siap saat berusia antara 18 hingga 24 bulan. Tapi banyak orang tua yang menunggu si kecil lebih besar dan memilih usia antara 2.5 hingga 3 tahun.

Bebeberapa anak mungkin nggak siap sampai berusia 4 tahun. Sebagai orang tua kita nggak boleh buru-buru karena hal itu justru bisa membuat anak nggak berkembang.

2 dari 4 halaman

Anak mulai nggak nyaman dengan popok

Ilustrasi Anak Menangis © Diadona

Salah satu tanda yang ditunjukkan anak yang sudah siap dilatih ke kamar mandi adalah penggunaan popok. Saat anak mulai menunjukkan bahwa mereka sudah nggak nyaman menggunakan popok maka mereka mungkin akan mulai nggak mau menggunakannya lagi.

Tapi sebelum benar-benar melepas penggunaan popok, kita juga harus memperhatikan intensitas buang air kecil mereka. Hal ini akan sangat membantu sebelum kita mengambil risiko mengajarkan anak pergi ke kamar mandi sendiri.

3 dari 4 halaman

Sudah mengenal kata 'kamar mandi'

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Beberapa anak akan mulai menunjukkan ketertarikan mereka untuk pergi ke kamar mandi. Selain itu, anak akan mulai menggunakan kosa kata kamar mandi saat mengungkapkan sesuatu.

Mampu menyampaikan beberapa kata tentang kamar mandi ternyata juga menjadi bagian yang penting dalam perkembangan. Hal ini akan membantu anak memahami sesuatu yang akan mereka lakukan.

4 dari 4 halaman

Sudah memiliki kemampuan dasar

Ilustrasi Anak Buang Air © Diadona

Ternyata ada beberapa syarat mental dan fisik yang dibutuhkan sebelum melatih anak ke kamar mandi sendiri. Balita harus memiliki keterampilan motorik yang diperlukan sebelum mulai melakukannya.

Berikut beberapa kemampuan dasar yang dibutuhkan anak sebelum melatihnya ke kamar mandi sendiri:

1. Jalan atau lari dengan lancar, dan bisa menjaga keseimbangan

2. Duduk dengan tenang selama 2 sampai 5 menit

3. Bisa menarik celana ke atas dan ke bawah

4. Mengekspresikan keinginan untuk melakukannya sendiri

5. Menuruti apa yang dikatakan orang dewasa

6. Bisa mengikuti serangkaian petunjuk sederhana

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar