Bahaya Bila Orang Tua Lalai Mendidik Anak di Usia 0-14 Tahun

Reporter : Riza Umami
Senin, 15 Agustus 2022 21:06
Bahaya Bila Orang Tua Lalai Mendidik Anak di Usia 0-14 Tahun
Ternyata ini bahayanya.

Mendidik anak memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh orang tua. Tak cuma kebutuhan materi yang harus dipenuhi, tetapi orang tua juga harus memberikan kasih sayang yang cukup serta menjadi contoh yang baik untuk anak.

Dilansir dari akun TikTok @1001tanyajawabparenting, almarhum Ustaz Harry Santoso pernah menjelaskan tentang bahaya ketika orang tua lalai mendidik anaknya di usia 0-14 tahun.

1 dari 4 halaman

Beliau mengatakan, bila orang tua melalaikan dalam mendidik anak di usia 0-14 tahun karena sibuk bekerja, sibuk berkarier dan berbagai alasan lainnya, maka nanti orang tua akan menuai badai setelah usia anak 15 tahun.

Namun, bila orang tua fokus mendidik anaknya di usia 0-14 tahun, maka nanti Mom akan menuai senyuman dan kebahagiaan ketika usia anak sudah di atas 15 tahun karena ia menjadi pribadi yang baik serta sayang pada orang tuanya.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi keluarga Jepang © Diadona

Kemudian, Ustaz Harry Santoso juga mengatakan bila orang tua sibuk mencari uang dan harta sampai tak punya waktu untuk anaknya dan tidak sempat mendidiknya dengan benar, maka nanti harta yang dikumpulkan sepanjang meninggalkan anak hanya akan digunakan untuk membereskan semua kerusakan fitrah menyimpang akibat meninggalkannya di masa anak-anak.

3 dari 4 halaman

Anak yang kurang mendapatkan kasih sayang dan didikan dari orang tuanya lantaran mereka terlalu sibuk bekerja memang sangat mungkin tumbuh menjadi anak yang nakal dan pembuat onar. Salah satu alasannya yaitu mereka ingin mendapatkan perhatian dari ortunya tetapi malah menggunakan cara yang salah.

Sebaliknya, bila orang tua mendidik anak dengan sepenuh hati sejak kecil hingga dewasa, maka buah hati pun akan tumbuh menjadi pribadi yang baik di mana ia bisa belajar banyak dari orang tuanya yang selalu memberikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

4 dari 4 halaman

@1001tanyajawabparenting jangan sampai karena kesibukan kita, sampai lupa mendidik anak ya ???? pendidikan fitrah, iman, dsb. sempatkan walau sebentar ya ? #parentingtips #parentsoftiktok #fyp ? Sad Emotional Piano (main version) - DSproductions

Bukan berarti orang tua tak boleh bekerja untuk anak, tentu bekerja tetap penting untuk dilakukan demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, jangan terlalu disibukkan dengan pekerjaan tersebut sehingga jadi tak punya waktu untuk anak. Luangkanlah waktu untuk buah hati sesibuk apa pun pekerjaan orang tua supaya tak menyesal ketika anak sudah dewasa nanti.

Beri Komentar