Apa Saja Ya Mom Manfaat Anak Bermain Pasir?

Reporter : Riza Umami
Selasa, 26 Januari 2021 06:17
Apa Saja Ya Mom Manfaat Anak Bermain Pasir?
Ini manfaatnya.

Anak-anak yang baru memasuki usia sekolah, biasanya suka bermain di luar dengan teman-temannya. Mereka penasaran dengan banyak hal termasuk dengan alam di sekitarnya. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan anak di luar rumah adalah bermain pasir. Ternyata, kegiatan yang satu ini juga mendatangkan manfaat untuk anak.

Terkadang ibu mungkin akan mengomeli anak ketika ia pulang ke rumah dalam keadaan kotor habis main pasir. Ibu tentu saja khawatir dengan kesehatan anak, tetapi ternyata ada manfaat yang tersembunyi juga dari permainan pasir untuk anak lho.

1 dari 3 halaman

Dilansir dari laman hellosehat.com, salah satu manfaatnya adalah untuk melatih kemampuan motorik anak. Gak cuma kotor-kotoran aja, tetapi kegiatan yang satu ini juga berguna untuk anak.

Pergerakan anak seperti memindahkan pasir dari satu tempat ke yang lain dan bermain dengan sekop ternyata bisa mengasah keterampilan si kecil dalam menggerakkan tubuhnya. Lalu, ketika anak mengangkat pasir dengan ember, ini juga bagus untuk melatih kekuatan otot anak.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Bermain Pasir © Diadona

Berikutnya yaitu bisa meningkatkan kreativitas dan imajinasi buah hati. Ada berbagai macam jenis hal yang bisa dibuat anak dari pasir misalnya istana, gunung, rumah dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja akan membantu anak untuk membangun imajinasinya.

Dengan ibu membiarkan anak bermain pasir seperti ini, ibu pun juga bisa melihat kira-kira apa potensi lain yang dimiliki oleh anak. Hal ini misalnya ibu bisa melihat bagaimana anak bisa membuat sebuah istana yang indah dengan desain yang unik atau cara apa yang digunakan anak agar membuat bangunan dari pasirnya ini bisa kokoh dan tak mudah hancur.

 

3 dari 3 halaman

Terakhir, main pasir ini pun adalah cara yang bagus untuk melatih konsentrasi anak. Konsentrasi ini adalah salah satu kemampuan penting apalagi untuk anak yang sudah mulai sekolah. Saat anak bermain pasir, dia harus punya gambaran dulu bangunan apa yang mau dia buat dengan pasir.

Anak pun harus berkonsentrasi sewaktu membuat bangunannya tersebut agar bisa kokoh dan tidak mudah hancur. Nah, cara inilah yang digunakan untuk melatih konsentrasi buah hati. Itulah beberapa manfaat dari bermain pasir untuk anak-anak. Semoga bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar